Maret 5, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

BKSAP mendukung peningkatan nilai perdagangan Indonesia-Chili

BKSAP mendukung peningkatan nilai perdagangan Indonesia-Chili

JAKARTA (ANTARA) – Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Putu Supadma Rudana, mendukung penguatan kerja sama Indonesia dan Chile di berbagai bidang, termasuk peningkatan nilai perdagangan.

Rutana dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, menyebutkan Indonesia dan Chile telah menjalin kerja sama di berbagai bidang, termasuk perekonomian.

Ia memuji kedua negara yang telah memiliki Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) yang ditandatangani pada tahun 2017 dan mulai berlaku pada tahun 2019.

“Melalui proses pemantauan, kami selalu memantau pelaksanaan seluruh instrumen perekonomian yang kami miliki agar pelaksanaannya lebih efektif,” tegasnya.

Ia berharap, hubungan people-to-people antara Indonesia dan Chile dapat diperkuat, salah satunya melalui industri pariwisata, untuk mempererat hubungan kedua negara.

Berita Terkait: Perjanjian layanan tinta Indonesia dan Chili berdasarkan CEPA

Ia mencatat, Indonesia saat ini memiliki lima destinasi wisata utama: Danau Toba di Sumatera Utara, Candi Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Labuan Bajo (NTT) di Nusa Tenggara Timur, dan Likubang di Sulawesi Utara. .

“Saya berharap semakin banyak wisatawan asal Chile yang mengunjungi tempat-tempat tersebut karena mereka tidak hanya bisa menikmati keindahan tempat-tempat prioritas tersebut, tetapi juga belajar tentang keragaman budaya Indonesia dari masyarakat kita,” ujarnya.

Di sisi lain, Wapres BKSAP juga berharap Chile akan memiliki jumlah penduduk Indonesia yang banyak karena memiliki daya tarik wisata yang beragam.

Ia gembira perkembangan kerja sama antara Indonesia dan Chile akan dibangun melalui forum internasional dengan memperkuat hubungan parlemen dan memperkuat hubungan di bidang sosial budaya.

Rutana mengadakan pertemuan bilateral dengan Parlemen Chile di Chile pada Rabu (25 Oktober). Kunjungan diplomatik BKSAP ke Chile dilakukan sebagai upaya menjalin kerja sama antar parlemen.

READ  Parlemen Indonesia dan Belarusia bersikeras untuk saling bekerja sama

Berita terkait: Instrumen pertukaran RI dan Chili untuk ratifikasi perjanjian kemitraan

Berita terkait: Indonesia dan Chile akan memperkuat kerja sama kelautan dan perikanan

Diterjemahkan oleh: Melalusa Sustra, Raga Adji
Redaktur : Uni Arisanti Sinaga
Hak Cipta © ANTARA 2023