Juni 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Bill Anders: Astronot NASA Earthrise meninggal pada usia 90 tahun dalam kecelakaan pesawat

Bill Anders: Astronot NASA Earthrise meninggal pada usia 90 tahun dalam kecelakaan pesawat

Sumber gambar, Gambar Getty

  • pengarang, Max Matza
  • Peran, berita BBC
  • Laporan dari Seattle

Astronot Apollo 8 Bill Anders, yang mengambil salah satu foto paling terkenal di luar angkasa, meninggal dalam kecelakaan pesawat pada usia 90 tahun.

Para pejabat mengatakan sebuah pesawat kecil yang dikemudikannya jatuh ke laut di lepas pantai negara bagian Washington.

Putra Anders, Greg, membenarkan bahwa jenazah ayahnya ditemukan pada Jumat sore.

Sebuah pernyataan dari keluarga tersebut berbunyi: “Keluarganya hancur. Dia adalah seorang pilot yang hebat. Dia akan dirindukan.”

Anders – yang merupakan Pilot Modul Bulan pada misi Apollo 8 – mengambil gambar Bumi terbit yang terkenal, salah satu gambar Bumi yang paling menginspirasi dan berkesan dari luar angkasa.

Foto tersebut diambil pada Malam Natal selama misi tahun 1968, penerbangan luar angkasa berawak pertama yang meninggalkan Bumi dan mencapai Bulan, dan menunjukkan planet tersebut naik ke atas cakrawala dari permukaan Bulan yang tandus.

Anders kemudian menggambarkannya sebagai kontribusi terpentingnya terhadap program luar angkasa.

Gambar ini secara luas dianggap sebagai katalis gerakan lingkungan global dan mendorong terciptanya Hari Bumi, sebuah acara tahunan untuk mempromosikan aktivisme dan kesadaran akan kepedulian terhadap planet ini.

Berbicara tentang momen itu, Anders berkata: “Kami datang jauh-jauh untuk menjelajahi bulan, dan hal terpenting yang kami temukan adalah Bumi.”

Para pejabat mengatakan pesawat Anders jatuh sekitar pukul 11:40 PT (1940 GMT).

Kata saksi Philip Pearson Raja TV Di Seattle dia melihat kecelakaan itu.

Dia mengatakan kepada jaringan tersebut bahwa pesawat mulai melakukan apa yang tampak seperti putaran dan terbalik.

“Saya tidak percaya apa yang saya lihat di depan mata saya,” kata Pearson kepada stasiun berita lokal. “Kelihatannya seperti sesuatu yang keluar dari film atau efek khusus. Dengan ledakan besar, kobaran api, dan sebagainya.”

Rekaman yang dimaksudkan untuk menangkap jatuhnya pesawat tersebut tampaknya menunjukkan upaya pada detik-detik terakhir untuk menarik diri, sebelum pesawat tersebut mengapung ke permukaan air dan berubah menjadi puing-puing yang membara.

BBC News belum memverifikasi video tersebut.

Anders juga menjabat sebagai pilot cadangan untuk misi Apollo 11, nama upaya yang mengarah pada pendaratan pertama di bulan pada 24 Juli 1969.

Setelah Anders pensiun dari program luar angkasa pada tahun 1969, mantan astronot tersebut sebagian besar bekerja di industri dirgantara selama beberapa dekade. Ia juga menjabat sebagai Duta Besar AS untuk Norwegia selama satu tahun pada tahun 1970-an.

Namun dia paling dikenang karena misi Apollo 8 dan foto ikonik yang dia ambil dari luar angkasa.

“Pada tahun 1968, selama misi Apollo 8, Bill Anders memberikan kepada umat manusia salah satu hadiah paling berharga yang dapat diberikan oleh seorang astronot,” kata Administrator NASA Bill Nelson dalam sebuah pernyataan. “Dia melakukan perjalanan ke depan pintu Bulan dan membantu kita semua melihat hal lain: diri.” penyataan.

Dalam wawancara sebelumnya, dia menjelaskan bahwa dia mempelajarinya setelah mendapatkan “sedikit pelatihan fotografi”.

“Jadi saya ambil gambarnya, lalu saya animasikan, lalu saya animasikan.”

Anders “telah menginspirasi saya dan generasi astronot dan penjelajah. Pikiran saya bersama keluarga dan teman-temannya,” kata Mark Kelly, mantan astronot yang kini menjadi senator AS dari Arizona, dalam sebuah postingan di X, sebelumnya Twitter. .