Februari 26, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Biden mengatakan Swedia akan “segera” bergabung dengan NATO dalam pidato Angkatan Udara AS

Biden mengatakan Swedia akan “segera” bergabung dengan NATO dalam pidato Angkatan Udara AS

COLORADO SPRINGS, Colo., 1 Juni (Reuters) – Presiden AS Joe Biden pada Kamis memperkirakan bahwa Swedia akan “segera” bergabung dengan NATO, berbicara di Akademi Angkatan Udara AS beberapa hari setelah dia mengisyaratkan kemungkinan kesepakatan untuk mengatasi penentangan Turki untuk mengakui Nordik negara. . ke aliansi.

Biden, dalam pidato pembukaan yang mengibarkan bendera di Colorado Springs, Colorado, memperingatkan para lulusan bahwa mereka akan memasuki layanan di dunia yang semakin tidak stabil, mengutip tantangan dari Rusia dan China.

Biden, 80, yang berdiri hampir sepanjang upacara selama berjam-jam untuk berjabat tangan dengan para wisudawan, tampak tersandung sesuatu dan akhirnya jatuh berlutut. Dia dibantu berdiri dan berjalan ke tempat duduknya tanpa bantuan.

Pada hari Senin, Biden berbicara dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk memberi selamat kepadanya atas terpilihnya kembali. Biden mengatakan kepada wartawan bahwa Erdogan menegaskan kembali keinginan Ankara untuk membeli jet tempur F-16 dari Amerika Serikat, sementara Biden mendesak Ankara untuk membatalkan keberatannya terhadap Swedia bergabung dengan NATO.

Dalam pidato pengukuhannya, Biden mengatakan NATO lebih kuat meskipun upaya Presiden Rusia Vladimir Putin untuk memutuskan aliansi dengan invasi ke Ukraina. Penerimaan Finlandia pada akhirnya dan, “dan segera, Swedia,” katanya, semakin memperkuatnya.

“Itu akan terjadi, saya janji,” katanya, tetapi tidak memberikan rincian.

Pada hari Senin, Biden mengatakan dia akan segera berbicara dengan Erdogan lagi. KTT NATO tahunan berlangsung di Vilnius, Lituania, pada bulan Juli.

Pada hari Selasa, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mendesak Turki untuk segera menyelesaikan aksesi Swedia ke NATO, mengatakan negara itu telah mengambil langkah signifikan untuk mengatasi keberatan Ankara atas keanggotaannya.

READ  Blinken menekan Lavrov Rusia dalam debat G-20 yang tidak dijadwalkan

Gedung Putih membantah bahwa Biden sedang mencari kesepakatan dengan Turki untuk mencabut penentangannya dengan imbalan F16.

Presiden berusia 80 tahun, yang mencalonkan diri kembali pada tahun 2024, berdiri sepanjang presentasi lebih dari 900 gelar perguruan tinggi meskipun udara pegunungan relatif tipis, berjabat tangan dan memberi hormat tajam kepada lulusan berseragam biru. Kejatuhannya terjadi di akhir satu penghormatan. Akademi Angkatan Udara terletak di ketinggian 7.258 kaki (2.212,3 meter) di atas permukaan laut.

Biden memperjelas bahwa Amerika Serikat tidak akan mundur dari tantangan yang ditimbulkan oleh China di tengah ketegangan yang mendalam dalam hubungan tersebut.

Dia berkata bahwa “Amerika Serikat tidak mencari konflik atau konfrontasi dengan China. China dan Amerika Serikat harus dapat bekerja sama di mana kita dapat menyelesaikan beberapa tantangan global, seperti iklim.”

“Tapi kami siap untuk persaingan yang kuat,” katanya, seraya menambahkan bahwa Amerika Serikat akan membela kepentingannya dan kepentingan mitranya.

Presiden menekankan dukungan Amerika Serikat ke Ukraina dalam perang dengan Rusia.

“Dukungan rakyat Amerika untuk Ukraina tidak akan goyah,” kata Biden.

(Laporan oleh Steve Holland). Disunting oleh Caitlin Weber, Heather Timmons, dan David Gregorio

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.