Mei 24, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Biden mengatakan insiden di Gaza akan mempersulit perundingan gencatan senjata karena pemerintah merasa mendesak setelah puluhan warga Palestina tewas

Biden mengatakan insiden di Gaza akan mempersulit perundingan gencatan senjata karena pemerintah merasa mendesak setelah puluhan warga Palestina tewas

Chip Somodevilla/Getty Images

Presiden Joe Biden berbicara singkat dengan wartawan sebelum menaiki helikopter kepresidenan Marine One dan meninggalkan Gedung Putih pada 29 Februari di Washington, D.C.


Washington
CNN

itu Lebih dari seratus warga Palestina terbunuh Serangan terhadap tempat distribusi makanan di Gaza di mana pasukan Israel melepaskan tembakan, memicu kepanikan ketika warga sipil berkumpul di sekitar truk bantuan makanan, telah meningkatkan urgensi perundingan gencatan senjata – tetapi juga dapat mempersulit perundingan tersebut, kata Presiden Joe Biden kepada wartawan pada hari Kamis.

“Kami sedang memeriksanya sekarang, ada dua versi yang bersaing mengenai apa yang terjadi. Saya belum punya jawabannya,” kata presiden kepada wartawan CNN Arlette Saenz di Gedung Putih.

Ketika ditanya apakah dia khawatir kematian tersebut akan mempersulit negosiasi, dia menjawab: “Oh, saya tahu itu akan terjadi.”

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan setidaknya 100 orang tewas di lokasi distribusi setelah pasukan Israel mulai menembak ketika warga sipil sedang menunggu makanan. Seorang jurnalis lokal mengatakan banyak juga yang tewas Hancur di bawah truk bantuan Siapa yang mencoba melarikan diri dari penembakan.

Tentara Israel mengatakan bahwa “insiden tersebut sedang ditinjau.”

Hampir lima bulan setelah dimulainya perang Israel melawan Hamas, krisis kemanusiaan di Gaza terus meningkat, dengan lebih dari 30.000 orang terbunuh – termasuk ribuan anak-anak – dan ratusan ribu orang kelaparan ketika para pejabat memperingatkan bahwa Jalur Gaza sedang dikepung. Ambang kelaparan Setelah kampanye darat dan udara Israel yang terus menerus.

Meskipun Israel menghadapi tekanan global yang semakin besar untuk menghentikan konflik, Israel tetap mempertahankan dukungan AS. Presiden Joe Biden menolak seruan gencatan senjata permanen.

READ  Korea Utara sedang mempersiapkan sistem peluncuran rudal yang menargetkan pusat populasi di Korea Selatan

Keengganan Biden untuk memutuskan hubungan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengancam akan merugikannya secara politik. Meskipun hanya presiden yang memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Demokrat pada hari Selasa di Michigan, lebih dari 100.000 warga Michigan memilih “tidak berkomitmen” setelah kampanye yang dilakukan oleh para pemimpin Arab Amerika untuk menunjukkan ketidakpuasan pemilih terhadap kebijakan Biden terhadap Israel. Michigan akan menjadi negara bagian yang penting bagi Biden dalam pemilihan umum.

Ada kemajuan dalam negosiasi gencatan senjata dalam beberapa pekan terakhir, namun pemimpin senior Hamas Dia memperingatkan terhadap pembunuhan pada hari Kamis Hal ini dapat menyebabkan kegagalan pembicaraan.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan Biden berbicara pada hari Kamis dengan para pemimpin Qatar dan Mesir, dua negara yang memainkan peran penting dalam negosiasi.

Seorang pejabat senior pemerintahan mengatakan kepada CNN bahwa situasi ini “membuat proses ini semakin mendesak.”

Dalam percakapan Biden dengan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, kedua pemimpin tersebut menyatakan “kesedihan mereka atas hilangnya nyawa warga sipil dan sepakat bahwa insiden ini menggarisbawahi kebutuhan mendesak untuk mengakhiri negosiasi sesegera mungkin dan memperluas aliran bantuan.” bantuan kemanusiaan ke Gaza.” Gedung Putih mengatakan dalam bacaannya.

Percakapan dengan Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi serupa, menurut pembacaan Gedung Putih. Biden juga berterima kasih kepada Sisi atas “kepemimpinannya dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Gaza.”

Selama berminggu-minggu, anggota senior tim keamanan nasional Biden telah terlibat erat dalam memfasilitasi negosiasi antara Israel dan Hamas, yang akan mengarah pada penghentian pertempuran selama berminggu-minggu dan pembebasan sandera Israel yang ditahan oleh Hamas. Ini akan menjadi penghentian perang pertama sejak akhir November.

READ  Rishi Sunak mengatakan 6 warga Inggris terbunuh di Israel: “Sebut saja dengan namanya... pembantaian” | berita Dunia

Biden sendiri mengatakan minggu ini bahwa dia berharap untuk mencapai gencatan senjata pada Senin depan – sebuah pernyataan Beberapa pihak yang berkepentingan terkejut Dalam percakapan. Gedung Putih mengatakan pada hari Rabu bahwa presiden tetap “optimis” mengenai jangka waktu tersebut.

Seorang juru bicara Dewan Keamanan Nasional mengatakan Gedung Putih sedang menyelidiki apa yang terjadi, dan menggambarkannya sebagai hal yang “serius.”

“Kami berduka atas hilangnya nyawa tak berdosa dan mengakui situasi kemanusiaan yang mengerikan di Gaza, ketika warga Palestina yang tidak bersalah berusaha memberi makan keluarga mereka. Hal ini menggarisbawahi pentingnya memperluas dan mempertahankan aliran bantuan kemanusiaan ke Gaza, termasuk melalui kemungkinan gencatan senjata sementara. Kami terus bekerja,” kata juru bicara itu siang dan malam untuk mencapai hasil ini.”

Biden pada hari Kamis terus menyatakan optimisme bahwa perjanjian penyanderaan dan kemungkinan gencatan senjata dapat segera dicapai, tetapi mungkin tidak secepat yang diharapkannya semula.

“Harapan muncul selamanya,” kata Biden. “Saya telah berbicara melalui telepon dengan orang-orang di daerah tersebut, dan saya masih – mungkin belum sampai hari Senin, tetapi saya optimis.”

Cerita ini telah diperbarui dengan perkembangan tambahan.