Mei 24, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Biden dan Kishida mengumumkan penguatan kemitraan militer antara Amerika Serikat dan Jepang

Biden dan Kishida mengumumkan penguatan kemitraan militer antara Amerika Serikat dan Jepang

Pejabat senior pemerintahan AS mengatakan bahwa Presiden Joe Biden dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida diperkirakan akan mengumumkan peningkatan tingkat kerja sama pertahanan dan intelijen antara kedua negara. Kishida akan mengunjungi Washington minggu ini pada kunjungan resmi pertamanya sebagai perdana menteri.

Presiden dan Kishida akan bertemu di Gedung Putih pada hari Rabu sebelum mengadakan konferensi pers bersama. Presiden dan Ibu Negara Jill Biden mengadakan jamuan makan malam kenegaraan untuk menghormati mereka. Biden menggambarkan Perdana Menteri sebagai “pemimpin sejati, mitra sejati, dan teman.”

“Presiden Eisenhower mengatakan tujuannya adalah membangun kemitraan yang tidak dapat dihancurkan antara kedua negara kita,” kata Biden. “Saat ini, dunia dapat melihat bahwa tujuan ini telah tercapai, dan kemitraan kita tidak dapat dipatahkan.”

Presiden Joe Biden, kanan, dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berdiri saat lagu kebangsaan AS diputar dalam upacara kedatangan resmi di Halaman Selatan Gedung Putih, Rabu, 10 April 2024, di Washington.

Susan Walsh/AP


Pejabat senior pemerintah mengatakan rincian peningkatan kemitraan militer akan dibahas oleh Menteri Pertahanan Lloyd Austin dan mitranya dari Jepang dalam beberapa bulan ke depan. Namun, Amerika Serikat mengharapkan Jepang untuk meningkatkan dan memainkan peran penting dalam produksi lebih banyak peralatan militer dan pertahanan.

Ketika Presiden Filipina Bongbong Marcos bergabung dengan kedua pemimpin tersebut dalam pertemuan puncak trilateral pada hari Kamis, tujuan lain yang jelas dari pertemuan minggu ini antara Amerika Serikat dan negara-negara Asia menjadi jelas: untuk menekankan koordinasi global dalam menghadapi meningkatnya permusuhan dari Amerika Serikat di kawasan ini. . Cina.

Dalam beberapa minggu terakhir, Tiongkok telah menyaksikan beberapa perselisihan maritim di Laut Cina Selatan dengan Filipina, ketika Penjaga Pantai Tiongkok mengarahkan meriam air ke kapal-kapal Filipina.

Para pejabat AS mengatakan permusuhan ini tidak akan menghalangi Filipina. “Negara yang diisolasi pada hari Kamis adalah Tiongkok, bukan Filipina,” kata seorang pejabat pada pertemuan puncak trilateral di Washington minggu ini.

Anak-anak sekolah datang untuk menyaksikan Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden menyambut Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan istrinya, Yoko Kishida, di Gedung Putih untuk upacara kedatangan resmi di South Lawn, Rabu, 10 April 2024, di Washington.

Alex Brandon/AP


Mengenai kerja sama intelijen yang lebih besar, para pejabat AS mencatat bahwa Jepang telah “mengambil langkah-langkah substantif” untuk melindungi intelijen yang paling sensitif, meskipun pejabat tersebut mengatakan “masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan” sebelum Jepang mencapai tingkat intelijen yang diperlukan. kemungkinan bergabung dengan aliansi. Lima mata Jaringan intelijen. Pakar keamanan Jepang memandang bergabung dengan pakta berbagi intelijen – yang mencakup Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan Inggris – sebagai cara untuk menambah perlindungan terhadap provokasi Tiongkok.

Para pejabat berbagi cara lain untuk membawa Jepang lebih banyak berbagi pertahanan dan intelijen: Negara ini akan memulai konsultasi untuk kemungkinan bergabung dengan pakta keamanan era Biden antara Australia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Sasaran tingkat tinggi ini merupakan bagian dari rencana 70 poin yang diperkirakan akan diumumkan oleh Amerika Serikat dan Jepang pada minggu ini.

Janji-janji lain lebih menyenangkan. Jepang menawarkan bibit untuk menggantikan ratusan bibit yang populer Pohon sakura Di daerah cekungan pasang surut, Perdana Menteri Jepang diperkirakan akan memulai beberapa penanaman ini pada upacara yang diadakan di National Mall pada hari Rabu.

Perjanjian bulan “utama”, peningkatan penelitian di universitas, dan beasiswa baru bagi siswa sekolah menengah Amerika untuk mengikuti program pertukaran studi dengan sekolah Jepang juga akan diumumkan, kata para pejabat.

Secara keseluruhan, para pejabat AS juga mengatakan aliansi AS-Jepang adalah bukti bahwa teori Biden tentang peningkatan keterlibatan dengan negara-negara Indo-Pasifik akan mendorong kerja sama yang lebih besar di seluruh dunia. Seorang pejabat senior pemerintah sebelumnya mengatakan Jepang hanya mengkhawatirkan “wilayah pinggirannya”, namun dalam beberapa tahun terakhir, negara tersebut telah menjadi pendukung kuat Ukraina, memberikan sanksi terhadap Rusia, dan semakin terlibat di Timur Tengah.

“Di mana pun target Amerika diuji, Jepang selalu berada di pihak kami,” kata seorang pejabat AS.

READ  Lukashenko mendesak 'gencatan senjata' di Ukraina dan berbicara 'tanpa prasyarat'