Juli 6, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Berita Ukraina: Kremlin menyebut dua tentara AS yang ditangkap sebagai ‘prajurit keberuntungan’

Berita Ukraina: Kremlin menyebut dua tentara AS yang ditangkap sebagai 'prajurit keberuntungan'
dikaitkan dengan dia…Emile Ducky untuk The New York Times

Pihak berwenang Rusia pada hari Senin mengancam Lithuania, anggota NATO, dengan pembalasan jika negara Baltik tidak segera mencabut larangan pengangkutan beberapa barang ke benteng kereta api Rusia di Kaliningrad.

Mengutip instruksi dari Uni Eropa, Kereta Api Lithuania mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka telah menghentikan pergerakan barang dari Rusia, yang telah disetujui oleh blok Eropa.

Juru bicara Kremlin Dmitry S. Peskov mengatakan kepada wartawan bahwa situasinya “lebih dari serius.” Dia menggambarkan pembatasan baru sebagai “elemen blokade” untuk daerah tersebut dan “pelanggaran segalanya”.

Para pejabat di Vilnius, ibu kota Lituania, telah terbiasa dengan ancaman Rusia, menganggap peringatan Moskow sebagai yang paling riuh — yang terbaru dari serangkaian pernyataan yang semakin keras untuk sebuah negara di bawah tekanan militer yang parah atas invasinya ke Ukraina.

“Kami tidak terlalu peduli dengan ancaman Rusia,” kata Laurynas Kasciunas, ketua Komite Keamanan dan Pertahanan Nasional parlemen Lituania. “Kremlin memiliki sedikit pilihan tentang bagaimana merespons.”

Dia menambahkan bahwa tanggapan militer dari Rusia “sangat tidak mungkin karena Lithuania adalah anggota NATO. Jika tidak, mereka mungkin akan mempertimbangkannya.”

Kemarahan Rusia terhadap Lithuania muncul setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memperingatkan sebelumnya pada hari Senin bahwa Moskow akan memulai “aktivitas yang lebih bermusuhan” terhadap Ukraina dan negara-negara Eropa dalam beberapa hari mendatang sebagai tanggapan atas upaya negaranya untuk bergabung dengan Uni Eropa.

Hingga 50 persen dari semua angkutan kereta api yang dikirim antara daratan Rusia dan Kaliningrad – yang menurut pejabat Rusia termasuk bahan bangunan, beton dan logam antara lain – akan terpengaruh oleh larangan yang diumumkan minggu lalu. Pembatasan tersebut mengungkapkan kerentanan akut wilayah tersebut, yang merupakan bagian dari Rusia tetapi tidak terkait dengan bagian lain negara itu. Berbatasan dengan Laut Baltik, tetapi diapit di antara dua anggota NATO, Lituania dan Polandia.

READ  Biden meluncurkan paket keamanan $800 juta untuk Ukraina melalui telepon dengan Zelensky

Kaliningrad, yang direbut Tentara Soviet dari Jerman pada tahun 1945, pernah digambarkan oleh Rusia sebagai simbol ikatan yang berkembang dengan Eropa. Tetapi baru-baru ini menjadi garis patahan yang mudah berubah antara Timur dan Barat.

Pada 1990-an, otoritas Rusia mempromosikan hubungan Kaliningrad sebelumnya dengan Jerman sebagai objek wisata, merayakan perannya dalam kehidupan dan karya filsuf Jerman abad ke-18 Immanuel Kant, yang lahir dan tinggal di Königsburg, ibu kota regional yang sekarang disebut Kaliningrad.

Baru-baru ini, bagaimanapun, Moskow telah berusaha untuk menghapus jejak hubungan sejarah Jerman yang mendalam dengan wilayah tersebut – meskipun Jerman tidak mengklaim Kaliningrad atau menunjukkan minat untuk merebutnya kembali, sangat kontras dengan pandangan Rusia tentang tanah bekas Soviet, termasuk Ukraina.

Di bawah nasionalisme yang semakin agresif, Rusia meninggalkan kebijakan yang mempromosikan Rusia sebagai bagian dari Eropa dan memindahkan rudal Iskander canggih ke Kaliningrad. Menteri pertahanan Lithuania mengatakan pada bulan April bahwa Rusia telah mengerahkan senjata nuklir di wilayah tersebut, tuduhan yang dibantah Moskow.

Kementerian Luar Negeri Rusia memanggil utusan utama Lituania pada hari Senin atas apa yang disebutnya pembatasan “terbuka bermusuhan”.

“Jika transit barang antara wilayah Kaliningrad dan seluruh Federasi Rusia melalui Lithuania tidak sepenuhnya pulih dalam waktu dekat, Rusia berhak mengambil tindakan untuk melindungi kepentingan nasionalnya,” kata kementerian itu. dalam situasi saat ini.

Menteri luar negeri Lithuania, Gabrielius Landsbergis, membela pembatasan pengiriman ke Kaliningrad, dengan mengatakan bahwa negaranya hanya memenuhi persyaratan sanksi Uni Eropa.

“Lithuania tidak melakukan apa-apa, sanksi Eropalah yang mulai bekerja,” katanya. reporter Di Luksemburg pada hari Senin sebelum pertemuan para menteri luar negeri Eropa.

READ  Mengumumkan program "Union for Ukraina" untuk mengizinkan pengungsi masuk ke Amerika Serikat atas dasar kemanusiaan

Anton Alikhanov, Gubernur Kaliningrad, Dia berkata Pemerintahnya sudah bekerja pada rute alternatif untuk pengiriman barang, terutama yang mengandung logam dan bahan bangunan. Salah satu opsi, kata dia, bisa mengangkut barang melalui laut, yang bisa membutuhkan hingga tujuh kapal untuk memenuhi permintaan sebelum akhir tahun.

Dia menambahkan bahwa pemerintah daerah sedang mempertimbangkan setidaknya tiga opsi pembalasan atas proposalnya ke Kremlin, termasuk kemungkinan larangan pengiriman barang ke pelabuhan Lituania melalui Rusia.

Hubungan Rusia dengan Lithuania, sebelumnya bagian dari Uni Soviet, tidak pernah dekat, tetapi mereka telah rusak secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir karena Lithuania telah mengambil peran utama dalam menekan sanksi Uni Eropa yang keras terhadap Rusia atas invasi ke Ukraina.

Hanya dua minggu yang lalu, seorang anggota parlemen Rusia dari partai Rusia Bersatu pimpinan Putin memperkenalkan undang-undang yang menyatakan deklarasi kemerdekaan Lituania pada tahun 1990 ilegal. RUU tersebut bertujuan untuk membalikkan disintegrasi Uni Soviet, sesuatu yang disebut Putin sebagai “tragedi geopolitik terbesar abad ke-20”.

Tapi, seperti yang ditunjukkan oleh kemajuan pasukan Rusia yang terhenti di Ukraina, ada kesenjangan yang lebar antara keinginan Putin untuk mengalahkan sejarah dan kemampuan negaranya. Setiap tindakan militer terhadap Lituania akan menempatkan tentara Rusia yang sudah hancur dalam konfrontasi langsung dengan NATO.

Thomas Dapkus Berkontribusi pada pelaporan dari Vilnius.