Mei 19, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Berita perang antara Rusia dan Ukraina: Pembaruan langsung

Berita perang antara Rusia dan Ukraina: Pembaruan langsung
Sebuah tim dari Badan Energi Atom Internasional mengunjungi kompleks nuklir Zaporizhia pada hari Rabu.kredit…Alexander Ermoshenko/Reuters

KYIV, Ukraina — Rusia dan Ukraina meningkatkan pasukan militer mereka di Ukraina selatan di tengah tanda-tanda pertempuran akan segera meningkat, kata seorang pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Rabu, memperingatkan bahwa penumpukan militer semakin membahayakan keamanan di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhia, yang terbesar di Eropa.

“Situasinya tidak membaik,” kata kepala badan nuklir PBB, Rafael Mariano Grossi, setelah berlayar ke garis depan untuk mengunjungi pabrik itu pada Rabu. “Jelas bahwa aktivitas militer meningkat di seluruh wilayah ini, jadi setiap langkah dan tindakan pencegahan harus diambil agar pabrik tidak diserang dan dapat dilindungi.”

Pernyataannya datang hanya beberapa jam setelah ledakan mengguncang kota Melitopol, yang diduduki oleh pasukan Rusia, di daerah yang sama di mana pembangkit listrik itu berada. Beberapa pejabat Ukraina telah mengidentifikasi kota itu sebagai target serangan balik yang diharapkan musim semi ini, ketika Kiev kemungkinan akan mendorong untuk mendapatkan kembali wilayah yang hilang dari Moskow setelah penaklukan habis-habisan 13 bulan lalu.

Tuan Grossi, direktur jenderal Badan Energi Atom Internasional, melintasi garis depan pada hari Rabu dari wilayah yang dikuasai Ukraina ke wilayah yang dikuasai oleh pasukan Rusia untuk mencapai kompleks nuklir. Rusia merebut kompleks itu lebih dari setahun yang lalu dan memasang artileri di sana untuk membom kota-kota terdekat.

Selama berbulan-bulan sekarang, Tuan Grossi telah memperingatkan bahwa pengeboman di sekitar stasiun — beberapa di antaranya mengenai peralatan kritis — dapat menyebabkan bencana kecelakaan nuklir. Dalam sebuah wawancara pada hari Selasa, dia mengatakan bahwa situasi tersebut belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah energi nuklir sipil, dan pada konferensi pers di pabrik pada hari Rabu dia menyatakan keprihatinan baru.

READ  Biden mengumumkan kesepakatan untuk kapal selam bertenaga nuklir dengan Australia dan Inggris

Dia mengatakan telah ada “pembicaraan terbuka tentang serangan dan serangan balik”, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang peningkatan kekuatan tersebut.

Kompleks nuklir terletak di tepi timur Sungai Dnipro, di belakang garis Rusia. Pasukan Ukraina ditempatkan di pantai barat sungai di seberang pabrik, dan mereka juga menguasai wilayah di sisi timur sungai sekitar 36 mil dari kompleks.

Para pemimpin militer Ukraina merahasiakan di mana mereka akan menyerang dalam serangan balasan musim semi yang diharapkan, yang akan didukung oleh masuknya bantuan militer dari Amerika Serikat dan sekutu lainnya. Wilayah Donbass di timur Ukraina juga dilihat sebagai lokasi yang memungkinkan.

Serangan balik Ukraina bertujuan untuk membalikkan keadaan pada serangan yang diluncurkan oleh Moskow di timur tahun ini. Serangan ini memicu pertempuran sengit di sekitar kota Bakhmut di wilayah Donetsk, bagian dari Donbass, dan kota-kota lain di sepanjang garis depan. Keuntungan Rusia sangat terbatas.

Namun wilayah Zaporizhzhia juga menghadirkan target yang menarik bagi pemerintah di Kyiv. Pasukan Ukraina mungkin berusaha untuk maju ke selatan menuju Melitopol dan pantai Laut Azov, berharap untuk memotong setengah dari jalur wilayah yang diduduki Rusia yang menghubungkan Krimea ke timur Ukraina.

Melakukan hal itu akan menggagalkan salah satu tujuan militer Kremlin, yaitu merebut wilayah di sepanjang pantai Ukraina untuk membuat jembatan darat antara dua wilayah yang telah dikuasainya sejak 2014.

Mikita Potoraev, seorang anggota parlemen Ukraina, mengatakan pada hari Rabu bahwa serangan di Melitopol merupakan “bagian dari proses persiapan” menjelang dorongan semacam itu.

Ledakan terjadi di Melitopol sekitar pukul 5:30 pagi. Vladimir Rogov, pejabat pendudukan pro-Rusia, katanya di aplikasi perpesanan Telegram. Dia mengatakan bahwa sebuah stasiun kereta rusak dan sebagian jaringan listrik terputus, menambahkan bahwa tidak ada korban jiwa.

READ  Rusia menginvasi Ukraina, Zelensky berpidato di Parlemen Australia

Pabrik Zaporizhzhia terletak sekitar 80 mil barat laut Melitopol. Mr Grossi mengadakan pembicaraan sia-sia dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam upaya untuk menciptakan zona keselamatan dan keamanan di sekitar kompleks. Rusia menolak menyerahkan kendali atas pabrik tersebut.

“Sangat penting bagi kita untuk menyepakati prinsip dasar bahwa pembangkit listrik tenaga nuklir tidak boleh diserang atau digunakan untuk menyerang orang lain dalam keadaan apa pun,” kata Tuan Grossi.

Dalam teguran implisit terhadap Rusia, dia menambahkan: “Ini adalah pembangkit listrik tenaga nuklir. Ini bukan pangkalan militer. Seharusnya tidak pernah menjadi pangkalan militer.”