Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Australia dan Indonesia menutup pertahanan maritim

Australia dan Indonesia menutup pertahanan maritim

Australia dan Indonesia telah menyelesaikan operasi keamanan maritim internasional bersama untuk mendeteksi, mencegah dan memberantas aktivitas ilegal di laut.

Antara tanggal 8 dan 17 Mei, lembaga-lembaga Australia dan Indonesia melakukan Operasi GANNET di wilayah Laut Timor, termasuk perairan sekitar Pulau Ashmore.

Operasi tersebut melibatkan kapal, pesawat terbang, dan personel Badan Keselamatan Laut Indonesia (BAKAMLA), Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (PSDKP), Komando Perbatasan Maritim (MBC) Pasukan Perbatasan Australia, dan Otoritas Pengelolaan Perikanan Australia. (AFMA). .

Dalam operasi tersebut 36 nelayan asing ilegal ditahan dan dipindahkan ke tahanan bersama PSDKP dan BAKAMLA untuk dipulangkan di laut.

Komandan MBC Laksamana Muda Brett Sonter mengatakan operasi 10 hari tersebut mengirimkan pesan pencegahan yang kuat kepada orang-orang yang ingin terlibat dalam aktivitas maritim ilegal.

“Melindungi keamanan maritim Australia bergantung pada kerja sama lintas pemerintahan, keterlibatan internasional yang kuat, dan mempertahankan kemampuan respons perbatasan kami yang kuat – itulah inti dari Operasi GANNET,” kata Sonder.

“Sementara kami terus berkolaborasi dengan lembaga-lembaga kami, langkah ini memperkuat interoperabilitas kami, memastikan fokus bersama dalam melawan aktivitas ilegal di perairan ini. Kami tahu bahwa tanpa respons penegakan hukum yang kuat, peningkatan jumlah kapal penangkap ikan asing dapat meningkatkan risiko kerugian lainnya. ancaman maritim, termasuk penyelundupan manusia. Operasi GANNET mengirimkan pesan yang kuat kepada orang-orang yang beroperasi secara ilegal di perairan kita: baik Australia maupun Indonesia tidak akan mentolerir aktivitas ilegal di wilayah maritim.

Tahun ini menandai pengulangan kedelapan Operasi GANNET, yang diadakan setiap tahun dan bertepatan dengan cuaca tenang di wilayah tersebut dan puncak musim penangkapan ikan di perairan biru.