Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

ASEAN menolak menjadi pion dalam ‘perang dingin baru’ – Radio Free Asia

ASEAN menolak menjadi pion dalam ‘perang dingin baru’ – Radio Free Asia

Blok regional ASEAN akan “menolak untuk menjadi pion dalam Perang Dingin yang baru”, utusan utama Indonesia untuk PBB mengatakan pada hari Senin, ketika ia bersumpah bahwa Jakarta tidak akan membiarkan geopolitik menghalangi pemulihan ekonomi global di bawah kepemimpinan G20-nya.

Dalam pidatonya di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan dua kali bahwa “prinsip-prinsip dasar kedaulatan dan integritas teritorial tidak dapat dinegosiasikan,” tetapi tidak menyebutkan perang Rusia di Ukraina atau ketegangan regional di Laut Cina Selatan.

Dengan Presiden Indonesia Joko “Jokowi” Widodo yang secara mencolok absen dari platform yang paling terlihat di panggung diplomatik internasional, Redno mengkritik beberapa “kelompok mini-lateral” pascaperang. Perang proksi antara kekuatan besar.”

“Ini bukan arsitektur daerah. Itu harus konstruktif daripada merusak perdamaian dan stabilitas,” katanya.

Salah satu pengelompokan regional tersebut, Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), dibentuk untuk mempromosikan perdamaian di kawasan itu, katanya.

“ASEAN diciptakan tepat untuk tujuan ini. Kami menolak menjadi pion dalam Perang Dingin yang baru,” kata Rednow.

“Sebaliknya, kita aktif mendorong paradigma kerjasama dengan semua negara. Paradigma ini juga akan menjadi pedoman kepemimpinan Indonesia di ASEAN tahun depan.

Indonesia, negara terbesar dan terpadat di Asia Tenggara, adalah anggota pendiri blok regional dan berfungsi sebagai kantor pusat Sekretariat ASEAN di Jakarta. Ini akan mengambil alih kursi kepresidenan ASEAN dari Kamboja tahun depan pada saat yang penuh gejolak bagi kelompok itu karena berurusan dengan krisis pasca-kudeta di negara anggota Myanmar.

ASEAN telah banyak dikritik karena kelambanannya di Myanmar dan kegagalan konsensus lima poin yang disepakati oleh militer Burma pada pertemuan darurat tahun lalu. Washington juga telah mendorong ASEAN untuk mengambil tindakan yang lebih kuat terhadap rezim militer Burma yang dipimpin oleh Jenderal Senior Min Aung Hlaing.

READ  Menteri Pertanian Indonesia mengundurkan diri di tengah penyelidikan korupsi

Majelis regional beranggotakan 10 orang terkenal berjalan berdasarkan konsensus. Dan para kritikus mengatakan hubungan dekat beberapa negara anggota dengan China telah mencegah ASEAN mengambil tindakan keras terhadap militer Myanmar.

Namun, Indonesia sangat prihatin dengan kelambanan militer Myanmar pada peta jalan lima poin untuk mengembalikan negara itu ke demokrasi sehingga sesama anggota Malaysia mengatakan itu harus dibatalkan demi pendekatan baru.

Demikian pula, ASEAN tidak mengutuk invasi Rusia ke Ukraina, kata para analis, karena banyak negara, termasuk Indonesia, bergantung pada Moskow untuk kebutuhan senjata mereka.

Indonesia juga tidak secara langsung mengutuk Rusia atas invasi tersebut, meskipun pada bulan Maret Majelis Umum PBB memilih resolusi yang “menyesalkan” agresi Rusia terhadap Ukraina.

‘Dunia memiliki keyakinan pada G20’

Namun, Jakarta terjebak di antara dan di antara, karena sebagai ketua G20 tahun ini harus menyeimbangkan kemarahan Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Eropa, di satu sisi, dengan tindakan Rusia dan dukungan Beijing untuk Moskow, di sisi lain. .

Pada Maret lalu, Presiden AS Joe Biden, yang diperkirakan akan menghadiri KTT G20 di Bali pada November, mendesak Presiden Jokowi untuk mengundang Ukraina sebagai tamu jika Rusia tidak dikeluarkan dari grup. Jokowi telah mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, namun belum dapat dipastikan apakah Presiden Rusia Putin akan hadir dalam KTT tersebut.

Dalam sambutannya, Senin, Retno mengatakan tidak ada pilihan lain selain KTT G20.

“Seluruh dunia mengandalkan G20 untuk menjadi katalis bagi pemulihan ekonomi global, terutama bagi negara-negara berkembang,” kata Rednow.

“G20 tidak boleh gagal. Kita tidak bisa membiarkan pemulihan global berada di bawah belas kasihan geopolitik,” katanya kepada Majelis Umum.

READ  Portofolio Pusat Data BDx Indonesia Rp2,63 miliar | berita

Ukraina dan Rusia memasok 30 persen gandum dan jelai dunia, seperlima jagungnya, dan lebih dari setengah minyak bunga mataharinya. Kedua negara tersebut merupakan produsen dan pemasok utama pupuk. Selain itu, Rusia adalah pengekspor gas alam terbesar di dunia dan pengekspor minyak terbesar kedua.

Selama hampir enam bulan setelah Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, Rusia memblokade semua pelabuhan pasca-Laut Hitam dan memutus akses ke semua ekspor negara itu, terutama biji-bijian, beberapa layanan berita melaporkan. Langkah-langkah itu memicu kekhawatiran akan krisis pangan global.

Rusia mencabut embargo di bawah kesepakatan yang didukung PBB di bawah Inisiatif Biji-bijian Laut Hitam pada bulan Juli, tetapi efek limpahan dari berbulan-bulan penghentian ekspor biji-bijian telah menyebabkan inflasi pangan di banyak bagian dunia. Kenaikan harga pangan datang di atas meroketnya harga bahan bakar di tengah sanksi Barat terhadap minyak Rusia.

“Kita harus bertindak segera untuk mengatasi krisis pangan dan energi serta mencegah krisis pupuk. Jika tidak, miliaran orang akan terancam, terutama di negara berkembang,” kata Rednow.

Dalam situasi seperti itu, Rednow berkata, “Resolusi damai adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan konflik apa pun.”

“Presiden saya menyampaikan pesan perdamaian ini selama kunjungannya ke Kiev dan Moskow Juni lalu,” kata Menteri Luar Negeri Indonesia Jokowi, merujuk pada apa yang disebut misi perdamaian ke Ukraina dan Rusia.

“Kebiasaan dialog dan kolaborasi dapat menumbuhkan kepercayaan strategis,” kata Rednow.

“Ini adalah aturan main yang harus kita patuhi jika kita benar-benar menginginkan perdamaian.”

BenarNews adalah layanan berita yang berafiliasi dengan RFA.