Februari 26, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Angkatan Laut AS mengatakan Iran menyita kapal tanker minyak keduanya dalam seminggu di Teluk

Angkatan Laut AS mengatakan Iran menyita kapal tanker minyak keduanya dalam seminggu di Teluk

DUBAI (Reuters) – Iran menyita kapal tanker minyak kedua dalam seminggu pada Rabu di perairan Teluk, kata Angkatan Laut AS, dalam eskalasi terbaru dalam serangkaian penyitaan atau serangan terhadap kapal komersial di perairan Teluk sejak 2019.

Armada Kelima Angkatan Laut AS yang berbasis di Bahrain mengatakan Angkatan Laut Pengawal Revolusi Iran merebut kapal tanker minyak berbendera Panama pada pukul 6:20 pagi (0220 GMT) saat sedang melewati Selat Hormuz yang sempit.

Kantor berita pengadilan Mizan mengatakan jaksa penuntut umum di Teheran mengumumkan tanggapan pertama Iran bahwa kapal tanker minyak telah disita atas perintah pengadilan, menyusul pengaduan dari jaksa. dan dia tidak menyebutkan rincian lebih lanjut.

Insiden itu terjadi setelah Iran pada hari Kamis menyita sebuah kapal tanker minyak berbendera Kepulauan Marshall di Teluk Oman yang disebut Advantage Sweet. Pendaftaran Bendera Kepulauan Marshall mengatakan pada hari Selasa bahwa kapal tanker itu ditahan oleh otoritas Iran di Bandar Abbas.

Perusahaan keamanan maritim Ambrey mengatakan yakin penyitaan Iran atas Advantage Sweet adalah tanggapan atas penyitaan kargo minyak oleh Amerika Serikat di atas kapal tanker Kepulauan Marshall-Suez Rajan.

Angkatan Laut mengatakan kapal tanker minyak Niofi, yang disita pada hari Rabu, sedang menuju dari Dubai menuju pelabuhan UEA di Fujairah ketika kapal Pengawal Revolusi Iran memaksanya untuk mengubah arah menuju perairan teritorial Iran.

Data pelacakan kapal di Refinitiv menunjukkan Niuvi melaporkan lokasinya pada Rabu 0231 GMT di lepas pantai Oman di Selat Hormuz dengan Fujairah sebagai tujuannya.

Menurut database pengiriman Organisasi Maritim Internasional, pemilik Niovi adalah Grand Financing Co., dan mengoperasikan Smart Tankers yang berbasis di Yunani, yang tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

READ  Iran dikatakan telah menerima pesawat Rusia, tapi bukan Su-35 yang telah lama ditunggu-tunggu

Sekitar seperlima dari minyak mentah dunia dan produk minyak bumi melewati Selat Hormuz, titik sempit antara Iran dan Oman, menurut data dari perusahaan analitik Vortexa.

“Kegiatan militer yang terus meningkat dan ketegangan geopolitik di daerah-daerah ini menimbulkan ancaman serius bagi kapal-kapal komersial,” kata Registri Bendera Kepulauan Marshall dalam peringatan pada hari Selasa.

Terkait dengan ancaman ini adalah potensi salah perhitungan atau kesalahan identifikasi, yang dapat mengarah pada tindakan agresif.

Sejak 2019, telah terjadi serangkaian serangan terhadap pengiriman di perairan Teluk yang strategis selama ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran.

Pembicaraan tidak langsung antara Teheran dan Washington untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran tahun 2015 dengan kekuatan dunia telah terhenti sejak September karena sejumlah masalah, termasuk penindasan kekerasan oleh Republik Islam terhadap protes populer, penjualan drone Teheran ke Rusia, dan percepatan program nuklirnya.

Ditulis oleh Lisa Barrington, Diedit oleh Louise Heavens

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.