Juli 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Amerika Serikat mengatakan serangan rudal Houthi melukai seorang pelaut

Amerika Serikat mengatakan serangan rudal Houthi melukai seorang pelaut
Komentari foto tersebut, Houthi menyerang kapal-kapal yang mendukung warga Palestina di Gaza

  • pengarang, George Wright
  • Peran, berita BBC

Militer AS mengatakan seorang pelaut terluka parah setelah sebuah kapal kargo di Teluk Aden terkena dua rudal jelajah yang ditembakkan oleh Houthi di Yaman.

Pelaut yang terluka diterbangkan ke kapal lain untuk perawatan medis, kata Komando Pusat AS (CentCom).

Dia menambahkan, para awak kapal sedang memadamkan api di kapal MV Verbena, kapal berbendera Palau milik Ukraina dan dioperasikan oleh Polandia.

Kewarganegaraan pelaut tersebut tidak diungkapkan.

Kelompok Houthi mengatakan mereka melakukan serangan terhadap tiga kapal selama 24 jam terakhir, termasuk MV Verbena, “sebagai pembalasan atas kejahatan yang dilakukan terhadap rakyat kami di Jalur Gaza, dan sebagai tanggapan atas agresi Amerika-Inggris terhadap negara kami.” “.

Kelompok bersenjata Houthi menganggap dirinya sebagai bagian dari “poros perlawanan” yang dipimpin Iran terhadap Israel, Amerika Serikat, dan Barat secara lebih luas.

Sejak November, kelompok pemberontak tersebut telah melancarkan serangan terhadap kapal-kapal yang dikatakan terkait dengan Israel di Laut Merah dan Teluk Aden, dengan mengatakan bahwa tindakan mereka mendukung warga Palestina di Gaza.

Sebagai tanggapan, Amerika Serikat dan Inggris melancarkan serangkaian serangan terhadap sasaran Houthi di Yaman, yang mendorong Houthi melakukan pembalasan terhadap kapal-kapal yang mereka yakini terkait dengan negara-negara tersebut.

“Houthi mengaku bertindak atas nama rakyat Palestina di Gaza, namun mereka menargetkan dan mengancam nyawa warga negara ketiga yang tidak memiliki hubungan dengan konflik di Gaza,” kata Komando Pusat.

Pada hari Rabu, Houthi menargetkan kapal berbendera Liberia bernama Tutor menggunakan drone maritim di Laut Merah. Tidak ada korban luka yang dilaporkan.