Mei 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Aktivitas pabrik di China mengejutkan dengan pertumbuhan tercepat dalam satu dekade

Aktivitas pabrik di China mengejutkan dengan pertumbuhan tercepat dalam satu dekade
  • PMI manufaktur resmi untuk bulan Februari adalah yang tertinggi sejak April 2012
  • Level PMI non-manufaktur tertinggi sejak Maret 2021

BEIJING (Reuters) – Aktivitas manufaktur China berkembang pada laju tercepat dalam lebih dari satu dekade pada Februari, sebuah indikator resmi menunjukkan pada Rabu, memupus harapan karena produksi melonjak setelah pembatasan COVID-19 dicabut akhir tahun lalu.

Indeks manajer pembelian manufaktur (PMI) naik menjadi 52,6 dari 50,1 pada Januari, menurut Biro Statistik Nasional China, di atas angka 50 poin yang memisahkan ekspansi dari kontraksi dalam aktivitas. PMI jauh melampaui ekspektasi analis sebesar 50,5 dan merupakan pembacaan tertinggi sejak April 2012.

Ekonomi terbesar kedua di dunia mencatat salah satu tahun terburuknya dalam hampir setengah abad pada tahun 2022 karena penguncian Covid yang ketat dan penyebaran infeksi selanjutnya. Pembatasan tiba-tiba dicabut pada bulan Desember ketika Omicron yang sangat menular menyebar ke seluruh negeri.

Pasar global menyambut kejutan besar di PMI dengan saham Asia dan dolar Australia membalikkan penurunan sebelumnya, yuan lepas pantai dan minyak melonjak karena investor mengambil pandangan yang lebih optimis tentang prospek ekonomi China.

Pembaruan terbaru

Lihat 2 cerita lainnya

“Pembacaan PMI yang lebih tinggi sebagian mencerminkan titik awal yang lemah untuk ekonomi yang akan datang tahun ini dan kemungkinan akan mereda lama karena laju pemulihan melambat,” kata Julian Evans-Pritchard, kepala ekonomi China di Capital Economics.

“Kami sudah mengharapkan rebound cepat dalam waktu dekat, tetapi data terbaru menunjukkan bahwa bahkan perkiraan konsensus kami untuk pertumbuhan 5,5% tahun ini mungkin terlalu konservatif.”

Pasar berharap pertemuan tahunan Parlemen, yang dimulai akhir pekan ini, akan menetapkan tujuan ekonomi dan memilih kepala pejabat ekonomi baru.

READ  Saham Trump Media & Technology Group merosot setelah mengumumkan penjualan saham besar-besaran

“Bacaan PMI yang baik memberikan catatan positif untuk Kongres Rakyat Nasional mendatang. Kami berharap pemerintah mengambil kebijakan yang lebih mendukung untuk mendorong pemulihan ekonomi,” kata Zhu Hao, ekonom di Guotai Junan International.

PMI resmi dirilis menjelang indeks sektor swasta Caixin/S&P yang optimis yang menunjukkan aktivitas meningkat untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan.

Biro Statistik Nasional mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa perusahaan mempercepat dimulainya kembali pekerjaan dan produksi mereka, karena sektor tersebut merasakan dampak kebijakan stabilisasi ekonomi sementara dampak Covid-19 mereda.

Manufaktur furnitur, produk logam, dan peralatan mesin listrik telah mengalami peningkatan yang signifikan, dengan indeks produksi dan pesanan baru di industri ini semuanya melebihi 60,0.

Grafik Reuters

Pandangan campuran

PMI menunjukkan pesanan ekspor baru naik untuk pertama kalinya sejak April 2021.

Pada saat yang sama, Indeks Manajer Pembelian China kontras dengan pembacaan aktivitas pabrik yang lebih suram dari ekonomi Asia lainnya untuk bulan Februari, menunjukkan bahwa kondisi di luar negeri lamban.

Secara lebih luas, prospeknya tetap beragam karena mitra dagang utama negara itu berurusan dengan kenaikan suku bunga dan tekanan biaya.

Data bulan lalu menunjukkan bahwa sektor manufaktur China berada di bawah tekanan tahun ini dengan harga factory gate jatuh pada bulan Januari, karena konsumsi domestik yang masih hati-hati dan permintaan asing yang tidak menentu.

Biro Statistik Nasional mengatakan bahwa perusahaan manufaktur juga melihat kenaikan harga pembelian baja dan industri manufaktur terkait.

PMI non-manufaktur resmi naik menjadi 56,3 dari 54,4 pada Januari, menunjukkan laju ekspansi tercepat sejak Maret 2021.

Aktivitas konstruksi, yang merupakan bagian dari PMI non-manufaktur resmi, naik lebih jauh, menjadi 60,2 dari 56,4, sebagian karena peningkatan pengeluaran infrastruktur dan peningkatan pendanaan untuk membantu pengembang menyelesaikan proyek yang terhenti.

READ  PHK di Riot Games: Pengembang League of Legends telah memangkas 530 pekerjaan

Kegiatan jasa juga terus meningkat dengan perbaikan di sektor transportasi dan akomodasi.

Bank sentral China mengatakan pada hari Jumat bahwa ekonomi domestik secara keseluruhan diperkirakan akan pulih pada tahun 2023, meskipun lingkungan eksternal tetap “keras dan kompleks”.

PMI komposit, yang mencakup aktivitas manufaktur dan non-manufaktur, naik menjadi 56,4 dari 52,9.

Diedit oleh Tomasz Janowski dan Sam Holmes

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.