April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

4 tewas dan puluhan luka-luka dalam tabrakan kereta api di Indonesia

4 tewas dan puluhan luka-luka dalam tabrakan kereta api di Indonesia

Sebuah kereta ekspres jarak jauh bertabrakan dengan kereta penumpang di pulau utama Indonesia, Jawa, pada Jumat pagi. Empat anggota awak tewas.

Periklanan

Dua kereta bertabrakan di provinsi Jawa Barat di Indonesia pada Jumat pagi, menewaskan sedikitnya empat orang dan memaksa lebih dari 500 penumpang dievakuasi, kata pejabat setempat.

Pada pukul 06.03 waktu setempat, kereta ekspres jarak jauh tujuan Bandung dari Surabaya, kota terbesar kedua di pulau itu, bertabrakan dengan kereta penumpang tujuan Padalarang dari stasiun Haurbukur. Penumpang kereta ekspres tersebut berjumlah 287 orang dan penumpang lainnya sebanyak 191 orang.

Seluruh penumpang di dua kereta yang jatuh telah dievakuasi dengan selamat, kata Hanabi. Ia menambahkan, 37 orang luka-luka dan sedang menjalani perawatan di beberapa rumah sakit. Hingga Jumat sore, hanya dua penumpang yang masih dirawat di rumah sakit.

Penumpang Heri Aliuddin mengatakan, lampu di kabinnya padam di kompartemen ketiga KA asal Surabaya. Dia ingat koper dan tas jatuh menimpa beberapa penumpang. Orang-orang yang masih tertidur terlempar dari tempat duduknya.

“Saya kaget sekali, saya tidak bisa bergerak sejenak, kekacauan total,” kata Aliuddin kepada Kompas TV, “lalu saya ambil koper dan mendorong diri keluar.”

Setidaknya empat pekerja kereta tewas: seorang pembantu dan penjaga di kereta ekspres, serta masinis dan asistennya di kereta penumpang, menurut juru bicara kepolisian Jawa Barat Ibrahim Tombo.

Tayangan media menunjukkan beberapa gerbong terjatuh dari kedua kereta. Sebuah gerobak bahkan terjatuh ke sawah di dekatnya. Penumpang yang panik berusaha keluar dari kereta ketika orang-orang yang berdiri di sawah berteriak-teriak di tengah kecelakaan itu.

Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irrawaddy meminta maaf atas kejadian tersebut dan mengatakan pihaknya sedang menyelidikinya.

READ  EPA dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman untuk mempromosikan kerja sama lingkungan

“Kecelakaan ini akan ditinjau lebih lanjut agar kejadian serupa tidak terulang kembali di kemudian hari,” kata Irrawaddy.

Kecelakaan kereta api sering terjadi pada jaringan kereta api Indonesia yang menua, khususnya di perlintasan kereta api.