Januari 31, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

26 narapidana di Indonesia menerima keringanan Tahun Baru Imlek

Tempo.co, JakartaDirektorat Reformasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah memberikan keringanan khusus kepada 26 dari 42 narapidana yang beragama Konghucu pada tahun 2023. tahun baru Imlek.

“Satu dari 26 napi mendapat remisi khusus tipe II (otomatis berakhir masa tahanannya) setelah mendapat remisi satu bulan,” kata Rika Abrianti, Koordinator Direktorat Jenderal Humas dan Etika Departemen Humas, Minggu.

Dia mengatakan, keringanan tersebut merupakan penghargaan yang diberikan kepada narapidana yang telah berusaha menunjukkan perilaku dan perilaku yang baik, menambahkan sembilan dari 26 narapidana berasal dari Kalimantan Barat, tujuh dari Banga Belitung dan tiga dari Bandon, dan tujuh dari Jawa Tengah. , Jakarta, Jambi, Jawa Timur dan Sumatera Utara.

Dia menambahkan bahwa bantuan Tahun Baru Imlek untuk 26 narapidana membantu mereka menghemat sekitar Rp14,79 juta (US$946,5) untuk makanan mereka.

Kelegaan Tahun Baru Imlek akan mendorong narapidana lain untuk menunjukkan sikap dan perilaku yang baik.

“Lapas diharapkan tidak hanya mengurangi hukuman, tapi juga meningkatkan rasa percaya diri para narapidana dan memotivasi mereka untuk menjadi orang yang lebih baik,” kata Abrianti.

Menurut database kementerian, per 3 Januari 2023, total populasi penjara di Indonesia tercatat 273.522, termasuk 47.008 narapidana yang menunggu persidangan.

Sementara itu, Lembaga Pemasyarakatan No. 22 Tahun 2022 dan Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 1999, Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak-Hak Narapidana merupakan dasar hukum pemberian keringanan kepada narapidana.

Hanya narapidana yang telah memenuhi persyaratan administrasi dan dasar seperti menjalani hukuman minimal enam bulan, menunjukkan perilaku yang baik secara konsisten dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengembangan diri yang memenuhi syarat. relief.

Antara

Klik disini Dapatkan update berita terbaru dari Tempo di Google News