April 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

10 Negara Teratas yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia

Tempo.co, JakartaIndonesia resmi mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Bukan hanya perjuangan internal namun juga pengakuan negara lain yang berujung pada Deklarasi ini.

Legitimasi berdirinya suatu negara ditentukan melalui pengakuan negara lain. Menurut Pasal 1 Konvensi Montevideo tahun 1933, suatu negara harus memiliki empat kualifikasi: penduduk tetap, wilayah tertentu, pemerintahan, dan pengakuan oleh negara lain.

Berikut daftar sepuluh besar negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Mesir

Mesir merupakan negara pertama di dunia yang mengakui kemerdekaan Indonesia secara de facto pada tanggal 22 Maret 1946. Pengakuan de jure ditandatangani oleh Perdana Menteri Mesir pada 10 Juni 1947 di hadapan pejuang kemerdekaan Indonesia AR Baswedan dan Agus Salim. Hal ini menandai dimulainya hubungan bilateral kedua negara.

2. Palestina

Sebelum deklarasi, Palestina merupakan salah satu negara pertama yang mengucapkan selamat kepada Indonesia atas kemerdekaannya pada 6 September 1944. Syekh Muhammad Amin Al Husseini mengungkapkan kegembiraannya atas kemerdekaan Indonesia melalui Radio Berlin, Jerman.

3. Arab Saudi

Pada tanggal 18 November 1946, Arab Saudi mengakui kemerdekaan Indonesia. Sejak itu kedua negara memelihara hubungan dekat.

4. Libanon

Lebanon mengakui kemerdekaan Indonesia pada tanggal 29 Juli 1947. Hubungan kedua negara pun semakin erat. Pada tahun 1996, KBRI resmi didirikan di Beirut, ibu kota Lebanon.

5. Suriah

Pada masa perjuangan tahun 1947 mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari pendudukan militer Belanda, PBB Suriah mendukung Indonesia di Dewan Keamanan.

6. Irak

Setelah Perang Dunia II, Irak mengakui Indonesia sebagai negara merdeka. Kedua negara telah menjalin hubungan, khususnya hubungan diplomatik, sejak tahun 1950.

7. Vatikan

Indonesia mendapat dukungan tidak hanya dari Timur Tengah tetapi juga dari benua Eropa termasuk Vatikan. Pengakuan tersebut diberikan pada tanggal 6 Juli 1947 yang ditandai dengan berdirinya Kedutaan Besar Vatikan atau Perwakilan Apostolik di Jakarta.

READ  Kapal tanker refloats Indonesia masuk daftar hitam AS

Vatikan dan Indonesia mempunyai prinsip yang sama mengenai perdamaian dunia dan keharmonisan antar umat beragama.

8. Yaman

Pada tanggal 3 Mei 1948, Yaman mengakui kedaulatan Indonesia. Kedua negara telah memelihara hubungan ekonomi, politik dan sosial budaya selama lebih dari 74 tahun.

9. Afganistan

Afganistan resmi mendukung Indonesia sebagai negara merdeka pada tanggal 23 September 1947. Keduanya menandatangani Perjanjian Persahabatan pertama di Bandung pada 24 April 1955.

10. Turki sendiri

Dukungan Turki terhadap kedaulatan Indonesia dimulai pada 29 Desember 1949, meski mendapat reaksi negatif dari Belanda. Kedua negara terus menjalin kerja sama dalam berbagai bentuk, termasuk pendirian kedutaan Turki di Jakarta pada 10 April 1957.

Inilah sepuluh negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Negara lain yang turut berkontribusi terhadap kedaulatan NKRI antara lain Australia, India, dan Ukraina.

Melinda TV Puspita | Antica Twi

Seleksi Guru: Cara membuat Surat Izin Mengemudi Internasional di Indonesia

klik disini mendapatkan Update berita terkini Tempo di Google News