Juni 20, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Zelensky memberhentikan Jaksa Agung dan Dinas Keamanan Negara karena “kolaborasi” karyawan dengan Rusia

Zelensky memberhentikan Jaksa Agung dan Dinas Keamanan Negara karena "kolaborasi" karyawan dengan Rusia

“Hari ini saya mengambil keputusan untuk memberhentikan Jaksa Agung dari jabatannya dan memberhentikan kepala Dinas Keamanan Ukraina,” kata Zelensky dalam pidato malam videonya.

Dua pejabat yang diberhentikan adalah Jaksa Agung Irina Venediktova dan kepala Dinas Keamanan Negara Ivan Bakanov, ajudan lama presiden.

Zelensky mengatakan beberapa pejabat di kedua pemerintahan dituduh melakukan makar.

“Hingga hari ini, 651 kasus pidana terkait makar dan kegiatan kerja sama pegawai kejaksaan, badan penyidik ​​praperadilan, dan lembaga penegak hukum lainnya telah didaftarkan,” katanya.

“Secara khusus, lebih dari 60 karyawan Kantor Kejaksaan dan Dinas Keamanan Ukraina tetap berada di wilayah pendudukan dan bertindak melawan negara kami.”

Menjelaskan keputusannya untuk mencopot Venediktova dan Bakanov, Zelensky mengatakan: “Seperangkat kejahatan terhadap fondasi keamanan nasional negara dan hubungan yang terungkap antara personel pasukan keamanan Ukraina dan layanan khusus Rusia sangat berbahaya. untuk pimpinan terkait. Masing-masing pertanyaan ini akan mendapatkan jawaban yang sesuai.”

Dia mengatakan bahwa mantan kepala Direktorat Utama Layanan Keamanan Krimea juga ditangkap atas tuduhan makar.

“Siapa pun dengan siapa dia menjadi bagian dari kelompok kriminal yang bekerja untuk Federasi Rusia juga akan dimintai pertanggungjawaban. Ini tentang menyampaikan informasi rahasia kepada musuh dan fakta lain dari kerja sama dengan dinas khusus Rusia.”

Kesalahan telah ditempatkan pada pejabat senior Administrasi Keamanan Negara Ukraina selatan Kemudahan yang digunakan pasukan Rusia untuk merebut wilayah yang luas di selatan Dalam waktu seminggu setelah invasi.

Zelensky mengindikasikan bahwa akan ada lebih banyak tindakan.

“Tindakan khusus dan kelambanan apa pun oleh setiap pejabat di sektor keamanan dan di lembaga penegak hukum akan dievaluasi. Inspeksi terkait lembaga penegak hukum telah memberikan hasil pertama dan akan berlanjut.”

READ  Kelompok Houthi di Yaman mengaku bertanggung jawab atas serangan rudal ke Israel

Zelensky juga mengatakan bahwa perdana menteri akan mengintensifkan pencarian kepala baru Biro Antikorupsi Nasional.