Juli 15, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Zelensky dari Ukraina dan Modi dari India bertemu di Jepang untuk pertama kalinya secara langsung sejak invasi Rusia

Zelensky dari Ukraina dan Modi dari India bertemu di Jepang untuk pertama kalinya secara langsung sejak invasi Rusia



CNN

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu Perdana Menteri India Narendra Modi di sela-sela KTT G7 di Jepang pada hari Sabtu, pertemuan tatap muka pertama antara kedua belah pihak sejak invasi Rusia dimulai.

Modi – yang sejauh ini menolak mengutuk invasi – mengatakan India akan melakukan “apa pun yang bisa” untuk membantu mengakhiri perang.

“Perang di Ukraina adalah masalah besar bagi seluruh dunia,” katanya. “Itu juga memiliki banyak dampak di seluruh dunia. Tapi saya tidak menganggapnya hanya sebagai masalah ekonomi atau politik. Bagi saya, ini adalah masalah kemanusiaan.”

Sementara itu, Zelensky meminta Modi untuk bergabung dalam upaya perdamaian Ukraina untuk mengakhiri perang melawan Rusia.

Kehadiran Zelensky secara pribadi di G7 – belum dikonfirmasi oleh negara tuan rumah Jepang hingga Sabtu pagi saja – memberikan kesempatan kepada pemimpin masa perang untuk bertemu langsung dengan negara-negara anggota yang telah mendukung Ukraina – Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Inggris. Amerika Serikat – dan menekan mereka untuk melanjutkan bantuan militer.

Tapi itu juga memberi Zelensky kesempatan untuk mendapatkan dukungan bagi Ukraina dan visi perdamaiannya dengan para pemimpin dari segelintir negara lain yang juga menghadiri KTT—beberapa di antaranya tidak bergabung dengan Barat dalam mendapatkan keuntungan dari sanksi terhadap Rusia atau yang, seperti India, menolak mengutuk Rusia di PBB.

India secara historis menjadi pembeli utama senjata Rusia dan memiliki hubungan jangka panjang dengan Moskow. Itu juga telah meningkatkan pembelian energi Rusia – menyediakan jalur ekonomi utama bagi pemerintahan pemimpin Vladimir Putin, bahkan ketika Barat memberlakukan pembatasan luas pada sumber pendapatan utama ini.

Meskipun New Delhi mengirim bantuan kemanusiaan ke Ukraina selama perang, New Delhi menolak resolusi PBB yang menyerukan penarikannya dan mengutuk invasinya.

READ  Rand Paul menangguhkan $40 miliar bantuan ke Ukraina dengan menolak untuk menyetujui dengan suara bulat di Senat

Analis mengatakan memenangkan dukungan atau pemahaman dari para pemimpin seperti Modi juga bisa menjadi motivasi utama bagi Zelensky untuk menghadiri KTT G7. Negara peserta lainnya termasuk Indonesia, Australia, Brazil, Korea dan Vietnam.

Dalam kasus Modi, hubungan dekat dengan Rusia bisa berarti menekan Putin, atau menjaga ekonominya tetap berjalan.

Tahun lalu, Modi berbicara kepada Putin tentang perlunya “bergerak di jalan perdamaian” selama pertemuan tatap muka dengan pemimpin Rusia di sela-sela KTT Organisasi Kerjasama Shanghai di Uzbekistan pada bulan September, menurut pembacaan dari pihak India — dilihat pada saat itu sebagai tanda ketidaksabaran New Delhi ketika konflik berlarut-larut.

Namun, beberapa bulan kemudian, pemimpin India itu tampaknya berkomitmen untuk bersikap waspada, tidak secara eksplisit mengutuk Kremlin atau menyerukan penarikannya dari wilayah Rusia.

Modi telah berbicara dengan Zelensky di telepon beberapa kali sejak invasi Rusia, terakhir pada bulan Desember, di mana pemimpin India itu mengulangi seruannya untuk “penghentian permusuhan” dan “dialog” untuk menyelesaikan perselisihan tersebut.

Sebaliknya, rencana perdamaian Zelensky menyerukan pemulihan perbatasan Ukraina yang diakui secara internasional dan penarikan pasukan Rusia.

Para pemimpin Barat telah mengkritik seruan gencatan senjata, yang juga tidak termasuk penarikan pasukan Rusia, dengan mengatakan bahwa itu berarti membantu Moskow mengkonsolidasikan wilayah yang dicaploknya.

Zelensky juga menghadiri KTT Liga Arab di Arab Saudi pada hari Jumat, di mana dia mendesak simpati dari para pemimpin di Arab Saudi yang “menutup mata” terhadap perang di Ukraina.

Di G7, Zelensky diatur untuk duduk dengan para pemimpin negara anggota G7 Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat, serta mengambil bagian dalam sesi yang lebih besar mengenai perdamaian dan stabilitas termasuk mengundang negara lain, kata Jepang, Sabtu.

READ  Kritikus mengklaim bahwa Vladimir Putin memiliki kapal pesiar senilai $700 juta di Italia