Juni 16, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Yayasan Nobel membatalkan keputusannya untuk mengundang Rusia, Belarus dan Iran untuk menghadiri upacara penghargaan setelah adanya reaksi negatif

Yayasan Nobel membatalkan keputusannya untuk mengundang Rusia, Belarus dan Iran untuk menghadiri upacara penghargaan setelah adanya reaksi negatif



CNN

Yayasan Nobel telah membatalkan keputusan kontroversial yang mengundang duta besar Rusia, Belarus dan Iran untuk menghadiri upacara penghargaan Hadiah Nobel setelah mendapat kecaman luas.

Yayasan tersebut mengumumkan dalam siaran persnya pada hari Sabtu bahwa duta besar dari ketiga negara tidak akan diundang, setelah awalnya mengatakan ingin menyertakan bahkan mereka yang tidak memiliki nilai-nilai yang sama dengan Hadiah Nobel.

Ukraina mengecam keputusan mengundang duta besar Rusia dan Belarus, yang tidak hadir dalam upacara Hadiah Nobel di Stockholm tahun lalu karena perang di Ukraina. Seorang anggota Parlemen Eropa dari Swedia menyebut keputusan tersebut “sama sekali tidak pantas”.

“Keputusan Yayasan Nobel untuk mengundang seluruh duta besar untuk menghadiri upacara pemberian Hadiah Nobel, sesuai dengan praktik sebelumnya, telah memicu reaksi keras,” kata yayasan tersebut dalam pernyataannya pada hari Sabtu, menambahkan bahwa dasar dari keputusan tersebut adalah keyakinan bahwa “ penting dan benar untuk mengkomunikasikan seluas mungkin nilai-nilai dan pesan-pesan yang kita hargai.” Ini melambangkan Hadiah Nobel.

Dia menambahkan, “Contohnya, melalui pesan politik yang jelas tahun lalu dengan Penghargaan Perdamaian yang diberikan kepada pejuang hak asasi manusia dari Rusia dan Belarusia serta kepada warga Ukraina yang bekerja untuk mendokumentasikan kejahatan perang Rusia.”

“Kami menyadari reaksi keras di Swedia yang menutupi surat ini. “Oleh karena itu kami memilih untuk mengulangi pengecualian tahun lalu terhadap praktik biasa, yaitu tidak mengundang duta besar Rusia, Belarusia, dan Iran untuk menghadiri upacara penghargaan Hadiah Nobel di Stockholm,” kata yayasan tersebut.

Perjamuan Nobel diadakan setiap tahun di Stockholm pada tanggal 10 Desember, ketika lima dari enam Hadiah Nobel diberikan. Hadiah Nobel Perdamaian diberikan di Oslo, Norwegia.

READ  Ukraina: Puluhan ribu mengungsi ke Polandia di tengah serangan Rusia | Berita tentang krisis Rusia-Ukraina

Rusia dan Belarusia tidak terlibat dalam banyak peristiwa sejak Moskow melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina, yang sangat dibantu oleh Minsk, pada Februari 2022.

Atlet dari Rusia dan Belarusia juga dilarang berkompetisi di banyak acara olahraga, dan diplomat sering kali tidak diikutsertakan dalam konferensi tingkat tinggi.