Januari 28, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Waspada Lonjakan Ekspor Batubara Indonesia 2023: Maguire

Konten Artikel

LITTLETON — Pengekspor batu bara termal utama dunia mengejutkan pasar global setahun yang lalu dengan melarang sementara ekspor batu bara untuk melindungi produsen listrik domestik, menaikkan harga batu bara dan memulai tahun yang secara historis bergejolak untuk batu bara dan bahan bakar energi lainnya.

Namun sejak saat itu Indonesia telah membuat tanda yang berbeda di panggung batu bara dunia, mencetak rekor baru untuk ekspor yang, jika dipertahankan, akan menjadikannya negara pertama yang melampaui setengah miliar ton ekspor batu bara dalam satu tahun.

Iklan 2

Konten Artikel

Konten Artikel

Dengan pasar tenaga global yang masih terhuyung-huyung akibat dampak dari invasi Rusia ke Ukraina — yang memutus pasokan gas alam pipa ke Eropa — permintaan untuk semua bahan bakar pembangkit listrik berada di jalur yang tepat untuk mencapai rekor tertinggi pada tahun 2023.

READ  Indonesia 2023-2027 mengusulkan untuk menjadi anggota Komite Eksekutif UNWTO

Artinya, meskipun ada upaya untuk mengalihkan sistem energi global dari bahan bakar fosil, penjualan batu bara Indonesia dapat mencapai tonggak sejarah baru tahun ini, dengan efek mengimbangi emisi karbon dioksida dan gas lain yang sudah mencapai rekor konsentrasi di atmosfer Bumi.

Awan Sejarah

Larangan Jakarta terhadap ekspor batu bara mulai berlaku pada 1 Januari, pada puncak musim dingin lalu, dan telah memaksa importir besar berebut pasokan alternatif dari eksportir lain seperti Kolombia, Afrika Selatan, dan Australia.

Iklan 3

Konten Artikel

Pada saat itu, langkah tersebut diperkirakan akan menghancurkan kapasitas ekspor Indonesia secara permanen karena pelanggan utama bergerak untuk mengurangi ketergantungan mereka pada satu pemasok dengan mendiversifikasi aliran pengadaan batubara mereka.

Tapi invasi Rusia ke Ukraina mengubah semua itu.

Sebagai pemasok gas alam utama Eropa dan pengekspor batubara termal global terbesar ketiga pada tahun 2021, apa yang disebut operasi khusus Rusia di Ukraina mendorong pasar bahan bakar energi di seluruh Eropa, dan harga batubara mencapai level tertinggi baru sepanjang masa pada akhir Februari.

Pada gilirannya, tingginya harga tersebut membuat batu bara Indonesia mengalir kembali ke pasar global.

Pada tahun 2022, total ekspor batubara termal Indonesia akan mencapai 448,5 juta ton, 56 juta ton (14,4%) lebih besar dari total tahun 2021, menurut data pelacakan kapal Kpler.

Iklan 4

Konten Artikel

Pengiriman kargo turun 60% di bulan Januari dari bulan sebelumnya, tetapi terhenti di bulan Februari karena larangan aliran batubara dari Indonesia menimbulkan kebingungan yang meluas di pasar batubara internasional.

READ  Ekonomi kerakyatan harus menjadi dasar pilihan ekonomi Indonesia: Pemerintah

Potensi maksimal

Sejauh ini pada tahun 2023, ekspor Indonesia tidak terhambat oleh manuver pemerintah yang tidak terduga dan berada di jalur yang tepat untuk mencapai 37,4 juta ton pada bulan Januari, turun dari 13 juta ton tahun lalu, kata Kpler.

Perkiraan Januari 2023 itu lebih rendah dari rata-rata laju bulanan ekspor Indonesia pada paruh kedua tahun 2022, yang setara dengan 41,9 juta ton dan total tahunan sebesar 503,5 juta ton jika dipertahankan selama 12 bulan.

Iklan 5

Konten Artikel

Namun, ada beberapa faktor yang berperan di tahun 2023 yang dapat meningkatkan permintaan batubara Indonesia dalam beberapa bulan mendatang.

Pengaktifan kembali ekonomi China menjadi sangat penting setelah tahun 2022, ketika langkah-langkah ketat tanpa covid-19 Beijing telah melumpuhkan aktivitas industri dan permintaan batu bara di seluruh konsumen batu bara terbesar dunia.

Pada akhir tahun 2022, Tiongkok mengumumkan langkah-langkah stimulus dan pelonggaran yang dirancang untuk menghidupkan kembali kegiatan ekonomi di seluruh negeri, dan jajak pendapat Reuters baru-baru ini dari para ekonom melihat ekonomi Tiongkok tumbuh sebesar 4,9% pada tahun 2023.

Meningkatnya aktivitas industri akhir tahun lalu telah mendorong impor batu bara pada bulan November dan Desember ke level tertinggi sejak akhir 2021, dan seiring momentum ekonomi Tiongkok yang semakin meningkat, lebih banyak pembelian bahan bakar dapat dilakukan oleh pembeli utama batu bara Indonesia.

Periklanan 6

Konten Artikel

Faktor lain yang mendukung permintaan batu bara global adalah rencana penerapan sanksi produksi energi terhadap Rusia oleh Uni Eropa tahun ini.

READ  Bagaimana tindakan iklim yang ambisius adalah yang terbaik untuk perekonomian Indonesia - Akademi

Eropa akan melarang impor produk minyak Rusia mulai 5 Februari, dalam langkah yang dirancang untuk menerapkan lebih banyak tekanan keuangan pada Moskow sebagai tanggapan atas invasi Ukraina. Pada gilirannya, langkah tersebut diperkirakan akan semakin memperketat pasokan semua bahan bakar industri dan meningkatkan permintaan impor tambahan alternatif seperti batu bara.

Cadangan batu bara domestik India yang menipis menjadi faktor positif lain yang mendukung potensi ekspor batu bara Indonesia.

Konsumen batubara terbesar kedua di dunia bergantung pada impor untuk hampir seperempat pasokan batubaranya, dengan 65% berasal dari Indonesia pada tahun 2022.

Jika digabungkan, faktor-faktor ini berpotensi mendorong aliran batu bara Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi pada tahun 2023, dengan mudah mencapai 500 juta ton untuk tahun ini secara keseluruhan.

(Laporan oleh Gavin Maguire; Diedit oleh Christopher Cushing)

komentar

Postmedia berkomitmen untuk mempertahankan forum diskusi yang hidup namun sipil dan mendorong semua pembaca untuk membagikan pandangan mereka tentang artikel kami. Komentar dapat memakan waktu hingga satu jam untuk ditinjau sebelum muncul di situs. Harap simpan komentar Anda relevan dan hormat. Kami telah mengaktifkan notifikasi email—sekarang Anda akan menerima email jika mendapat balasan atas komentar, pembaruan pada utas komentar yang Anda ikuti, atau jika pengguna mengikuti Anda dalam sebuah komentar. Silakan kunjungi pedoman komunitas kami untuk informasi lebih lanjut dan detail tentang cara menyesuaikan pengaturan email Anda.