Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Wakil Menteri Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang mengunjungi Indonesia bersama ILO

Wakil Menteri Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang mengunjungi Indonesia bersama ILO

Jakarta, Indonesia (Berita ILO) – Wakil Menteri Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang Miyazaki Mahashida, yang memimpin delegasi Jepang ke Konferensi Perburuhan Internasional ILO 2024, melakukan kunjungan resmi selama dua hari ke Indonesia pada Mei lalu. Program kunjungan ini sangat terfokus pada pembelajaran mengenai pekerjaan Kantor ILO untuk Indonesia dan Timor-Leste, khususnya pekerjaan yang didanai oleh Pemerintah Jepang.

Ini merupakan kesempatan bagi Wakil Menteri untuk mempelajari tentang Pusat Layanan Ketenagakerjaan, Pusat Pelatihan Kejuruan yang didukung Jepang, pekerjaan penting dalam menyediakan jaminan sosial bagi semua orang dan mengunjungi Kantor ILO untuk Indonesia dan Timor. – Timur.



© ILO/Ferry Latief

Ketua IT Bhaskar Muchamad Yusuf dan Wakil Menteri Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang Miyazaki Makashita. Jakarta, Indonesia. 3 Mei 2024.

Kunjungan resmi pertama Wakil Menteri adalah ke Baskar IT di Indonesia, sebuah pusat ketenagakerjaan yang didirikan tiga tahun lalu dengan dukungan pemerintah Jepang. Bhaskar IT telah mengadopsi pendekatan one-stop-shop Jepang, Hello Work, yang menyediakan akses terhadap tunjangan pengangguran, layanan penempatan publik, dan pelatihan kejuruan melalui kantor layanan satu pintu dan platform online.

Ketua IT Bhaskar Muchamad Yusuf sangat mengapresiasi pembelajaran yang didapat dari pengalaman Jepang selama 75 tahun mengelola Hello Work. “Kami benar-benar belajar dari pengalaman Jepang. Kami berharap Bhaskar dapat terus belajar dan membangun sistem informasi yang lebih kokoh di Indonesia, seiring dengan penerapan program asuransi pengangguran,” ujarnya.

Dukungan pemerintah Jepang terhadap program asuransi pengangguran diberikan melalui ILO’s Unemployment Protection in Indonesia: Quality Assistance for Workers Affected by Labour Adjustments (UNIQLO), Fast Retailing Co. Ltd dan didanai oleh ILO-Japan Promotion. dan mengembangkan jaminan sosial di Asia dalam perancangan kebijakan dan implementasi sistem asuransi pengangguran.

Beberapa siswa sedang mengikuti program pelatihan elektronik di CEVEST Bekasi, Indonesia.

© ILO/Ferry Latief

Miyazaki Mahasita, Wakil Menteri Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang, berbicara kepada siswa program pelatihan elektronik di CEVEST Bekasi, Jawa Barat, Indonesia pada 3 Mei.

Wakil Menteri juga mengunjungi Pusat Pendidikan Kejuruan dan Layanan Penyuluhan (CEVEST) yang selain memberikan program pelatihan kepada siswa di seluruh negeri, juga menyediakan layanan ketenagakerjaan di pusat tersebut. Dalam kunjungan tersebut, Wamenhub mengapresiasi upaya Kementerian HRD dalam memberikan pelatihan vokasi yang selaras dengan kebutuhan industri dan layanan penempatan publik.

Wakil Menteri mengakhiri kunjungannya dengan kunjungan kehormatan kepada Simrin Singh, Direktur ILO untuk Indonesia dan Timor-Leste. Pertemuan ini menyoroti dukungan jangka panjang Pemerintah dan masyarakat Jepang terhadap ILO dan perempuan serta laki-laki di Indonesia. Sebagai anggota pendiri ILO sejak tahun 1919, Jepang telah menjadi mitra ILO yang berharga dalam memajukan agenda pekerjaan yang layak, termasuk kemitraan jangka panjang, bermakna dan berdampak dengan Indonesia.

Foto pertemuan delegasi Jepang dan delegasi ILO di Indonesia.

© ILO/Ferry Latief

Pada tanggal 4 Mei 2024, diadakan kunjungan kehormatan antara perwakilan Jepang dan perwakilan ILO di Kantor ILO untuk Indonesia di Jakarta.

Kunjungan kehormatan ini mengungkapkan relevansi dan dampak berkelanjutan dari berbagai proyek ILO yang disponsori oleh Pemerintah Jepang di Indonesia. Pemerintah Jepang telah memberikan kontribusi yang besar kepada ILO dan Indonesia dalam berbagai bidang seperti peningkatan kapasitas, jaminan sosial, hak-hak buruh dan perilaku bisnis yang bertanggung jawab. Kami memiliki kolaborasi yang kuat dengan banyak pemangku kepentingan nasional yang relevan untuk memastikan relevansi, kelancaran implementasi, dan dampak maksimal dari program-program ini,” kata Simrin Singh.

Wakil Menteri mendapat manfaat dari kehadiran dan perbincangan dengan pejabat ILO yang berkunjung, Yasuo Arika, Kepala Penasihat Teknis, serta kesempatan untuk berinteraksi dengan Kantor ILO untuk Indonesia dan Ippei Tsuruga, Manajer Program Jaminan Sosial di Indonesia, dan staf Timor-Leste. dan koordinator keseluruhan serta Haruhiro Jono, pakar program dan operasional Program Kemitraan ILO/Jepang dari Kantor Regional ILO untuk Kawasan Asia dan Pasifik di Bangkok.

READ  Indonesia rencanakan konsesi untuk pembuat EV, BYD atur pertemuan dengan Tesla