Mei 29, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Ukraina: Puluhan ribu mengungsi ke Polandia di tengah serangan Rusia | Berita tentang krisis Rusia-Ukraina

Ukraina: Puluhan ribu mengungsi ke Polandia di tengah serangan Rusia |  Berita tentang krisis Rusia-Ukraina

Sembilan pusat penerimaan telah didirikan di sepanjang perbatasan di Polandia, yang telah memiliki populasi 1,5 juta orang Ukraina.

Wakil Menteri Dalam Negeri Polandia Pawel Svernaker mengatakan pada hari Sabtu bahwa 115.000 orang telah melintasi perbatasan ke Polandia dari Ukraina sejak invasi Rusia dimulai minggu ini.

Hanya empat jam yang lalu, jumlahnya diperkirakan mencapai 100.000 kedatangan, menggambarkan seberapa cepat pengungsi membanjiri tetangga Uni Eropa mereka.

“Saat ini, ada 115.000 orang yang telah melintasi perbatasan Ukraina-Polandia sejak pecahnya perang” pada hari Kamis, kata Szirnaker kepada wartawan di desa perbatasan timur Polandia, Durhusk.

Kepala penjaga perbatasan Polandia, Tomas Braga, mengatakan hampir 50.000 orang menyeberang ke Polandia dari Ukraina pada hari Jumat saja.

Polandia, yang telah menjadi rumah bagi sekitar 1,5 juta orang Ukraina sebelum invasi Rusia dan yang telah menyatakan dukungannya yang tak tergoyahkan untuk Ukraina, sejauh ini telah menyaksikan sebagian besar orang yang melarikan diri dari Ukraina menyeberang ke wilayahnya.

“Lebih dari 150.000 pengungsi Ukraina sekarang telah menyeberang ke negara-negara tetangga, setengah dari mereka ke Polandia dan banyak lagi ke Hongaria, Moldova, Rumania dan sekitarnya,” tulis Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Filippo Grandi di Twitter pada Sabtu.

“Pemindahan juga meningkat di Ukraina, tetapi situasi militer membuat sulit untuk memperkirakan jumlah dan memberikan bantuan,” tambahnya.

Szefernaker mengatakan 90 persen pengungsi yang memasuki Polandia memiliki tempat tujuan, seperti rumah teman atau keluarga, tetapi sisanya mencari bantuan di sembilan pusat penerimaan yang didirikan di sepanjang perbatasan.

Pusat menyediakan makanan, perawatan medis, tempat istirahat dan informasi yang diperlukan.

Zain Basrafi dari Al Jazeera mengatakan kota Polandia berukuran sedang Przemysl telah menjadi pusat kegiatan utama karena pengungsi Ukraina terus mengalir melintasi perbatasan.

READ  Mengapa Rusia sangat menginginkan wilayah Donbass?

“Semua penyeberangan perbatasan terbuka untuk lalu lintas pejalan kaki,” katanya dalam sebuah laporan dari sebuah kota di Polandia timur. “Pemerintah tahu di sini bahwa ada orang yang terjebak di perbatasan di sisi Ukraina, [and that] Waktu pemrosesan memakan waktu lama. Orang-orang terpaksa meninggalkan mobil, kereta api penuh sesak, begitu banyak orang menyerahkan segalanya dan berjalan.”

Kepala penjaga perbatasan Polandia, Tomas Braga, menambahkan pada konferensi pers bahwa hampir 50.000 orang menyeberang ke Polandia dari Ukraina pada hari Jumat saja.

Szefernaker mengatakan negaranya dapat memproses hingga 50.000 pengungsi dari Ukraina di perbatasan setiap hari.

Polandia, yang telah menjadi rumah bagi sekitar 1,5 juta orang Ukraina sebelum invasi Rusia dan yang telah menyatakan dukungannya yang tak tergoyahkan untuk Ukraina, sejauh ini telah menyaksikan sebagian besar orang yang melarikan diri dari Ukraina menyeberang ke wilayahnya.

“Pembaruan terbaru adalah bahwa hampir 116.000 telah melarikan diri ke negara-negara tetangga sejak 24 Februari – terutama Polandia, Hongaria, Moldova, Slovakia dan Rumania,” cuit Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi pada hari Sabtu.

“Jumlahnya meningkat,” tambahnya.

PBB mengatakan jumlah orang yang mencari suaka di luar Ukraina untuk negara lain bisa meningkat menjadi lima juta.