Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Ukraina mengatakan pihaknya menghancurkan hampir 50 tank Rusia dalam satu hari

Ukraina mengatakan pihaknya menghancurkan hampir 50 tank Rusia dalam satu hari

Sebuah tank Ukraina menembaki sasaran untuk mendukung unit infanteri di garis depan di tengah perang Rusia-Ukraina di Avdiivka, Oblast Donetsk, Ukraina pada 17 April 2023.
Mehmet Anis Yildirim/Anadolu Agency melalui Getty Images

  • Rusia melancarkan operasi ofensif untuk merebut kota Avdiivka di Ukraina timur.
  • Ukraina mengklaim Rusia kehilangan hampir 50 tank dan 900 prajurit dalam satu hari pertempuran.
  • Sejak Rusia memulai serangan, pasukannya menderita kerugian besar namun terus melancarkan serangan.

Ukraina mengklaim bahwa pasukannya menghancurkan hampir 50 tank Rusia dalam satu hari, sementara Rusia berusaha merebut kota kecil Avdiivka di timur negara itu.

Staf Umum Ukraina Dia berkata Bahwa dalam satu hari pertempuran, hampir 900 orang Rusia tewas dan 100 unit peralatan lapis baja mereka juga hancur.

Sebuah klip video yang diterbitkan oleh tentara Ukraina pada hari Jumat menunjukkan tank dan kendaraan lapis baja Rusia dihancurkan saat mereka menuju kota yang terletak di timur Ukraina.

Rusia memperoleh keuntungan kecil dalam serangan barunya di dekat Avdiivka pada hari Jumat, menunjukkan bahwa mereka berkomitmen untuk melakukan operasi tersebut meskipun mengalami kerugian besar dalam personel dan peralatan. Institut Studi PerangSebuah lembaga pemikir yang berbasis di Washington mengatakan pada hari Jumat.

Alasan mengapa Rusia memusatkan perhatian pada Avdiivka tidak jelas

Media tidak didukung oleh AMP.
Klik untuk pengalaman seluler penuh.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan kepada wartawan pekan lalu bahwa Rusia telah melancarkan “serangan baru” di Ukraina timur, termasuk di sekitar Avdiivka.

Kirby menekankan bahwa tidak mengherankan jika Rusia memulai tindakan ofensifnya, mengingat tujuan utamanya adalah merebut lebih banyak wilayah Ukraina.

READ  Kapal terakhir meninggalkan Ukraina karena nasib kesepakatan biji-bijian Laut Hitam ada di tangan Rusia

Namun, alasan fokusnya pada Avdiivka tidak jelas, begitu pula ISW dicatat sebelumnyaMerebut kota itu tidak akan membuka rute baru untuk maju ke seluruh Donetsk.

Sejak Rusia mulai menyerang Avdiivka pada 10 Oktober, pasukannya menderita kerugian besar dalam hal tank dan lapis baja, namun mereka terus melancarkan serangan ke kota tersebut, menurut Institute for the Study of War.

Pusat penelitian mengatakan hal ini menunjukkan bahwa pasukan Rusia yakin mereka dapat mengendalikan kota tersebut, atau mungkin menunjukkan bahwa kepemimpinan militer Rusia tidak memprioritaskan operasi ofensif terlepas dari biaya yang harus dikeluarkan.