Maret 5, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Ukraina dan Polandia mengatakan pejuang Wagner tiba di Belarusia

Ukraina dan Polandia mengatakan pejuang Wagner tiba di Belarusia

(Reuters) – Para pejabat Ukraina dan Polandia mengatakan pada Sabtu bahwa para pejuang dari kelompok Wagner telah tiba di Belarusia dari Rusia, sehari setelah Minsk mengatakan tentara bayaran itu sedang melatih tentara negara itu di tenggara ibu kota.

“Wagner ada di Belarusia,” kata Andriy Demchenko, juru bicara badan perbatasan Ukraina, dalam sebuah pernyataan di aplikasi perpesanan Telegram. Dia mengatakan pergerakan “kelompok terpisah” dari Rusia telah terdeteksi di Belarusia.

Dua sumber yang dekat dengan para pejuang mengatakan kepada Reuters bahwa beberapa pejuang Wagner telah berada di Belarus setidaknya sejak Selasa.

Kementerian Pertahanan Belarusia merilis sebuah video pada hari Jumat, menunjukkan apa yang dikatakannya sebagai pejuang Wagner yang mengarahkan tentara Belarusia di lapangan militer dekat kota Osipovichi.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepindahan Wagner ke Belarusia adalah bagian dari kesepakatan yang mengakhiri upaya pemberontakan kelompok itu pada Juni—ketika mereka menguasai markas militer Rusia, bergerak ke Moskow dan mengancam akan menjerumuskan Rusia ke dalam perang saudara.

Kepala Wagner Yevgeny Prigozhin belum terlihat di depan umum sejak dia meninggalkan kota Rostov-on-Don di Rusia selatan pada 24 Juni.

Warsawa juga memiliki konfirmasi kehadiran pejuang Wagner di Belarusia, kata Wakil Menteri Koordinator Layanan Khusus Polandia Stanislav Zarin.

“Mungkin ada beberapa ratus dari mereka saat ini,” kata Zarin di Twitter.

Polandia mengatakan bulan ini memperkuat perbatasannya dengan Belarusia untuk melawan potensi ancaman.

READ  Tiga orang tewas dalam kebakaran hutan di Yunani saat petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api

Sementara Presiden Belarusia Alexander Lukashenko tidak mengirim pasukannya ke Ukraina, dia mengizinkan Moskow untuk menggunakan tanah Belarusia untuk meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina pada Februari 2022 dan sejak itu mengizinkan negaranya untuk digunakan sebagai pangkalan senjata nuklir Rusia.

Proyek Hagun Belarusia, yang memantau aktivitas militer di negara itu dan dianggap oleh otoritas Belarusia sebagai formasi ekstremis, mengatakan konvoi besar setidaknya 60 kendaraan memasuki Belarus pada Jumat malam dari Rusia.

Dikatakan kendaraan, termasuk truk, van dan bus, memiliki plat nomor Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk di tempat yang secara internasional dikenal sebagai Ukraina timur. Dalam sebuah langkah yang secara luas dikutuk sebagai ilegal, Moskow tahun lalu bergerak untuk mencaplok republik-republik tersebut, yang telah menjadi proksi Rusia sejak 2014.

Tampaknya kolom Wagner menuju Cell di Belarus tengah, di mana koresponden asing pekan lalu diperlihatkan sebuah kamp dengan ratusan tenda kosong, kata Hagon.

Reuters tidak dapat secara independen memverifikasi laporan Belarusia Hagun. Tidak ada komentar langsung dari Rusia atau Belarus atas laporan ini.

Ditulis oleh Lydia Kelly di Melbourne dan Mark Trevelyan di London;

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.