Oktober 1, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Topan Haikoi melanda untuk kedua kalinya – DW – 09/03/2023

Topan Haikoi melanda untuk kedua kalinya – DW – 09/03/2023

Sebagian wilayah Taiwan menghadapi banjir, pohon tumbang, dan hujan terus menerus setelah Topan Haikui melanda untuk kedua kalinya pada Senin pagi.

Pada hari Minggu, wilayah pesisir Taitung terkena dampak paling parah akibat topan tersebut. Topan tersebut diturunkan menjadi badai tropis parah setelah mendarat untuk kedua kalinya secara tiba-tiba di barat daya Kaohsiung.

Haikoi awalnya tampak bergerak melintasi pulau dan keluar ke laut sebelum mendarat untuk kedua kalinya.

Ribuan orang telah dievakuasi

Lebih dari 7.000 orang telah dievakuasi, ratusan penerbangan dibatalkan, dan lebih dari 217.000 rumah tangga kehilangan aliran listrik. Pada hari Senin, 58.000 rumah masih tanpa aliran listrik. Tidak ada kematian yang dilaporkan.

Laporan lokal menyoroti bahwa banjir besar terjadi di Kaohsiung, dan hampir 80 orang menderita luka ringan selama badai tersebut.

Sekolah dan tempat usaha tetap tutup di 14 kota karena hujan lebat.

Topan Haikoi sedang menuju Taiwan

Browser ini tidak mendukung komponen video.

Presiden menyerukan kehati-hatian

Topan Haikui membawa hujan lebat dan angin kencang ke Taiwan timur pada hari Minggu, menjadi badai besar pertama yang menghantam pulau itu secara langsung dalam empat tahun.

Minggu,Presiden Tsai Ing-wen Dia meminta masyarakat untuk berhati-hati karena Haikui “akan menjadi topan pertama yang melanda Taiwan dalam empat tahun.”

Dan dia meminta masyarakat untuk menghindari keluar rumah, tidak mendaki gunung, dan tidak pergi ke pantai, memancing, atau berlatih olahraga air.

Presiden Taiwan meminta masyarakat untuk berhati-hati saat negaranya bersiap menghadapi HaikuiFoto: Carlos Garcia Rollins/Reuters

Taiwan juga telah mengerahkan tentaranya dan peralatan lainnya seperti kendaraan amfibi dan perahu karet.

Topan Haikoi kini diperkirakan akan melanda wilayah selatan dan timur laut.

Haikoi dianggap sebagai badai yang lebih lemah dibandingkan Saola

Menurut Pelacak Bahaya Badai Tropis, Topan Haikoi diperkirakan merupakan topan Kategori 1 atau Kategori 2 ketika melanda Taiwan.

Badai ini dianggap sebagai badai yang jauh lebih lemah dibandingkan badai Topan Saola melanda Hong Kong dan Tiongkok selatan pada hari Sabtu.

Pada Senin pagi, Administrasi Meteorologi Nasional Tiongkok dan para ahli meteorologi di Tiongkok mengeluarkan peringatan untuk Pulau Haikui saat pulau itu bergerak di Selat Taiwan, menuju Tiongkok.

Taiwan menyaksikan badai terakhir pada tahun 2019 yang disebut Topan Bailu yang merenggut satu nyawa.

ss, rm, ns/sms (Reuters, AFP)