April 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

TikTok akan menginvestasikan $1,5 miliar dalam kesepakatan Toko Indonesia dengan GoTo

TikTok akan menginvestasikan $1,5 miliar dalam kesepakatan Toko Indonesia dengan GoTo

(Bloomberg) — TikTok milik Byte Dance Ltd telah setuju untuk menginvestasikan $1,5 miliar dalam usaha patungan dengan GoTo Group di Indonesia, bagian dari kesepakatan yang memungkinkan perusahaan Tiongkok tersebut meluncurkan kembali aplikasi belanjanya di pasar ritel online terbesarnya.

Paling Banyak Dibaca dari Bloomberg

Raksasa media sosial ini akan menggabungkan bisnis TikTok Shop Indonesia dengan unit e-commerce GoTo, Tokopedia, kata perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan pada hari Senin. Di Indonesia, TikTok akan mengakuisisi 75% saham pengendali dalam kombinasi tersebut, yang mengoperasikan fitur belanja di aplikasi media sosial TikTok.

Kesepakatan ini dirancang untuk mengatasi hambatan peraturan dan memungkinkan TikTok memperbarui layanan belanja online di arena ritel terbesar di Asia Tenggara. Pada bulan September, Indonesia mengumumkan peraturan besar-besaran yang memaksa TikTok untuk tidak membayar biaya belanja di negara tersebut – yang mendorong TikTok untuk menutup layanan ritel online-nya saat mereka mendapatkan daya tarik terhadap See Ltd dan GoTo.

Baca Juga: Ambisi E-Commerce TikTok Menimbulkan Reaksi Global

Pemerintah Indonesia, yang berupaya melindungi pesaing lokal, termasuk puluhan ribu perusahaan kecil, telah mengisyaratkan persetujuan atas kesepakatan baru TikTok dan GoTo.

TikTok Shop adalah fitur dengan pertumbuhan tercepat dari Bit Dance yang berbasis di Beijing, yang sedang mencari sumber pendapatan baru di luar layanan media sosial populernya. Perusahaan ini menargetkan pasar belanja online Indonesia yang berjumlah 278 juta orang, yang merupakan contoh ekspansi globalnya dari Amerika hingga Eropa.

TikTok meluncurkan fitur belanja di Indonesia pada tahun 2021 dan kesuksesannya menginspirasi ekspansi ke ritel online di pasar lain, termasuk Amerika Serikat. Tahun ini, TikTok menyatakan akan menginvestasikan miliaran dolar di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara yang lebih luas.

READ  Pameran pertunjukan audiovisual Tiongkok terbaik dibuka di Indonesia

Bagi GoTo, perusahaan internet terbesar di Indonesia, kesepakatan dengan TikTok bisa berisiko karena akan membantu pesaing ritel online terbesarnya untuk terus beroperasi di negara tersebut. Namun hal ini memberikan GoTo mitra media sosial global yang kuat dalam sebuah perjanjian yang dapat meningkatkan volume belanja dan pembayaran bagi kedua perusahaan.

CEO Patrick Valujo, yang mengambil alih pada bulan Juni, mencoba mengembalikan profitabilitas GoTo berdasarkan penyesuaian pada akhir tahun untuk menunjukkan profitabilitas jangka panjang perusahaan ride-hailing dan e-commerce tersebut. Mitra pengelola Grup Northstar melanjutkan kampanyenya untuk mengurangi kerugian dengan memangkas lapangan kerja, mengurangi promosi, dan memperketat pengendalian biaya.

Indonesia adalah salah satu negara pertama di Asia Tenggara yang melakukan perlawanan terhadap TikTok. Menyusul pembatasan yang dilakukan Indonesia, negara tetangga Malaysia mengatakan pihaknya sedang menjajaki kemungkinan meregulasi TikTok dan operasi e-commerce-nya. Raksasa media sosial ini sudah menghadapi potensi sanksi dan pengawasan di negara-negara seperti AS, Eropa, dan India karena masalah keamanan nasional.

Paling banyak dibaca dari Bloomberg Businessweek

©2023Bloomberg LP