Februari 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Temukan telur hitam misterius yang tersembunyi jauh di dalam lautan

Temukan telur hitam misterius yang tersembunyi jauh di dalam lautan

Ditulis oleh Brian Myers | diterbitkan

Para peneliti di Jepang baru-baru ini menemukan jumlah yang tidak biasa dari salah satu kedalaman laut yang paling gelap. Telur berwarna hitam, yang dilaporkan dihasilkan oleh cacing pipih, diambil dari Palung Kuril-Komchatka di Pacific Northwest. Telur dan makhluk yang bertelur adalah salah satu dari sekian banyak bentuk kehidupan laut misterius yang telah berevolusi dan hidup di kedalaman lebih dari 20.000 kaki di bawah permukaan laut.

Kredit: Publikasi Royal Society

Tim peneliti yang terampil menarik telur hitam dari kedalaman keruh dan menggunakan kendaraan pengambilan yang dikendalikan dari jarak jauh. Pada kedalaman yang menakjubkan, mereka menemukan telur-telur tersebut menempel pada pecahan batu, dan berhasil mengeluarkannya dan mengekstraksinya. Keiichi Kakuei, seorang peneliti di Universitas Hokkaido, sama sekali tidak yakin dengan apa yang ditemukan tim tersebut, namun dia terkejut mengetahui apa yang terkandung dalam telur hitam legam tersebut.

Telur hitam mengandung embrio cacing pipih dalam jumlah besar.

Analisis DNA telur hitam segera memberi para peneliti penemuan yang tidak terduga. Di dalam kapsul kecil itu terdapat embrio cacing pipih dengan berbagai tahap perkembangan. Anehnya, ini adalah pertama kalinya telur-telur ini ditemukan di kedalaman ini, melampaui kedalaman 17.000 yang sebelumnya mereka temukan untuk bertahan hidup.

Meskipun penemuan telur hitam sebenarnya mengejutkan para peneliti Jepang, namun seharusnya tidak terlalu mengejutkan jika para ilmuwan menemukan spesies yang hidup di wilayah yang sebelumnya tidak diketahui.

Saat telur dibuka dengan hati-hati, cairan putih susu merembes dari dalam. Setiap telur mengandung banyak embrio cacing pipih, berkisar antara tiga hingga tujuh per spesimen yang dibedah. Jumlah yang cukup mengesankan, mengingat telur hitam hanya berdiameter sekitar sepersepuluh inci.

READ  Fisikawan dari Massachusetts Institute of Technology mengubah pensil menjadi "emas" elektronik.
Cacing pipih laut

Yang lebih mengejutkan lagi adalah apa yang terungkap dari analisis DNA. Cacing pipih ini berkerabat dekat dengan cacing yang kita temukan setiap hari di Bumi. Para ilmuwan percaya bahwa cacing pipih yang hidup di perairan dangkal mungkin telah berpindah dari waktu ke waktu ke perairan yang lebih dalam, yang pada akhirnya membuka jalan bagi spesies yang ditemukan oleh para peneliti dari kedalaman yang luar biasa.

Para peneliti menemukan telur hitam tersebut berada ribuan kaki di bawah batas yang mereka duga sebagai cacing pipih.

Misteri bagian terdalam lautan perlahan-lahan terpecahkan, meskipun para ilmuwan mengakui bahwa apa yang diketahui saat ini masih jauh dari pemahaman tentang segala sesuatu yang ada di dalam jurang. Meskipun penemuan telur hitam mengejutkan para peneliti Jepang, seharusnya tidak terlalu mengejutkan jika para ilmuwan menemukan spesies yang hidup di wilayah yang sebelumnya tidak diketahui.

Jenis lain dari cacing pipih laut

Di kalangan ilmuwan kelautan diyakini secara luas bahwa mungkin terdapat hingga dua juta spesies kehidupan berbeda di perairan asin yang menutupi sebagian besar permukaan bumi. Saat ini, ilmu pengetahuan hanya mengidentifikasi sekitar 250.000 di antaranya. Mempelajari cacing pipih dan telur hitamnya menunjukkan betapa banyak yang perlu dipelajari tentang kedalaman lautan.

Spesies yang baru teridentifikasi dari dasar lautan terdalam tidak hanya terbatas pada telur cacing pipih kecil, krustasea kecil, dan berbagai amuba. Cumi-cumi raksasa pernah dianggap hanya khayalan para pelaut hingga monster laut raksasa tersebut berhasil ditangkap. Pada tahun 2021, ilmuwan Jepang berhasil mengidentifikasi ikan smoothhead seberat 55 pon yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Ikan besar itu diberi nama “Yokozuna”, diambil dari nama peringkat tertinggi dalam gulat sumo.

READ  Tabrakan asteroid menggerakkan kutub utara dan selatan bulan sekitar 186 mil selama periode 4,25 miliar tahun.

sumber: Surat Biologi Royal Society