Juli 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Teleskop Luar Angkasa Hubble menemukan lubang hitam supermasif terdekat dengan Bumi – bukti kosmik yang membeku dalam waktu

Teleskop Luar Angkasa Hubble menemukan lubang hitam supermasif terdekat dengan Bumi – bukti kosmik yang membeku dalam waktu

Dengan menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble, para astronom telah menemukan lubang hitam supermasif terdekat dengan Bumi, sebuah raksasa kosmik yang “membeku dalam waktu”.

Sebagai contoh “lubang hitam bermassa menengah” yang sulit dideteksi, objek ini mungkin merupakan mata rantai yang hilang dalam memahami hubungan antara massa bintang dan lubang hitam supermasif. Tampaknya lubang hitam tersebut memiliki massa sekitar 8.200 massa Matahari, yang membuatnya jauh lebih masif dibandingkan lubang hitam bermassa bintang, yang massanya berkisar antara 5 hingga 100 kali massa Matahari, dan jauh lebih masif dibandingkan lubang hitam supermasif. , yang memiliki massa jutaan hingga miliaran massa Matahari. Lubang hitam bermassa bintang terdekat yang ditemukan para ilmuwan disebut Gaia-BH1, dan terletak hanya 1.560 tahun cahaya dari kita.

Di sisi lain, lubang hitam bermassa menengah yang baru ditemukan terletak di gugus menakjubkan yang terdiri dari sekitar sepuluh juta bintang yang disebut Omega Centauri, yang terletak sekitar 18 ribu tahun cahaya dari Bumi.

(Kredit gambar: ESA/Hubble/NASA/M. Haberle (MPIA))

Menariknya, fakta bahwa lubang hitam “beku” tampaknya telah berhenti tumbuh mendukung gagasan bahwa Omega Centauri adalah sisa-sisa galaksi kuno yang dimakan oleh galaksi kita.