April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Survei Bank Indonesia memprediksi bisnis yang kuat di Q1 2023

Survei Bank Indonesia memprediksi bisnis yang kuat di Q1 2023

Tempo.co, Jakarta Survei Bisnis Triwulan IV Bank Indonesia (BI) mengindikasikan bahwa kinerja operasional bisnis tidak hanya akan tetap kuat, tetapi juga akan membaik pada triwulan I tahun 2023.

“Hal ini tercermin dari nilai saldo bersih tertimbang (SBT) sebesar 10,27 persen. Meski lebih rendah dari SBT Triwulan III 2022 sebesar 13,89 persen,” kata Direktur Eksekutif Komunikasi Bank Indonesia Erwin Hariono dalam keterangannya. Jumat, 13 Januari 2023.

Nilai SNB positif tercatat dari semua sektor kecuali pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan.

Kegiatan usaha yang terus membaik pada triwulan IV 2022 didorong oleh tingginya pertumbuhan sektor tersier, khususnya sektor jasa dan sektor pengangkutan dan komunikasi. Kondisi tersebut sejalan dengan meningkatnya permintaan pada saat hari libur nasional.

Persentase utilisasi kapasitas produksi pada triwulan IV 2022 tercatat sebesar 70,94 persen. Angka tersebut mengalami penurunan dibandingkan triwulan III 2022 yang dilaporkan sebesar 73,67 persen. Penggunaan tenaga kerja juga menunjukkan penurunan.

Sementara itu, aspek keuangan bisnis seperti likuiditas dan profitabilitas mengalami perbaikan, serta akses pembiayaan yang lebih mudah.

Antara

Klik di sini untuk mendapatkan update berita Tempo terbaru di Google News

READ  Prospek Peningkatan Hubungan Indonesia-Israel - OPET - Eurasia Review