Juni 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Starlink diluncurkan di Indonesia, memanfaatkan pasar Internet yang sedang berkembang

Starlink diluncurkan di Indonesia, memanfaatkan pasar Internet yang sedang berkembang

Starlink SpaceX telah meluncurkan layanan internetnya di Indonesia, yang bertujuan untuk meningkatkan akses internet ke nusantara yang luas.

Layanan ini sedang diuji di sektor kesehatan dengan memungkinkan para profesional kesehatan memasukkan data real-time untuk membantu mengatasi tantangan seperti stunting dan malnutrisi. Saat ini terdapat sekitar 10.000 klinik kesehatan di seluruh negeri, namun sekitar 2.700 tidak terlayani oleh penyedia Internet lokal.

Starlink telah mendapat persetujuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia untuk beroperasi sebagai penyedia layanan internet bagi pelanggan ritel. Namun, pemerintah Indonesia akan fokus pada perluasan layanan ke daerah-daerah tertinggal di negara ini.

Starlink menggunakan konstelasi satelit orbit rendah Bumi untuk menyediakan Internet berkecepatan tinggi dengan latensi rendah. Tidak seperti Internet satelit tradisional, yang mengandalkan satelit geospasial yang mengorbit di ketinggian, satelit Starling mengorbit lebih dekat ke Bumi, sehingga secara signifikan mengurangi latensi dan meningkatkan kecepatan.

Indonesia merupakan negara ketiga tempat Starlink beroperasi di Asia Tenggara, setelah Malaysia dan Filipina.

Ekonomi internet terbesar di Indonesia

Dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia. Pada tahun 2023, terdapat sekitar 212 juta pengguna Internet, yang mewakili tingkat penetrasi sebesar 76 persen.

90 persen pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui ponsel pintar.

Selain itu, infrastruktur lokal juga terus membaik. Pada akhir tahun 2019, pemerintah mengumumkan penyelesaian proyek Balaba Ring, sebuah proyek infrastruktur prioritas yang bertujuan untuk menyediakan akses layanan internet 4G ke lebih dari 500 kabupaten di seluruh negeri. Proyek ini diperkirakan menelan biaya US$1,5 miliar dan terdiri dari 35.000 km (21.747 mil) kabel serat optik bawah laut dan 21.000 km (13.000 mil) kabel darat, yang membentang dari kota paling barat di Indonesia, Sabang hingga kota timur Meraranmo. . Selain itu, kabel melintasi setiap distrik dari pulau Myanacas di utara hingga pulau Rhode Island di selatan.

READ  Tiga orang mencalonkan diri sebagai presiden Indonesia

Rencana awal untuk meningkatkan konektivitas antar pulau di Indonesia dimulai pada awal tahun 1998; Namun, rencana ini dibatalkan karena krisis keuangan Asia pada tahun itu.

Proyek ini dibagi menjadi tiga bagian: Barat, Tengah dan Timur. Bagian barat selesai pada bulan Maret 2018 dan bagian tengah dan timur masing-masing selesai pada awal dan akhir tahun 2019. Pemerintah berencana memasang lebih dari 4.000 Base Transceiver Station (BTS) di daerah paling terpencil untuk lebih meningkatkan jangkauan internet.

Melalui Balaba Ring, pemerintah memfasilitasi kapasitas jaringan hingga 100 Gbps bahkan di wilayah paling terpencil di Tanah Air.

Peluang Ekonomi Digital Indonesia

Starlink memasuki pasar yang memiliki jumlah pengguna internet terbesar dan ekonomi digital paling kuat di kawasan ini. Perekonomian digital Indonesia merupakan perekonomian dengan pertumbuhan tercepat dan paling dinamis di Asia Tenggara, didorong oleh besarnya populasi generasi muda, peningkatan penetrasi internet, dan pertumbuhan kelas menengah.

Laporan e-ekonomi yang disusun oleh Google, Bains & Company, dan Temasek memperkirakan ekonomi digital Indonesia akan memiliki nilai bisnis bruto (GMV) sebesar US$109 miliar pada tahun 2025, dan meningkat menjadi US$210-US$360 miliar pada tahun 2030. Hal ini sebagian besar akan didorong oleh sektor e-commerce, yang diperkirakan memiliki GMV sebesar USD 82 miliar pada tahun 2025 dan meningkat menjadi USD 160 miliar pada tahun 2030.

Hal ini diikuti oleh perjalanan online dan media online, yang diperkirakan memiliki GMV sebesar USD 15 miliar pada tahun 2030.

tentang kami

Disiapkan oleh Pengarahan ASEAN Desan Shira & Rekan. Perusahaan ini melayani investor asing di seluruh Asia dan memiliki kantor di seluruh ASEAN Singapura, Hanoi, Kota Ho Chi MinhDan Da Nang Selain itu, di Vietnam Jakarta, di Indonesia. Kami juga memiliki perusahaan mitra MalaysiaItu FilipinaDan Thailand Serta praktik kami Cina Dan India. Silakan hubungi kami di [email protected] atau kunjungi situs web kami www.dezshira.com.