April 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Spesies laut dalam memiliki mata putih seperti hantu

Spesies laut dalam memiliki mata putih seperti hantu

Hiu kucing jahat, spesies laut dalam, telah ditemukan di lepas pantai Australia.
Koleksi Ikan Nasional Australia CSIRO

  • Spesies baru yang disebut catshark devil telah ditemukan di lepas pantai Australia.
  • Hiu adalah yang pertama dari jenisnya, memiliki mata hantu putih dan kemungkinan merupakan pemburu oportunistik.
  • Seorang peneliti pada penemuan tersebut mengatakan kepada Insider bahwa mereka melacak kantung telur berusia 40 tahun untuk mengidentifikasi hiu tersebut.

Setelah 40 tahun mencari, para peneliti di CSIRO Australian National Fish Collection akhirnya menemukan makhluk misterius yang meninggalkan kantung telur unik di perairan dalam lepas pantai negara tersebut, dan menemukan spesies baru dalam prosesnya.

Masukkan: hiu kucing, atau apristurus ovicorrugatus. Hanya satu spesimen hiu samudera muda ini yang pernah ditemukan, yang terkenal karena matanya yang putih cerah, kulit gelapnya yang halus, dan kantung telurnya yang bertekstur unik.

Untungnya, spesimen itu adalah betina, dengan panjang sekitar 47 cm, dengan kantung telur utuh. Itu memungkinkan para peneliti untuk secara positif mencocokkan spesies tersebut dengan kista misterius yang telah menjangkiti mereka selama beberapa dekade. Will White, kepala peneliti ANFC yang memimpin tim yang membuat penemuan tersebut, mengatakan kepada Insider bahwa mereka segera menyadari bahwa mereka telah menemukan potongan baru dalam “teka-teki gambar dengan 100 potongan lainnya hilang”.

Kantung telur hiu kucing yang unik.
Koleksi Ikan Nasional Australia CSIRO

White mengatakan kepada Insider bahwa tim tersebut bekerja mundur untuk mengidentifikasi hiu kucing berdasarkan tas yang ditemukan di lepas pantai Australia dan dikatalogkan 40 tahun lalu oleh National Fish Collection, menelusuri kemungkinan lokasi pembiakan hiu sampai mereka menangkap spesimen hidup dari jenis baru tersebut.

READ  Bakteri dapat menggunakan sampah plastik sebagai sumber makanan, dan ternyata tidak sebagus kedengarannya: ScienceAlert

“Spesies khusus ini memiliki pupil hitam, dan kemudian memiliki iris putih cerah di sekitarnya yang sangat menonjol bagi hiu laut dalam, yang biasanya memiliki mata sangat gelap, hijau tua atau mata hampir hitam,” kata White kepada Insider.

Pada awalnya, kelompok penelitian White mengira mereka telah menemukan spesies yang dikenal yang cocok dengan deskripsi serupa yang juga memiliki iris putih tetapi memutuskan bahwa setan hiu kucing itu unik secara genetik.

“Ini hampir seperti lengan evolusi yang berbeda dalam kelompok hiu ini – dan kami tidak benar-benar tahu mengapa mereka memiliki iris putih ini,” kata White. “Itu bisa jadi sesuatu tentang menarik mangsa atau semacamnya. Kami tidak begitu tahu.”

White mengatakan, belum banyak yang diketahui tentang hiu kucing jenis ini. Dia mencatat, bagaimanapun, bahwa ia berenang di kedalaman yang sedikit lebih dangkal daripada hiu lainnya – sekitar 1.000 meter, kemungkinan besar di sepanjang garis pantai bawah air kuno. Seperti kucing lainnya, White berharap menjadi pemburu oportunistik, memangsa berbagai krustasea dan ikan saat mereka lewat.

Secara keseluruhan, hiu kucing termasuk spesies hiu yang lebih kecil, rata-rata panjangnya kurang dari dua setengah kaki, menurut Program tvItu ditemukan di perairan laut yang hangat. Mereka memiliki antara 40 dan 110 baris gigi berduri, dan sebagai karnivora yang bergerak lambat, mereka cenderung memakan ikan kecil dan invertebrata seperti gurita dan cumi-cumi.

Kantung telur unik hiu kucing yang menempel pada sebongkah karang.
Koleksi Ikan Nasional Australia CSIRO

Sementara nama Latin hiu adalah penghargaan untuk kantung telurnya yang bergelombang, nama sehari-harinya mengacu pada kulitnya yang gelap dan matanya yang menghantui — kamuflase yang sempurna untuk menyelinap ke mangsa yang tidak menaruh curiga di perairan yang dalam dan gelap.

READ  Para ilmuwan mengidentifikasi superkonduktor 'tidak konvensional' pertama di dunia yang ditemukan di alam: ScienceAlert

“Di perairan yang lebih dalam, akan terlihat seperti makhluk seperti hantu yang berenang dengan sangat tenang di dalam air,” kata White kepada Insider. “Aku bisa membayangkan, jika kamu adalah mangsa yang lebih kecil di sana, kamu akan terlihat seperti iblis yang datang untuk membawamu.”

Identifikasi setan hiu kucing adalah penemuan penting bagi ahli taksonomi kelautan. White mengatakan penemuan itu menyoroti betapa sedikitnya yang diketahui tentang keanekaragaman hayati laut.

“Kamu tahu, hiu dan pari, mereka adalah hewan besar dibandingkan dengan kebanyakan kelompok lain, dan banyak orang menganggap kita tahu segalanya tentang semua hiu dan pari, misalnya, ketika kita masih menemukan spesies baru setiap tahun,” White dikatakan. “Dan jika Anda mengikuti rantai itu dari sana, begitu Anda mendapatkan ikan yang lebih kecil, ada banyak dari mereka. Dan begitu Anda mulai melihat invertebrata dan krustasea dan moluska – ada banyak hal yang tidak kami mengerti.”