Januari 31, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

SpaceX telah sepenuhnya menimbun roket Starship untuk pertama kalinya dalam enam bulan

SpaceX telah sepenuhnya menimbun roket Starship untuk pertama kalinya dalam enam bulan

Untuk pertama kalinya dalam lebih dari enam bulan, SpaceX telah menyusun dua tahap roket Starship generasi berikutnya, menciptakan kendaraan peluncuran rakitan terbesar dan paling kuat yang pernah ada.

Ini bukan pertama kalinya. SpaceX telah melakukan tiga demo Starship lagi: sekali pada Agustus 2021 dan sekali lagi pada Februari dan Maret 2022. Namun awal tahun ini, SpaceX (atau setidaknya CEO Elon Musk) memutuskan untuk menjatuhkan tahap atas prototipe penguat Starship dan Super Heavy yang mendukung ketiga tes sebelumnya dan, pada satu titik, dianggap sebagai kandidat untuk upaya peluncuran orbital pertama roket. Booster 4 dan Kapal 20 dikirim ke halaman pensiun pada Juni 2022.

Pada saat itu, SpaceX telah mulai menguji favorit baru untuk peluncuran orbit Starship untuk pertama kalinya: Super Heavy Booster 7 (B7) dan Starship 24 (S24). Hampir enam bulan memasuki periode pengujian yang sibuk itu, kedua model baru-baru ini mencapai titik di mana SpaceX cukup percaya diri dalam kemajuan mereka untuk menggabungkan keduanya dalam fase pengujian pesawat ruang angkasa yang paling menantang hingga saat ini.

Setelah upaya fajar yang dibatalkan pada 11 Oktober, teknisi SpaceX menemukan beberapa kekusutan misterius dalam infrastruktur kritis di landasan peluncuran orbital pertama Starship (hampir) di Boca Chica, Texas. Sebagai bagian dari pertaruhan kereta kuda oleh CEO Elon Musk yang membuat SpaceX benar-benar menghapus semua model superheavy dan pesawat ruang angkasa modern di semoga Bahwa suatu hari nanti akan dapat mengambil tahap rudal seukuran bangunan dari udara, perusahaan telah membangun menara peluncuran 145 meter (~ 475 kaki) dan dilengkapi dengan tiga lengan robot raksasa. Dua dari lengan ini identik dan melekat satu sama lain, membentuk semacam cakar yang suatu hari nanti bisa mendekati roket terbang untuk mencegah kebutuhan akan kaki pendaratan. Lengan ketiga yang lebih sederhana berayun masuk dan keluar untuk menghubungkan panggung atas Starship untuk meluncurkan daya pad, bahan bakar, dan pasokan gas.

“Sumpit,” demikian sebutan mereka, memiliki tujuan lain yang lebih penting: merakit roket pesawat ruang angkasa di landasan peluncuran. Berkat koneksi kuat mereka ke menara dengan fondasi yang tenggelam jauh di lahan basah Boca Chica dan desain yang mengabaikan kait gantung atau jig untuk lengan raksasa, mereka kurang sensitif terhadap angin daripada derek besar yang diperlukan untuk menumpuk kapal luar angkasa. atas super berat. Duduk sepelemparan batu dari Teluk Meksiko, badai dan angin kencang bukanlah hal yang tidak biasa.

Menjelang matahari terbenam pada 11 Oktober, SpaceX lebih beruntung pada upaya ketiganya dan mampu menggeser boom ke tempatnya di bawah tanggal 24. Beratnya 100 ton atau lebih (sekitar 220.000 pon) dan lebar sembilan meter (sekitar 30 kaki) dan ~ Panjang 50 m (~165 kaki), pesawat ruang angkasa itu perlahan diangkat sekitar 80 m (~250 kaki) dari tanah, diterjemahkan ke Booster 7, dan diturunkan di atas tahap pertama setinggi 69 m (~225 kaki). Setelah sekitar dua jam penyesuaian otomatis posisi mereka, dua tahap pesawat ruang angkasa akhirnya diamankan bersama. Dengan lengan yang masih menempel di Kapal 24, pekerja SpaceX dapat mendekati roket dan bersiap untuk memasangkan tali pusar lengan ayun ke Starship.

Kapal 24 dan Booster 7 telah menyelesaikan beberapa tes besar sejauh ini. (SpasiX)

Sejak mereka memulai pengujian kualifikasi pada bulan April dan Mei 2022, Booster 7 dan Ship 24 telah menyelesaikan beberapa tes bukti cairan pendingin, delapan “putaran pertama” untuk beberapa atau semua mesin Raptor mereka, dan beberapa kebakaran statis untuk mesin yang sama. Perkembangan terbaru, Kapal 24 menyala semua 6 RaptorsTetapi tes yang tampaknya berhasil pada 8 September diikuti oleh lebih dari sebulan perbaikan nyata. Booster 7 akhirnya menyelesaikan nyala api yang stabil Mencetak tujuh dari 33 mesin Raptor Memberikan gambaran tentang berapa banyak yang masih harus dilakukan SpaceX untuk menyelesaikan tes Super Heavy.

Menurut CEO Elon Musk, Booster 7 dan Ship 24 akan mencoba full wet dress rehearsal (WDR) pertama Starship setelah semuanya baik-baik saja. Prototipe akan dimuat secara bersamaan dengan sekitar 5.000 ton (~ 11 juta pon) oksigen cair dan bahan bakar metana dan kemudian ditenagai melalui hitungan mundur untuk diluncurkan. Jarak tepat sebelum penyalaan dan lepas landas, WDR dimaksudkan untuk kurang lebih identik dengan upaya peluncuran.

Jika percobaan pelatihan pakaian selam berjalan sesuai rencana, SpaceX secara bersamaan akan mencoba menyalakan semua 33 mesin Raptor yang dipasang di Super Heavy B7, menjadikannya roket cair paling kuat yang pernah diuji. Bahkan jika semua 33 mesin tidak mencapai lebih dari 60% dari daya dorong maksimum 230 ton (~510.000 lbf), kemungkinan akan memecahkan rekor rudal N-1 Soviet dengan daya dorong 4.500 ton (~10M lbf) di Permukaan laut. Ini juga akan menjadi mesin roket yang paling menyala secara bersamaan dalam satu kendaraan. SpaceX akan mendorong amplop melalui beberapa tindakan, dan kesuksesan masih jauh dari jaminan.

Tidak jelas apakah SpaceX akan segera mencoba latihan penuh atau baku tembak statis dengan 33 mesin. Berdasarkan sejarah pengujian Kapal 24 dan Booster 7, akan menjadi penyimpangan dari norma jika perusahaan tidak perlahan-lahan maju ke kedua tonggak utama dengan tes yang lebih kecil sementara itu. Setidaknya, dengan asumsi tes WDR selesai tanpa banyak masalah, ada kemungkinan SpaceX akan mencoba setidaknya satu atau lebih kebakaran statis sementara menggunakan kurang dari 33 mesin sebelum mencoba tes penuh pertama.

Jika kedua fase (peluncuran WDR penuh dan 33 drive statis) diselesaikan tanpa banyak masalah, ada kemungkinan SpaceX akan langsung beralih ke persiapan untuk Upaya peluncuran orbital pertama Starship tanpa membongkar rudal. Dalam skenario yang paling mungkin itu beberapa Masalah muncul dan beberapa Perbaikan diperlukan, trek akan lebih berliku-liku tetapi masih harus diakhiri dengan upaya peluncuran orbital akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Mesin 33 Raptor V2 Booster 7. (SpasiX)
Tumpukan bintang ketiga yang berhasil untuk Mechazilla. (SpasiX)

SpaceX telah sepenuhnya menimbun roket Starship untuk pertama kalinya dalam enam bulan






READ  Debu atmosfer mungkin menutupi tingkat sebenarnya dari pemanasan global Krisis iklim