April 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

SpaceX akan meluncurkan misi Falcon 9 Starlink pertama yang direncanakan berturut-turut – Spaceflight Now

SpaceX akan meluncurkan misi Falcon 9 Starlink pertama yang direncanakan berturut-turut – Spaceflight Now
Roket Falcon 9 tiba di Launch Pad 39A pada Minggu, 28 Januari 2024, menjelang misi pengiriman Starlink yang direncanakan. Gambar: Penerbangan Luar Angkasa Sekarang.

Pembaruan 16:20: SpaceX telah menunda rencana tanggal peluncuran misi Starlink 6-38.

SpaceX bersiap menghadapi minggu yang sibuk untuk menutup bulan Januari. Dua penerbangan Starlink dijadwalkan akan dimulai saat perusahaan bersiap meluncurkan pesawat ruang angkasa Northrop Grumman Cygnus ke Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk pertama kalinya.

Yang pertama adalah misi Starlink 6-38, yang akan mengirim 23 satelit tambahan ke orbit rendah Bumi. Roket Falcon 9 yang mendukung misi ini dijadwalkan diluncurkan pada Minggu, 28 Januari pukul 19.21 EDT (0021 UTC).

Spaceflight Now akan memiliki liputan langsung mulai sekitar satu jam sebelum lepas landas.

SpaceX meminta Launch Complex 39A di Kennedy Space Center NASA untuk meluncurkan misi ini. Ini akan menjadi peluncuran roket Falcon ke-74 dari landasan ini (termasuk sembilan roket Falcon Heavy) dan peluncuran ke-167 secara keseluruhan.

Booster tahap pertama yang mendukung misi ini, bernomor B1062, akan melakukan penerbangan ke-18, setelah melakukan penerbangan terakhirnya pada akhir November. Sebelumnya telah mendukung dua peluncuran berawak, sepasang satelit GPS, dan 10 peluncuran Starlink hingga saat ini.

Sekitar 8,5 menit setelah lepas landas, B1062 akan mendarat di drone, “A Shortfall of Gravitas.” Ini akan menjadi pendaratan booster ke-58 di kapal ini dan pendaratan keseluruhan booster tahap pertama Falcon 9 yang ke-267.

Dengan asumsi peluncuran hari Minggu berhasil, berikut adalah statistik terbarunya:

  • Peluncuran dan pendaratan ke-18 B1062
  • Peluncuran ke-74 SpaceX dari LC-39A
  • Peluncuran orbital ke-167 LC-39A
  • Peluncuran 293 roket Falcon 9
  • Mendarat #58 di ASOG
  • Pendaratan booster Falcon 9 penerbangan 267
  • Peluncuran orbit keenam dari Florida pada tahun 2024
  • Peluncuran kedelapan SpaceX pada tahun 2024
  • Peluncuran orbit ke-19 pada tahun 2024
READ  Pertemuan dekat dengan bulan misterius

Suatu tindakan juggling

Dengan asumsi peluncuran misi Starlink 6-38 berhasil pada Minggu malam, kurang dari empat jam kemudian akan diikuti oleh penerbangan Falcon 9 lainnya: Starlink 7-12 dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg.

Misi ini menargetkan lepas landas pada pukul 18:16 PST (21:16 EDT, 0216 UTC) dari Space Launch Complex 4 East (SLC-4E). Ini akan menambah 22 Starlink lagi ke konstelasi di LEO.

Sementara kedua misi tersebut sedang berlangsung, SpaceX, NASA dan Northrop Grumman sedang mengerjakan persiapan akhir untuk peluncuran NG-20, misi pasokan kargo terbaru ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Pesawat ruang angkasa Cygnus pertama kali dikemas dalam antarmuka muatan Falcon 9. Gambar: SpaceX

Ini akan menjadi pertama kalinya SpaceX meluncurkan pesawat luar angkasa Cygnus. Ini adalah misi pertama dari tiga misi yang direncanakan saat Northrop Grumman dan Firefly Aerospace terus mengerjakan roket gabungan yang diberi nama Antares 330.

Penerbangan kargo ini dijadwalkan diluncurkan dari SLC-40 di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida.

Di tengah semua ini, SpaceX juga terus mendukung misi astronotnya sendiri, Ax-3, yang kira-kira setengah dari misi dua minggunya di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Keempat astronot tersebut, dipimpin oleh Michael Lopez-Alegría, dijadwalkan untuk menaiki pesawat ruang angkasa Dragon mereka dan kembali ke Bumi akhir pekan depan, jika cuaca memungkinkan.