Juli 6, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Shanghai rayakan pencapaian COVID, Beijing di ambang

Shanghai rayakan pencapaian COVID, Beijing di ambang
  • Shanghai melaporkan tidak ada kasus COVID di luar area karantina
  • Beijing dalam siaga tinggi, bersiap untuk lebih banyak pembatasan
  • Terobosan itu akan menjadi kemenangan bagi Xi di tahun yang krusial
  • Infeksi menurun saat China memulai liburan Hari Buruh

SHANGHAI/BEIJING (Reuters) – Shanghai mengatakan pada Sabtu bahwa pihaknya tidak menemukan kasus baru COVID-19 setiap hari di luar area karantina, menandai tonggak sejarah dalam pertempurannya untuk menahan virus yang telah melumpuhkan kota dan melumpuhkan 25 juta orang. Di ibukota, Beijing, di tepi jurang.

Jalan-jalan di Beijing sangat sepi pada awal liburan lima hari May Day, karena penduduk khawatir bahwa pihak berwenang akan memberlakukan lebih banyak pembatasan selama liburan ketika banyak orang akan bepergian atau bersosialisasi.

“Anda melihat kota yang dulunya ramai dan sekarang kosong. Anda bertanya-tanya bagaimana orang-orang ini bisa bertahan hidup,” kata Li, 35, yang bekerja di sektor keuangan di Beijing, sambil berlinang air mata.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Di ibukota komersial timur Shanghai, pemandangan rumah dan bangunan yang dikelilingi pagar untuk mencegah penduduk pergi telah menjadi berita utama pada saat sebagian besar negara lain di dunia sedang belajar untuk hidup dengan COVID.

China mempertahankan kebijakan bebas COVID yang bertujuan membasmi penyakit, yang menyebabkan frustrasi, terutama di Shanghai, di mana banyak penduduk telah dikurung selama lebih dari sebulan. Beberapa, berjuang untuk menemukan makanan dan kebutuhan sehari-hari lainnya, telah menunjukkan oposisi publik yang jarang terhadap kontrol pemerintah yang ketat.

Namun, jika kampanye Zero Tolerance berhasil, itu akan menjadi kemenangan bagi pendekatan Presiden Xi Jinping di tahun di mana ia diharapkan untuk mengamankan masa jabatan ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya.

READ  Britney Greiner muncul di sidang pendahuluan di tengah penangkapan 'melanggar hukum' di Rusia

Pejabat Shanghai tidak membahas gangguan penularan COVID pada konferensi pers harian mereka, tetapi media sosial bersukacita atas berita itu.

Sebuah posting di Weibo mengatakan, “Shanghai akhirnya mencapai tingkat komunitas nol!!! Saya harap Shanghai bangun secepat mungkin!!”.

Dan nol kasus tercatat pada hari Jumat di luar area karantina di Shanghai, dibandingkan dengan 108 kasus pada hari Kamis. Namun, beberapa mengecilkan pentingnya pencapaian ini, mencatat bahwa sebagian besar penduduk kota telah dikarantina.

Pada hari Sabtu, otoritas kesehatan mengatakan ada hampir 16.000 area tertutup di Shanghai, dengan lebih dari 4 juta orang dilarang meninggalkan rumah mereka. 5,4 juta orang lainnya dicegah meninggalkan kompleks mereka.

Dalam praktiknya, banyak warga yang masih berada di zona pencegahan risiko rendah masih dilarang meninggalkan kompleks mereka.

“Saat ini, pengendalian dan pencegahan epidemi di kota itu masih dalam kondisi kritis, dan orang-orang masih perlu memperkuat kontrol,” kata Zhao Dandan, wakil direktur Komisi Kesehatan Shanghai.

Perjuangan untuk mengekang varian Omicron yang sangat portabel di Shanghai telah menimbulkan biaya tinggi bagi perekonomian, dengan rantai logistik dibingungkan oleh pembatasan.

Aktivitas pabrik di China pada bulan April mengalami kontraksi pada tingkat tercepat dalam 26 bulan ke level terendah sejak bulan-bulan awal epidemi, yang pertama kali terdeteksi di China tengah, karena penutupan menghentikan produksi industri dan mengganggu rantai pasokan. Data yang dirilis pada hari Sabtu menimbulkan kekhawatiran perlambatan tajam pada kuartal kedua yang akan membebani pertumbuhan global. Baca lebih banyak

Pejabat Shanghai, yang mengatakan mereka ingin pabrik kembali bekerja, mengatakan lebih dari 80% dari 666 perusahaan prioritas telah memulai kembali produksi dan mereka telah menyusun daftar kedua dari 1.188 perusahaan.

READ  Perang Ukraina-Rusia: Berita Terbaru - The New York Times

Infeksi surut ketika China memasuki liburan May Day, yang berlangsung hingga Rabu, yang secara tradisional merupakan salah satu musim turis tersibuk. Baca lebih banyak

Beberapa pengamat mengatakan pihak berwenang kurang ketat dalam membuat orang diuji dalam beberapa hari terakhir. Namun pemerintah setempat di Beijing mengatakan warga harus memberikan hasil tes DNA sebelum pergi ke tempat umum atau menggunakan transportasi umum, berlaku setelah libur lebaran.

Taman hiburan dan tempat hiburan di ibu kota hanya boleh beroperasi dengan kapasitas setengahnya selama liburan Hari Buruh dengan reservasi terlebih dahulu.

Beijing juga akan melakukan dua putaran tes COVID pada 1 Mei dan 3 Mei di Distrik Chaoyang yang lebih padat penduduknya, yang terkenal dengan kehidupan malam, pusat perbelanjaan, dan kedutaannya.

Seorang pejabat dari kantor perdagangan setempat mengatakan kota itu akan menghentikan semua restoran antara 1-4 Mei, menyerukan penduduk untuk “memasak di rumah.”

Para pejabat tidak memberikan jadwal atau strategi untuk kembali ke keadaan normal.

Nomura memperkirakan bahwa 46 kota berada dalam penguncian penuh atau sebagian, mempengaruhi 343 juta orang. Société Générale memperkirakan bahwa provinsi dengan pembatasan yang signifikan menyumbang 80% dari output ekonomi China.

China akan meningkatkan dukungan politiknya untuk ekonomi dalam menanggapi wabah virus corona dan hambatan lainnya, kata badan pembuat keputusan utama Partai Komunis pada hari Jumat, mengangkat saham dari posisi terendah dua tahun. Baca lebih banyak

Shanghai mencatat 47 kematian akibat COVID-19 pada hari Jumat, turun dari 52 hari sebelumnya. Beberapa orang mempertanyakan tingkat kematian, dengan banyak penduduk mengatakan kerabat atau teman meninggal setelah tertular virus corona pada awal Maret.

Beijing telah melaporkan 295 kasus baru COVID-19 sejak 22 April, 123 di antaranya ditemukan di Distrik Chaoyang, kata otoritas kesehatan setempat.

READ  Mengapa beberapa pemimpin dunia mempertimbangkan untuk menghapus Rusia dari sistem perbankan yang dikenal sebagai SWIFT

Secara keseluruhan, China daratan melaporkan 10.793 kasus harian COVID-19, turun dari 15.688 kasus baru sehari sebelumnya, Komisi Kesehatan Nasional mengatakan Sabtu.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Laporan oleh Brenda Goh di Shanghai, Min Zhang dan Xu Jing di Beijing; Ditulis oleh Anne Marie Rowntree; Disunting oleh William Mallard dan Ross Russell

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.