Agustus 11, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Seorang pemimpin terkemuka Jihad Islam tewas dalam serangan udara Israel

Seorang pemimpin terkemuka Jihad Islam tewas dalam serangan udara Israel

Jihad Islam mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa salah satu komandan utamanya, Taysir al-Jabari, tewas dalam serangan Israel. Kelompok itu mengatakan dia adalah seorang komandan di Liwa al-Quds, sayap militer Jihad Islam, dan anggota dewan militernya.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan sedikitnya sembilan orang tewas, termasuk seorang gadis berusia lima tahun, dan 55 lainnya terluka.

Seorang produser CNN di Gaza menyaksikan petugas medis mengeluarkan dua mayat dari sebuah bangunan yang disebut Menara Palestina yang terkena salah satu serangan.

Sebuah pernyataan tentara Israel mengatakan operasi militer – dijuluki “Breaking Dawn” – menargetkan Jihad Islam, yang lebih kecil dari dua kelompok militan utama di Gaza. Militer Israel mengatakan “status khusus” telah diumumkan di daerah sekitar Gaza, untuk mengantisipasi kemungkinan peluncuran roket atau serangan balasan lainnya.

Jihad Islam bersumpah untuk menanggapi. “Semua opsi terbuka dengan segala cara yang tersedia untuk perlawanan Palestina, baik di Gaza atau di luarnya,” kata juru bicara Daoud Shehab kepada Al-Jazeera. “Medan perang terbuka… perlawanan akan merespons dengan kekuatan penuh. Kami tidak akan mengatakan bagaimana caranya, tapi ini tidak bisa dihindari.”

Seorang petugas pemadam kebakaran Palestina memadamkan api di tengah kehancuran menyusul serangan udara Israel di Kota Gaza, pada 5 Agustus 2022.

Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), yang menguasai Gaza, mengutuk operasi Israel. Juru bicara Fawzi Barhoum mengatakan, “Musuh Israel, yang memulai eskalasi terhadap Gaza dan melakukan kejahatan baru, harus membayar harga dan memikul tanggung jawab penuh untuk itu.”

Serangan itu terjadi setelah pasukan Israel menangkap seorang pemimpin terkemuka Jihad Islam, Bassam al-Saadi, dalam serangan Senin malam di kota Jenin, Tepi Barat yang diduduki.

Selama operasi itu, seorang warga Palestina berusia 17 tahun yang terkait dengan Jihad Islam tewas dalam baku tembak dengan tentara Israel, menurut Pasukan Pertahanan Israel. Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan bahwa pasukan Israel menembaknya di kepala.

READ  Rusia melepaskan langkah selanjutnya dalam tindakan keras terhadap Ukraina

Israel mengatakan al-Saadi adalah salah satu dari dua buronan yang ditangkap dalam serangan itu. Brigade Al-Quds, sayap militer Jihad Islam, mengatakan pihaknya mengerahkan pasukannya di seluruh wilayah Palestina sebagai tanggapan.

Beberapa bulan terakhir telah menyaksikan operasi berulang Israel di dalam dan sekitar Jenin, setelah beberapa serangan mematikan di dalam wilayah Israel yang dilakukan oleh militan Palestina dari daerah tersebut. Tiga puluh warga Palestina telah tewas dalam serangan sejak awal tahun, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

Kisah pengembangan, lebih banyak untuk mengikuti …