April 24, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Seorang pejabat mengatakan bahwa pesawat Amerika yang jatuh di Yaman tampaknya ditembak jatuh oleh rudal Houthi

Seorang pejabat mengatakan bahwa pesawat Amerika yang jatuh di Yaman tampaknya ditembak jatuh oleh rudal Houthi

Isaac Brecken/Getty Gambar/File

Dalam file foto tahun 2015 ini, pesawat MQ-9 Reaper yang dikemudikan dari jarak jauh terbang selama misi pelatihan di Pangkalan Angkatan Udara Creech di Indian Springs, Nevada.



CNN

Indikasi awal adalah bahwa AS Drone MQ-9 Reaper jatuh Seorang pejabat AS mengatakan pada hari Selasa bahwa sebuah pesawat Houthi ditembak jatuh di dekat Hodeidah di Yaman pada Senin pagi oleh rudal permukaan-ke-udara.

Sebelumnya, para pejabat mengatakan tidak jelas apakah drone itu ditembak jatuh atau jatuh begitu saja. Seorang juru bicara pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di X pada hari Senin bahwa MQ-9 ditembak jatuh “dengan rudal yang sesuai.”

Investigasi atas insiden yang terjadi pada Senin itu masih berlangsung.

Houthi juga menembak jatuh MQ-9 – sebuah drone yang biasanya digunakan untuk pengumpulan intelijen – pada bulan November di lepas pantai Yaman.

Aksi penembakan drone AS oleh Houthi terjadi di tengah serangan rutin yang dilakukan kelompok pemberontak terhadap kapal komersial di Laut Merah dan semakin seringnya serangan AS terhadap kemampuan mereka di Yaman, banyak di antaranya dilakukan dengan menggunakan rudal atau drone yang bersiap untuk diluncurkan. .

Pada hari Senin saja, Houthi meluncurkan rentetan rudal dan drone ke arah kapal komersial, kapal perang AS, dan pasukan koalisi selama beberapa jam. Dalam dua kasus, mereka menyerang kapal komersial milik AS, menurut seorang pejabat AS.

Antara pukul 12:30 dan 13:50 pada hari Senin, dua rudal balistik anti-kapal ditembakkan ke arah M/V Sea Champion, sebuah kapal tanker gandum berbendera Yunani milik Amerika di Teluk Aden. Pejabat itu menambahkan, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, meski serangan tersebut mengakibatkan kerusakan ringan. Pada Senin malam, kapal kargo M/V Navis Fortuna berbendera Kepulauan Marshall milik AS diserang oleh drone satu arah, menyebabkan kerusakan ringan tetapi tidak ada korban jiwa. Pejabat tersebut mengatakan, kapal Navis Fortuna terus melanjutkan perjalanannya.

READ  Eropa menjatuhkan sanksi kepada Rusia atas krisis Ukraina dan mengkoordinasikan tekanan dengan Amerika Serikat

Juru bicara Houthi mengatakan, pada Senin malam, bahwa kelompok tersebut menargetkan dua kapal Amerika “dengan sejumlah rudal angkatan laut yang sesuai,” dan menambahkan bahwa hal ini dilakukan untuk mendukung rakyat Palestina dan sebagai tanggapan terhadap “agresi Amerika-Inggris terhadap Yaman.”

Juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller secara khusus menggambarkan serangan terhadap kapal Sea Champion pada hari Selasa, dengan mengatakan bahwa kapal tersebut membawa “jagung dan persediaan makanan lainnya untuk masyarakat Yaman di Aden.”

“Ini adalah serangan sembrono terhadap kapal yang memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Yaman, dan saya pikir ini adalah tanda lain bahwa Houthi terus menunjukkan ketidakpedulian, tidak hanya terhadap pelayaran internasional, tidak hanya terhadap pasokan yang akan bermanfaat bagi warga sipil di mana pun,” Miller mengatakan, “Mereka melakukan yang terbaik yang mereka bisa.” “Dalam menghadapi dunia, dalam banyak kasus, di luar kawasan, namun pada akhirnya, demi rakyatnya.”

Dua rudal balistik anti-kapal lainnya juga ditembakkan pada Senin malam menuju M/V Rubymar, sebuah kapal curah berbendera Belize milik Inggris, salah satunya menghantam kapal dan menyebabkan kerusakan. Rubymar mengeluarkan panggilan darurat dan dibantu oleh kapal perang koalisi dan kapal dagang yang merespon.

Amerika Serikat juga mengambil tindakan pada hari Senin, termasuk menghancurkan peluncur rudal permukaan-ke-udara. Pada hari Senin pukul 20:15, Amerika Serikat menghancurkan drone serang satu arah di Yaman barat yang bersiap diluncurkan terhadap kapal-kapal di Laut Merah.

Selama beberapa jam pada malam itu – dari sekitar jam 8 malam hingga 12:30 – pesawat dan kapal perang AS dan koalisi menembak jatuh 10 drone penyerang lainnya dalam satu arah di Laut Merah dan Teluk Aden, kata pejabat itu.

READ  Apa kerangka kerja Indo-Pasifik, siapa yang ada di dalamnya, dan mengapa itu penting

Kapal perusak AS USS Laboon juga menembak jatuh rudal jelajah anti-kapal yang menuju ke arahnya.

Pada hari Sabtu, Amerika Serikat juga melakukan lima serangan pertahanan diri di Yaman menggunakan tiga rudal jelajah anti-kapal bergerak, sebuah kapal permukaan tak berawak, dan sebuah kapal bawah air tak berawak.

Ini adalah penggunaan kendaraan bawah air tak berawak pertama yang dilakukan Houthi sejak serangan mereka dimulai pada bulan Oktober. Kata Komando Pusatsetelah invasi Hamas ke Israel dan kampanye Israel di Gaza.

Amerika Serikat juga memilikinya Selesai beberapa Pemogokan Bersama dengan Inggris, selama beberapa minggu terakhir, negara ini telah menargetkan amunisi, sistem peluncuran, pusat komando dan kontrol, lokasi penyimpanan, dan pengawasan udara.

Cerita ini telah diperbarui dengan pelaporan tambahan.