Mei 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444H untuk umat Islam di Indonesia

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444H untuk umat Islam di Indonesia

JAKARTA (ANTARA) – Uskup Agung Jakarta (KAJ) bersama seluruh umat Katolik mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah kepada seluruh umat Islam di Tanah Air.

“Bersama umat Katolik Keuskupan Agung Jakarta, saya, Kardinal Ignatius Suhario, mengucapkan selamat hari raya 1 Syawal 1444 Hijriah kepada sahabat-sahabat Muslim,” K.A.J. kata Uskup Kardinal Ignatius Suhario di Jakarta, Sabtu.

Kardinal Suhario yakin bahwa pahala dan berkah selama Ramadhan dan Idul Fitri akan menjangkau seluruh bangsa dan alam semesta.

Sementara itu, Wakil Presiden Maruf Amin mengimbau masyarakat merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah dengan tetap menjaga ketertiban, kerukunan, dan persatuan.

“Dalam kesempatan yang istimewa ini, saya ingin menyampaikan beberapa pesan. Pertama, dalam menyambut Idul Fitri hendaknya dilaksanakan dengan khidmat dengan menjaga ketertiban, kerukunan dan persatuan,” ujarnya pada acara Takbir Akbar Nasional. Masjid Istiklal, Jakarta, Jumat.

Pada Kamis (20/4), Kementerian Agama memutuskan 1 Syawal 1444 Hijriah atau Idul Fitri 2023 M jatuh pada Sabtu.

Keputusan itu diambil setelah rapat Isbad (konfirmasi) pada Kamis, 20 April lalu.

Berdasarkan hisab (pengamatan astronomi), posisi bulan sabit di Indonesia berada di atas cakrawala dan tidak memenuhi kriteria baru MABIMS (Perhimpunan Kementerian Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura) untuk tidak melihat. bulan sabit 1 Syawal 1444H Sabtu, 22 April 2023, rapat Ispat memutuskan jatuh,” tegas Menteri Agama Yakut Solil Kumas.

Menteri Pembangunan Manusia dan Keterpaduan Kebudayaan Muhadjir Effendi mengimbau seluruh umat Islam merayakan Idul Fitri secara sederhana.

Effendi mengatakan usai salat Idul Fitri di gedung Pengurus Pusat (PB) Muhammadiyah di Jakarta, “Semua umat Islam tidak perlu menunjukkan siapa yang paling sukses. Mari rayakan Idul Fitri dan sambut dengan suka cita.”

READ  Indonesia berkolaborasi dengan ASTM untuk mengembangkan sumber daya manusia industri

Berita terkait: Pesan perdamaian menjadi tema besar dalam khutbah Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Berita terkait: Muhammadiyah memuji pemerintah yang merangkul umat Islam dengan perbedaan tanggal Idul Fitri

Diterjemahkan oleh: Devi Nindi Chari R, Resinda S
Editor: Thea Mudiyasari
Hak Cipta © ANTARA 2023