Juli 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Sektor pariwisata Indonesia telah menunjukkan pemulihan yang luar biasa, kata menteri

Sektor pariwisata Indonesia telah menunjukkan pemulihan yang luar biasa, kata menteri

JAKARTA (ANTARA) – Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia menunjukkan pemulihan yang signifikan, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Berdasarkan data yang dihimpun, sektor pariwisata memberikan kontribusi sebesar 3,6 persen terhadap PDB nasional atau mencapai US$ 6,72 miliar pada tahun 2022, ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Menurut UNO, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan menciptakan 22,89 juta lapangan kerja pada tahun 2022.

Selain itu, sektor ekonomi kreatif juga mencatatkan kinerja menjanjikan dengan nilai ekspor barang ekonomi kreatif yang naik hingga US$ 26,94 miliar.

Berdasarkan capaian tersebut, Uno menyampaikan harapan agar sektor pariwisata Indonesia dapat segera pulih pada acara TEJ Ministerial Roundtable ke-6 di INTEX Osaka, Jepang, Kamis.

“Saya sangat optimis pariwisata akan cepat pulih setelah pandemi dan berdampak besar terhadap perekonomian,” ujarnya.

Berita terkait: Menteri Uno meresmikan Hari Ekonomi Kreatif Nasional

Optimismenya didasarkan pada kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun ini yang hingga Agustus 2023 mencapai 7,44 juta jiwa. Pemerintah menargetkan kunjungan wisman mencapai 8,5 juta pada tahun 2023.

Pada tahun 2022, jumlah perjalanan pariwisata dalam negeri juga meningkat sebesar 19,82 persen year-on-year hingga mencapai 734,86 juta perjalanan. Jumlah ini lebih tinggi 1,76 persen dibandingkan sebelum pandemi COVID-19.

Pada pertemuan tersebut, UNO mewakili pemerintah Indonesia menyerukan kepada semua pihak untuk melakukan transformasi industri pariwisata melalui inisiatif inovatif, adaptasi strategis dan kerja sama yang bermanfaat.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas dan keberlanjutan pariwisata domestik dan global.

“Visi kami adalah melaksanakan serangkaian proyek yang tidak hanya akan meningkatkan potensi industri, namun juga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan budaya di kawasan kami, mendorong pembangunan berkelanjutan, dan menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan di seluruh dunia,” ujarnya. . menjelaskan.

READ  EHang menerima pre-order untuk 100 unit EH216 AAV

Terkait hal tersebut, ia menargetkan kondisi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat kembali seperti sebelum pandemi pada tahun 2024.

Berita Terkait: Kementerian Promosikan Luar Biasa Indonesia di Seri MotoGP Mandalika