Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Sekitar 29 mantan pemberontak di barat daya Papua bersumpah setia kepada Indonesia

Sekitar 29 mantan pemberontak di barat daya Papua bersumpah setia kepada Indonesia

Kumurkek, Papua SW, (ANTARA) – Sekitar 29 mantan anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM), kelompok separatis yang beroperasi di barat daya Papua, telah berjanji setia kepada negara kesatuan Republik Indonesia, kata seorang pejabat militer.

Upacara pelantikan eks pemberontak ini digelar Senin (13/5) oleh Satgas Yonif 133/YS di barak militernya di Kampung Aimasa, Kecamatan Ifat Timur Tengah, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya.

Komandan Satgas Letkol Antika Ganeshakti mengatakan, perjalanan eks pemberontak untuk memeluk tanah air sebenarnya bermula saat personel Satgas menemukan dokumen di sebuah rumah kosong saat melakukan patroli rutin di Desa Aypat Timur Sub Itrem. Kecamatan, Kecamatan Maprat.

Dokumen tersebut berisi daftar nama orang-orang yang terlibat dalam sistem OPM wilayah Sorong Raya. Berdasarkan keterangan tersebut, kata dia, Satgas memaksa mereka datang ke pos militer.

Kemudian mereka diinterogasi. Kebanyakan dari mereka mengatakan kepada petugas satuan tugas bahwa mereka terpaksa bergabung dengan gerakan separatis di wilayah Sorong Raya karena seringnya mendapat ancaman dari para pemimpin pemberontak.

Seiring berjalannya waktu, anggota OPM menyadari bahwa mereka telah menempuh jalan hidup yang salah dengan melawan keutuhan wilayah Indonesia setelah sering melihat “kekejaman manusia” yang terjadi di masyarakat, ujarnya.

Dengan berintegrasi dengan Satgas Yonif 133/YS, banyak tokoh masyarakat setempat turut memperkuat kesadaran diri untuk mengakhiri pengaruh OPM dan berintegrasi kembali ke masyarakat.

Untuk membuktikan ketulusan dan kesetiaannya kepada tanah air, para mantan pemberontak tersebut meminta gugus tugas mengadakan acara khusus untuk menyatakan kesetiaan kepada Indonesia, ujarnya.

Kasus 29 mantan pemberontak asal Desa Itrem menambah daftar mantan separatis yang menyatakan setia kepada Indonesia.

Pada hari Rabu, 24 April 2024, seorang pemberontak yang berjuang melawan kedaulatan Indonesia bersama kelompok bersenjata yang dipimpin oleh Goliath Tapuni menyerah di sebuah pos militer di desa Kisor di distrik Maprat, Papua Barat Daya.

READ  Indonesia, Korea Selatan berkolaborasi untuk meningkatkan pendidikan transportasi

Setam Same menyatakan kesetiaannya kepada negara kesatuan Republik Indonesia, kata Juru Bicara Komando Gabungan Daerah Pertahanan (Kokapwilhan) III Kolonel Gusti Nyoman Suryastawa.

Suryasthava mengatakan dalam siaran pers baru-baru ini bahwa dia sakit ketika dia menyerahkan diri ke pos militer dan tim personel medis militer membantunya.

Setelah penyerahannya, tentara menyerahkannya ke polisi setempat karena dia masuk dalam daftar paling dicari polisi atas dugaan keterlibatannya dalam serangan mematikan di pos tentara Kishore pada tahun 2021.

Empat tentara tewas dalam serangan yang dilakukan oleh 50 anggota kelompok bersenjata Goliath Tapuni, kata Suryasthava.

Selama beberapa tahun terakhir, kelompok bersenjata Papua berulang kali melakukan taktik ofensif terhadap aparat keamanan Indonesia. Begitu pula di Kabupaten Indan Jaya, Nduga, dan Puncak, mereka melakukan aksi teror terhadap warga sipil dan menimbulkan ketakutan di kalangan masyarakat.

Sasaran aksi terorisme tersebut antara lain pekerja bangunan, tukang ojek, guru, pelajar, pedagang kaki lima, dan pesawat sipil.

BERITA TERKAIT: Pemberontak Maprat di Papua Barat Daya Menyerah kepada Tentara Indonesia: Juru Bicara

BERITA TERKAIT: Penduduk desa Bingi, Papua berlindung setelah serangan bersenjata