September 28, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Sebuah lubang hitam muncul di Bima Sakti

Sebuah lubang hitam muncul di Bima Sakti

Teleskop ini dinamai titik tidak bisa kembali di sekitar lubang hitam. Tim meraih kemenangan pertamanya pada April 2019, ketika mengirimkan gambar lubang hitam M87. Pada tahun 2021, anggota tim menyempurnakan data mereka untuk mendeteksi medan magnet yang mengorbit lubang hitam seperti laras senapan beralur halus yang memompa materi dan energi ke ruang hampa.

Data Sagitarius A* direkam selama proses pengamatan yang sama pada tahun 2017 yang menghasilkan gambar M87, tetapi dengan lebih banyak antena — delapan, bukan tujuh — karena tim dapat menyertakan teleskop Kutub Selatan yang tidak dapat melihat M87.

Sagitarius A*, lubang hitam Bima Sakti, adalah target yang lebih sulit. Ini kurang dari seperseribu massa dan volume kawah M87, dan karena itu berevolusi seribu kali lebih cepat. Lubang hitam M87 hampir tidak bergerak selama tur observasi selama seminggu, tetapi Sagitarius A* mengubah penampilannya setiap lima menit, “menjengkelkan dan berdeguk” dalam kata-kata Dr. Ozil.

“Yang utama, untuk M87, setelah seminggu pengamatan, hampir tidak ada tunas,” kata Dr. Doelman. Dia menyamakannya dengan “Buddha, hanya duduk di sana.”

Sebagai perbandingan, katanya, lubang hitam busur itu “berputar.” Mengorbit di sekitarnya dapat memakan waktu hanya empat menit atau setengah jam, tergantung bagaimana ia berputar. “Jadi selama pengamatan malam. Itu berubah saat Anda mengumpulkan data. Anda mencoba mengambil gambar sesuatu dengan tudung lensa dan Anda mendapatkan kekacauan buram ini.”

Tujuan baru Dr. Doeleman adalah memperluas jaringan untuk memasukkan lebih banyak antena dan mendapatkan cakupan yang cukup untuk menghasilkan film tentang lubang hitam busur. Tantangan bagi sinema lubang hitam adalah memisahkan apa yang tetap sama dari apa yang berubah – untuk menentukan struktur dasar lubang hitam dari materi yang mengorbit di dalamnya.

READ  Sampah luar angkasa di jalur tabrakan dengan kemungkinan rudal China bulan - ahli | bulan

Hasilnya bisa mengejutkan dan informatif, kata Jana Levine, ahli teori gravitasi di Barnard College di Universitas Columbia, yang bukan bagian dari proyek tersebut. “Saya belum bosan dengan gambar lubang hitam,” katanya.