Mei 19, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Rusia sedang mencoba melancarkan serangan darat ke kota Kharkiv di Ukraina Berita tentang perang Rusia-Ukraina

Rusia sedang mencoba melancarkan serangan darat ke kota Kharkiv di Ukraina  Berita tentang perang Rusia-Ukraina

Pasukan Ukraina berjuang untuk menghentikan serangan baru Rusia yang bertujuan menciptakan “zona penyangga” yang direncanakan oleh Putin.

Pasukan Rusia berupaya melakukan invasi darat lapis baja ke wilayah Kharkiv di timur laut Ukraina dengan artileri dan bom udara berpemandu, kata para pejabat Ukraina.

Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan pada hari Jumat bahwa pasukan Rusia berusaha menembus pertahanan Ukraina di dekat kota Vovchansk menggunakan “kendaraan lapis baja” pada pukul 5 pagi (02:00 GMT), dan menyerang daerah dekat perbatasan dengan serangan udara. Dia menambahkan bahwa serangan itu berhasil digagalkan, namun “pertempuran dengan intensitas yang berbeda-beda” terus berlanjut.

Sumber senior militer Ukraina mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa pasukan Rusia menembus satu kilometer ke wilayah tersebut. Dia mengatakan mereka bertujuan untuk maju hingga 10 kilometer (enam mil) untuk menciptakan zona penyangga yang Presiden Rusia Vladimir Putin janjikan untuk dibuat awal tahun ini sebagai cara untuk menghentikan serangan Ukraina di wilayah perbatasan Rusia.

Ukraina sebelumnya mengatakan bahwa mereka mengetahui bahwa Rusia mengumpulkan ribuan tentara di sepanjang perbatasan timur laut. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pasukannya siap melakukan serangan darat.

“Ukraina menerima mereka di sana dengan kekuatan: brigade dan artileri,” katanya pada konferensi pers.

Ukraina mengirim lebih banyak pasukan ke wilayah tersebut sebagai bala bantuan.

Vitaly Ganchev, pejabat yang dilantik oleh Rusia di wilayah Kharkiv, mengatakan melalui aplikasi Telegram bahwa “pertempuran sedang terjadi di beberapa bagian jalur kontak, termasuk daerah perbatasan,” dan meminta warga untuk “berhati-hati dan tidak pergi.” Berlindung tanpa kebutuhan mendesak.”

Gubernur negara bagian Kharkiv Oleh Sinyhopov mengatakan pihak berwenang sedang mengevakuasi sekitar 3.000 warga sipil dari Vovchansk, kurang dari lima kilometer dari perbatasan, yang menjadi sasaran penembakan hebat.

READ  Protes pensiun Prancis: Pengunjuk rasa menyerbu raksasa mewah LVMH

Bagian depan baru

Ukraina mengusir pasukan Rusia dari sebagian besar wilayah Kharkiv pada tahun 2022, tahun pertama perang, namun setelah menahan serangan balik Ukraina tahun lalu, pasukan Rusia kembali menyerang dan perlahan-lahan maju ke wilayah Donetsk di selatan.

[Al Jazeera]

Kekhawatiran meningkat pada bulan Maret mengenai niat Kremlin di wilayah Kharkiv ketika Putin menyerukan pembentukan zona penyangga di dalam wilayah Ukraina ketika ditanya apakah menurutnya perlu untuk merebut Kharkiv, yang berbatasan dengan Belgorod, sebuah provinsi Rusia yang sering diserang oleh Rusia. Ukraina.

Sejak itu, Kharkiv, yang sangat rentan karena kedekatannya dengan Rusia, dilanda serangan udara yang menyebabkan kerusakan parah pada infrastruktur energi di wilayah tersebut.

Serangan hari Jumat membuka sebuah front baru, dimana Rusia dilaporkan bertekad untuk memanfaatkan peluang untuk mendapatkan keuntungan taktis kecil sementara Ukraina masih kalah dalam persenjataan dan jumlah.

Para pejabat Ukraina telah berulang kali mengatakan bahwa mereka memerlukan lebih banyak senjata dari Barat untuk bertahan dan pada akhirnya memukul mundur pasukan Rusia. Zelensky mengatakan pada hari Kamis bahwa paket bantuan militer AS senilai $61 miliar akan membalikkan keadaan.

Kemajuan tersebut terjadi pada hari Jumat di Kharkiv ketika Ukraina mulai menerima paket bantuan militer AS yang telah lama ditunggu-tunggu untuk pertama kalinya dalam beberapa minggu. Pada hari Jumat, sumber tinggi militer Ukraina mengatakan kepada Reuters bahwa Ukraina memperkirakan akan mengirimkan jet tempur F-16 buatan AS pada bulan Juni dan Juli.

Parlemen Ukraina pada hari Kamis melakukan pemungutan suara untuk mendukung pengambilan tindakan keras terhadap mereka yang menghindari wajib militer, pada saat negara tersebut mengalami kekurangan tentara yang cukup untuk berperang dalam perang yang telah berlangsung selama lebih dari dua tahun.

READ  Rakesh Jonghunwala, Warren Buffett India, meninggal pada usia 62 tahun

RUU tersebut, yang mendapat dukungan mayoritas anggota parlemen namun belum ditandatangani menjadi undang-undang oleh Zelensky, mencakup peningkatan denda bagi siapa pun yang kedapatan berusaha menghindari panggilan dan memungkinkan pihak berwenang untuk menahan mereka yang menghindari wajib militer hingga tiga hari.

Hal ini terjadi pada minggu yang sama ketika Parlemen menyetujui A faktur Mengizinkan beberapa narapidana untuk direkrut menjadi tentara, beberapa hari sebelum undang-undang mobilisasi baru, yang menurunkan usia minimum untuk anggota baru, mulai berlaku.