Mei 19, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Rusia mengisyaratkan berkurangnya tujuan perang saat Ukraina maju di dekat Kyiv

Rusia mengisyaratkan berkurangnya tujuan perang saat Ukraina maju di dekat Kyiv
  • Pasukan Rusia telah ditangguhkan selama berminggu-minggu di luar Kyiv
  • Sinopec China berhenti membahas investasi

BUSHA/Lviv, Ukraina (Reuters) – Moskow pada Jumat memberi isyarat bahwa pihaknya telah mengurangi ambisinya di Ukraina untuk fokus pada wilayah yang diklaim oleh separatis dukungan Rusia ketika pasukan Ukraina melancarkan serangan untuk merebut kembali kota-kota di pinggiran ibu kota. Kiev.

Dalam tanda besar pertama bahwa sanksi Barat terhadap Moskow mempengaruhi investasi dari China, sumber mengatakan Sinopec Group yang dikelola negara, kilang terbesar di Asia, telah menghentikan pembicaraan mengenai investasi petrokimia dan proyek pemasaran gas Rusia. Baca lebih banyak

Pada bulan sejak Moskow melancarkan invasi ke Ukraina, pasukan Rusia gagal merebut kota besar mana pun. Serangan mereka mendapat perlawanan keras dari pasukan Ukraina dan dihentikan di luar Kyiv.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Sebaliknya, Rusia telah mengebom dan menutup kota-kota, membuang sampah ke daerah pemukiman dan mengusir sekitar seperempat dari 44 juta orang Ukraina dari rumah mereka.

Lebih dari 3,7 juta dari mereka melarikan diri ke luar negeri, setengah dari mereka ke negara tetangga Polandia. Presiden AS Joe Biden melakukan perjalanan ke Polandia pada hari Jumat, di mana ia bertemu dengan tentara dari Divisi Lintas Udara ke-82 Angkatan Darat AS yang mendukung sayap timur NATO dan melihat upaya untuk membantu para pengungsi. Baca lebih banyak

“Saya di sini di Polandia untuk melihat sendiri krisis kemanusiaan,” kata Biden.

Garis pertempuran di dekat Kyiv telah dibekukan selama berminggu-minggu dengan dua kolom lapis baja utama Rusia menempel di barat laut dan timur ibukota. Sebuah laporan intelijen Inggris menggambarkan serangan balik Ukraina yang mendorong Rusia kembali ke timur.

READ  Finlandia menduga jangkar kapal Tiongkok menyebabkan kerusakan pada pipa gas Baltik berita Dunia

Laporan tersebut menyatakan bahwa “serangan balik Ukraina, dan mundurnya pasukan Rusia dari jalur pasokan yang diperpanjang, memungkinkan Ukraina untuk menduduki kembali kota-kota dan posisi pertahanan sejauh 35 km timur Kyiv.” Inggris memberikan pelatihan senjata dan militer ke Ukraina.

Dalam pengumuman yang tampaknya menunjukkan tujuan terbatas, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan fase pertama operasinya sebagian besar telah selesai dan sekarang akan fokus pada “pembebasan” wilayah Donbass timur yang memisahkan diri. Baca lebih banyak

“Potensi tempur Angkatan Bersenjata Ukraina telah berkurang secara signifikan, yang memungkinkan untuk memfokuskan upaya utama kami untuk mencapai tujuan utama, yaitu pembebasan Donbass,” kata Sergei Rudskoy, Kepala Staf Umum Rusia. Direktorat Operasi.

Sebuah sumber diplomatik senior di Moskow menggambarkan pengumuman itu sebagai kemungkinan awal untuk menurunkan harga.

“Tujuan perang mereka jauh lebih luas daripada di Donbass, dan kekuatan mereka telah dibagi dengan serangan yang tidak terkoordinasi dengan baik di berbagai bidang oleh pasukan yang tidak siap,” kata sumber itu. Baca lebih banyak

serangan ukraina

Moskow menggambarkan tindakannya di Ukraina sebagai “operasi militer khusus” untuk melucuti senjata dan “mendiskreditkan” Ukraina. Ukraina dan sekutu Baratnya menolak ini sebagai alasan tak berdasar untuk melancarkan perang tak beralasan pada 24 Februari.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan 1.351 tentara Rusia telah menewaskan 3.825 orang terluka, kantor berita Interfax melaporkan. Ukraina mengatakan 15.000 tentara Rusia telah tewas.

Volodymyr Borisenko, walikota Borispol, pinggiran timur tempat bandara utama Kyiv berada, mengatakan 20.000 warga sipil telah dievakuasi dari daerah itu, menanggapi seruan untuk mengevakuasi daerah itu sehingga pasukan Ukraina dapat melakukan serangan balik. Dia mengatakan pasukan Ukraina merebut kembali desa terdekat sehari sebelumnya dan akan terus maju tetapi berhenti untuk menghindari membahayakan warga sipil.

READ  Pejuang sukarelawan Ukraina menggunakan tank yang disebut "Kelinci" melawan pasukan Rusia

Di front utama lainnya di luar Kyiv, barat laut ibu kota, pasukan Ukraina berusaha mengepung pasukan Rusia di pinggiran Irpin, Bucha dan Hostomil, yang telah hancur menjadi puing-puing oleh pertempuran sengit.

Di Bosha, 25 kilometer (15 mil) barat laut Kyiv, sekelompok kecil pasukan Ukraina yang dipersenjatai dengan rudal anti-tank sedang menggali parit. Seorang tentara Ukraina, yang mengidentifikasi dirinya hanya sebagai Andrey, mengatakan kepada Reuters bahwa dia terdaftar segera setelah invasi dimulai.

“Saya meminta istri saya untuk menahan anak-anak dan bersembunyi di ruang bawah tanah, dan saya pergi ke pusat perekrutan dan segera bergabung dengan unit saya,” katanya.

PBB mengatakan telah mengkonfirmasi 1.081 warga sipil tewas dan 1.707 terluka di Ukraina sejak invasi, menambahkan bahwa jumlah sebenarnya kemungkinan lebih tinggi.

Pelabuhan tenggara Mariupol, yang berpenduduk 400.000 jiwa sebelum perang, adalah salah satu yang paling terpukul oleh pengeboman Rusia. Masih diyakini bahwa puluhan ribu orang masih terjebak dengan kesulitan mendapatkan makanan, listrik atau pemanas, sementara kota di sekitar mereka telah menjadi reruntuhan.

Pejabat setempat, mengutip keterangan saksi, mengatakan mereka memperkirakan 300 orang tewas dalam pemboman teater di Mariupol pada 16 Maret. kejadian. Rusia membantah membom teater. Baca lebih banyak

Gubernur wilayah Donetsk Ukraina, Pavlo Kirilenko, mengatakan bahwa pasukan Ukraina masih menguasai Mariupol. Sekitar 65.000 orang telah melarikan diri, tetapi upaya untuk mengatur evakuasi massal di bawah gencatan senjata sebagian besar tidak berhasil. Baca lebih banyak

Kota Chernihiv, Kharkiv dan Sumy di timur juga menjadi sasaran pemboman yang menghancurkan. Gubernur Chernihiv mengatakan bahwa pasukan Rusia telah mengepung secara efektif.

batalkan budaya

Sanksi Barat mengisolasi Rusia dari perdagangan dunia. Moskow telah memperingatkan bahwa penagihan dalam rubel untuk ekspor gas alam ke Eropa yang sangat bergantung pada Eropa bisa jadi hanya beberapa hari lagi, membuat pembeli bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan mata uang itu. Baca lebih banyak

READ  Lembar Fakta: Para pemimpin dunia meluncurkan koridor ekonomi bersejarah antara India, Timur Tengah dan Eropa

Berbicara pada pertemuan dengan tokoh budaya terkemuka yang disiarkan di televisi nasional, Presiden Vladimir Putin menuduh Barat berusaha menghapuskan budaya Rusia, termasuk komposer Pyotr Tchaikovsky dan Sergei Rachmaninov, membandingkannya dengan tindakan Nazi Jerman pada 1930-an. Baca lebih banyak

China adalah kekuatan terbesar yang tidak mengutuk invasi Rusia dan telah berulang kali menyatakan penentangannya terhadap sanksi tersebut.

Laporan Reuters bahwa Sinopec telah menangguhkan diskusi tentang investasi yang berpotensi bernilai $500 juta adalah indikasi konkret pertama bahwa sanksi tersebut mempengaruhi perdagangan antara Moskow dan Beijing.

Beijing bersikeras akan mempertahankan hubungan perdagangan. Tapi itu menekan perusahaan China untuk bergerak dengan hati-hati.

“Perusahaan akan secara ketat mengikuti kebijakan luar negeri Beijing dalam krisis ini,” kata seorang eksekutif perusahaan minyak negara China. “Sama sekali tidak ada ruang bagi perusahaan untuk mengambil inisiatif apa pun sehubungan dengan investasi baru.”

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Dilansir dari Reuters di Mariupol, Natalia Zenets di Lviv dan kantor Reuters di seluruh dunia.

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.