Mei 19, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Amerika Serikat dan Uni Eropa mengumumkan kemitraan baru untuk melemahkan energi Rusia

Amerika Serikat dan Uni Eropa mengumumkan kemitraan baru untuk melemahkan energi Rusia

Brussels (AFP) – Amerika Serikat dan Uni Eropa pada Jumat mengumumkan kemitraan baru untuk mengurangi ketergantungan benua itu pada energi Rusia, sebuah langkah yang digambarkan para pejabat senior sebagai awal dari inisiatif selama bertahun-tahun untuk lebih mengisolasi Moskow setelah invasinya ke Ukraina. .

Presiden AS Joe Biden telah menegaskan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan energi untuk “memaksa dan memanipulasi tetangganya” dan menggunakan keuntungan dari penjualannya untuk “memimpin mesin perangnya”.

Biden mengatakan bahwa kemitraan yang dia umumkan bersama dengan seorang pejabat senior UE akan membalikkan dinamika ini dengan mengurangi ketergantungan Eropa pada sumber energi Rusia, serta mengurangi permintaan gas di benua itu secara umum.

Presiden mengatakan langkah seperti itu tidak hanya akan menjadi “hal yang benar untuk dilakukan dari sudut pandang etis” tetapi akan “menempatkan kita pada pijakan strategis yang lebih kuat.”

Berdasarkan rencana, Amerika Serikat dan negara-negara lain akan meningkatkan ekspor gas alam cair ke Eropa sebesar 15 miliar meter kubik tahun ini. Pengiriman yang lebih besar akan dikirimkan di masa mendatang.

Pada saat yang sama, mereka akan mencoba untuk menjaga tujuan iklim mereka tetap pada jalurnya dengan menyediakan energi bersih untuk infrastruktur gas dan mengurangi kebocoran metana yang dapat memperburuk pemanasan global.

Meskipun inisiatif tersebut kemungkinan akan membutuhkan fasilitas baru untuk mengimpor LNG, kemitraan ini juga diarahkan untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dalam jangka panjang melalui efisiensi energi dan sumber energi alternatif, menurut Gedung Putih.

Ursula von der Leyen, kepala eksekutif Uni Eropa, mengatakan penting bagi Eropa untuk menjauh dari Rusia dan menuju pemasok energi yang andal, ramah, dan andal.

READ  Ratu Margaret dari Denmark mengumumkan pengunduran dirinya secara tiba-tiba setelah 52 tahun bertakhta

“Kami bertujuan untuk mengurangi dan menghilangkan ketergantungan pada bahan bakar fosil Rusia ini,” katanya.

Energi Rusia merupakan sumber utama pendapatan dan tekanan politik bagi Moskow. Hampir 40% gas alam UE berasal dari Rusia untuk pemanas rumah, pembangkit listrik, dan industri listrik.

Biden meninggalkan Brussel setelah pengumuman dan menuju ke Rzeszow di PolandiaPasukan AS ditempatkan sekitar satu jam perjalanan dari perbatasan Ukraina.

Dia akan diberi pengarahan tentang tanggapan kemanusiaan terhadap pengungsi dari Ukraina dan mereka yang masih menderita di dalam negeri. Dia juga akan bertemu dengan anggota layanan AS dari Divisi Lintas Udara ke-82, yang bertugas bersama pasukan Polandia.

Biden kemudian diperkirakan akan terbang ke Warsawa untuk melakukan pembicaraan pada hari Sabtu dengan Presiden Polandia Andrzej Duda dan berbicara kepada orang-orang Polandia sebelum berangkat ke Washington.

Selama di Brussel, Biden berpartisipasi dalam tiga KTT Ini diselenggarakan oleh NATO, Kelompok Tujuh negara industri dan Uni Eropa, semuanya pada hari Kamis. Serangkaian pertemuan luar biasa ini mencerminkan kekhawatiran yang berkembang tentang perang di Ukraina, yang memasuki bulan kedua.

Meskipun Ukraina melawan invasi Rusia dengan keberhasilan yang jauh lebih besar daripada yang diperkirakan semula, konflik berubah menjadi sulit dan berdarah, dengan ribuan korban di setiap pihak dan jutaan pengungsi melarikan diri dari negara itu.

Para pemimpin Barat juga khawatir bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin dapat menggunakan senjata kimia atau bahkan nuklir untuk memulihkan momentum dalam perang.

Mendapatkan lebih banyak LNG ke Eropa bisa jadi sulit, meskipun Amerika Serikat telah meningkatkan ekspornya secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa fasilitas ekspor sudah mencapai kapasitas, dan sebagian besar terminal baru masih dalam tahap perencanaan.

READ  Protes Israel terhadap RUU Mahkamah Agung baru Netanyahu

Sebagian besar pengiriman AS sudah pergi ke Eropa, menurut LNG Center, sebuah kelompok lobi industri. Meski sebagian besar pasokan sudah dikontrak dengan pembeli, masih ada peluang untuk mengubah tujuannya.

“Amerika Serikat berada dalam posisi unik untuk memiliki LNG fleksibel yang dapat dialihkan ke Eropa atau Asia, tergantung pada siapa yang bersedia membayar harga tersebut,” kata Emily MacLean, analis pasar gas di Rystad.

Bahkan jika Amerika Serikat dapat mengirimkan lebih banyak gas ke Eropa, benua itu dapat berjuang untuk mendapatkannya. Terminal impor terletak di daerah pesisir, di mana jaringan pipa untuk didistribusikan lebih sedikit.

Bahkan jika semua fasilitas Eropa berjalan sesuai kapasitasnya, jumlah gas kemungkinan akan menjadi sekitar dua pertiga dari yang dipasok Rusia melalui jaringan pipa.

___

Bussewitz melaporkan dari New York. Penulis Darlene Superville untuk Associated Press di Washington berkontribusi pada laporan ini.