Mei 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Rusia berencana untuk menyerap Belarus pada tahun 2030 – Laporan media – DW – 21/02/2023

Rusia berencana untuk menyerap Belarus pada tahun 2030 – Laporan media – DW – 21/02/2023

Rusia berencana untuk menyerap negara tetangga Belarusia Pada tahun 2030, menurut sebuah dokumen yang diduga bocor dari administrasi kepresidenan Rusia.

Dokumen tersebut diperoleh dan diterbitkan oleh konsorsium jurnalis internasional dari organisasi berita termasuk Yahoo News dan Jerman Sueddeutsche Zeitung.

Dokumen tersebut, yang kabarnya berasal dari musim panas 2021, menguraikan rencana untuk menyusup ke Belarusia secara politik, ekonomi, dan militer. Rencana disusun pada tahapan yang berbeda: jangka pendek atau hingga 2022, jangka menengah atau hingga 2025 dan jangka panjang, artinya 2030.

Rencana jangka panjang diterjemahkan ke dalam pembentukan “negara serikat” bersama di bawah kepemimpinan Rusia.

Kedua negara sudah secara resmi menjadi bagian dari apa yang disebut “Negara Serikat”, menurut perjanjian tahun 1999. Perjanjian tersebut meletakkan dasar hukum untuk integrasi antara kedua negara.

Namun, media yang memperoleh dokumen tersebut menunjukkan bahwa rencana Rusia berputar di sekitar aneksasi Belarus pada tahun 2030.

Apa yang dikatakan dokumen itu?

Dokumen setebal 17 halaman berjudul “Tujuan Strategis Federasi Rusia di Belarus” berbicara tentang pemblokiran pengaruh Barat di wilayah tersebut dan imunisasi terhadap NATO.

Jika rencana seperti itu terwujud, Rusia akan menjadi tetangga langsung dengan Lituania dan Polandia, yang merupakan anggota NATO dan Uni Eropa.

Belarus pernah menjadi bagian dari bekas Uni Soviet, dan telah mempertahankan hubungan yang kuat dengan Rusia setelah runtuhnya serikat tersebut berkat kebijakan Alexander Lukashenko, yang telah memimpin negara tersebut sejak 1994.

Pendukung oposisi Belarusia menggelar aksi unjuk rasa yang tidak sah setelah pemilihan presiden 2020 yang disengketakanFoto: Natalya Fedosenko / Gambar Imago / Itar-Tass

Pemilu terakhir negara itu pada tahun 2020 dirusak oleh kontes, kandidat oposisi dipenjara, dan protes nasional setelah Lukashenko mengumumkan kemenangannya. Ribuan ditangkap dalam tindakan keras berikutnya.

Amerika Serikat dan Uni Eropa menanggapi dengan tidak mengakui Lukashenko sebagai presiden negara itu.

READ  Islandia sedang bersiap menghadapi letusan gunung berapi. Berikut berita terkini tentang penggusuran dan pembatasan perjalanan

Seberapa valid dokumen tersebut?

Baik Yahoo News dan Sueddeutsche Zeitung Mereka mengatakan telah berbicara dengan analis dan pakar yang mengkonfirmasi keaslian dokumen tersebut.

Yahoo News mengutip seorang pejabat Barat yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa dokumen itu disiapkan oleh Direktorat Kepresidenan untuk Kerja Sama Lintas Batas.

Subdivisi administrasi kepresidenan Putin dibentuk pada Oktober 2018. Sumber tersebut mengatakan kepada Yahoo News bahwa subdivisi tersebut bertugas mengusulkan strategi baru untuk mencapai tujuan strategis Rusia di Estonia, Latvia, Lituania, Belarusia, Ukraina, dan Moldova.

Seorang perwira intelijen Barat yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Yahoo News bahwa dinas intelijen dan angkatan bersenjata Rusia semuanya telah berkontribusi pada rencana tersebut.

Rusia dan Belarus memperkuat hubungan militer

Browser ini tidak mendukung elemen video.

Materi dari Agence France-Presse berkontribusi pada laporan ini.

Diedit oleh: Amanda Rifkin