Juni 20, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Roket SpaceX Falcon 9 meluncurkan misi ke-62 yang memecahkan rekor tahun ini – sekarang penerbangan luar angkasa

Roket SpaceX Falcon 9 meluncurkan misi ke-62 yang memecahkan rekor tahun ini – sekarang penerbangan luar angkasa

Pembaruan: 22:57 EST:

Roket Falcon 9 SpaceX lepas landas dari Launch Complex 39A pada pukul 22:47 EDT (0247 UTC), menandai peluncuran orbit ke-62 yang bersejarah pada tahun kalender ini. Misi tersebut memecahkan rekor peluncuran orbitalnya sendiri yang dibuat pada tahun 2022 ketika meluncurkan 61 misi orbital selama setahun penuh.

Dalam sebuah postingan di platform media sosial X, pendiri SpaceX Elon Musk mengatakan perusahaannya “bertujuan untuk meluncurkan 10 penerbangan Falcon sebulan pada tahun 2020.” [the] Akhir tahun ini, lalu 12 bulan tahun depan.

Booster tahap pertama yang mendukung misi ini, B1073, telah menyelesaikan peluncuran dan pendaratannya yang kesepuluh hingga saat ini. Ini adalah misi Starlink ke dua puluh empat yang diluncurkan dari LC-39A dan peluncuran ke enam puluh sembilan SpaceX dari platform tersebut hingga saat ini.

Pembaruan 18:56 EST:

SpaceX sekarang menargetkan waktu lepas landas T-0 pada pukul 22:47 EST (0247 UTC). Ini terjadi 90 menit sebelum waktu pendaratan yang direncanakan untuk astronot dan kosmonot Crew-6 di atas kapal Crew Dragon Endeavour.

SpaceX memiliki satu waktu cadangan tambahan pada 3 September untuk peluncuran ini pada pukul 23:05 EST (0305 ​​​​UTC). Ada juga lima peluang cadangan pada hari Senin, 4 September, mulai pukul 18:59 EST (22:59 UTC) hingga 22:39 EST (0239 UTC pada 5 September).

SpaceX meluncurkan roket Falcon 9 pada hari Minggu untuk memecahkan rekor peluncuran ke-62 tahun ini. Foto: Penerbangan Luar Angkasa Sekarang.

Roket Falcon 9 sedang dipersiapkan pada hari Minggu untuk rekor peluncuran orbit ke-62 tahun ini untuk SpaceX. Rekor sebelumnya dibuat pada tahun 2022 dengan 61 peluncuran yang dilakukan oleh perusahaan. Peluncuran saat ini dijadwalkan berlangsung dari Platform 39A di Kennedy Space Center, membawa 21 satelit Starlink, pada 21:56 EST (0156 UTC).

READ  NASA baru saja mengirimkan kembali video kucing dari luar angkasa menggunakan laser

SpaceX telah meluncurkan roket orbital rata-rata setiap empat hari sepanjang tahun ini. Sembilan Falcon 9 telah diluncurkan pada bulan Agustus. Sebanyak 62 peluncuran dalam satu tahun kalender akan menjadi jumlah tertinggi yang dicapai oleh satu perusahaan peluncuran komersial.

“Kami menargetkan meluncurkan 10 penerbangan Falcon dalam satu bulan pada akhir tahun ini, dan kemudian 12 penerbangan per bulan pada tahun depan,” kata pendiri dan CEO SpaceX Elon Musk dalam sebuah postingan di X, situs jejaring sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Peluncuran SpaceX ke-62 tahun ini akan membawa 21 satelit yang disebut V2 mini untuk layanan internet Starlink perusahaan.

Beberapa detik setelah landasan peluncuran dibersihkan, Falcon 9 akan terangkat dan bergerak pada lintasan tenggara, mengincar orbit yang miring pada sudut 43 derajat terhadap garis khatulistiwa. Setelah berpisah dari tahap kedua sekitar dua setengah menit setelah penerbangan, booster tahap pertama akan mendarat di kapal drone “baca saja instruksinya”, yang akan ditempatkan di Samudra Atlantik di sebelah timur Bahama sekitar 390 mil ( 627 km) dari Tanjung. Booster tahap pertama, nomor punggung B1077, sedang menjalankan misi kesepuluh.

Dua pembakar diperlukan untuk tahap kedua untuk menempatkan satelit pada orbit melingkar yang diperlukan. 21 Starlinks akan terputus sekitar satu jam lima menit setelah peluncuran.

Ini akan menjadi peluncuran ke-16 model satelit generasi berikutnya dari Starlink yang lebih besar dan memiliki bandwidth empat kali lipat dari versi sebelumnya. Satelit V2 Starlink ukuran penuh dijadwalkan akan diluncurkan oleh Starship SpaceX yang sepenuhnya dapat digunakan kembali, tetapi penundaan kemunculan Starship telah menyebabkan perusahaan tersebut membuat versi satelit yang ringkas sehingga dapat diluncurkan pada Falcon 9.

READ  2 mineral yang belum pernah dilihat sebelumnya telah ditemukan di asteroid besar yang jatuh ke Bumi

Menurut statistik yang dikumpulkan oleh Jonathan McDowell, astronom di Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian yang mengelola database penerbangan luar angkasa, SpaceX sejauh ini telah meluncurkan total 5.027 satelit Starlink ke orbit.

Dan pada awal Mei, SpaceX mengumumkan memiliki lebih dari 1,5 juta pelanggan Starlink. Layanan Internet perusahaan tersedia di lebih dari 60 negara.

Tonton tayangan langsung dari Cape di siaran langsung landasan peluncuran: