Mei 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Reaktor nuklir dekat dengan ‘bencana radiologis’, kata Zelensky, di tengah seruan untuk kunjungan mendesak PBB | Ukraina

Volodymyr Zelensky mengatakan dunia nyaris lolos dari “malapetaka radiologis” karena jalur pasokan listrik reguler terakhir ke pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhya yang dikendalikan Rusia di Ukraina dipulihkan beberapa jam setelah terputus oleh pemboman.

Presiden Ukraina mengatakan para pejabat Atom Internasional energi IAEA (Badan Energi Atom Internasional), badan energi atom internasional PBB, harus diberikan akses mendesak ke situs tersebut.

Zelensky menyalahkan pemboman militer Rusia hari Kamis atas kebakaran di lubang abu di pabrik batu bara terdekat yang memutus kompleks reaktor, terbesar di Eropa, dari jaringan listrik. Dia mengatakan generator diesel siaga memastikan pasokan listrik dan menjaga pabrik tetap aman.

“Jika personel stasiun kami tidak merespons setelah pemadaman, kami sudah harus mengatasi konsekuensi dari kecelakaan radiologis,” katanya dalam pidato malam. Rusia telah menempatkan Ukraina Dan semua orang Eropa selangkah lebih dekat ke bencana radioaktif.”

Dia mengatakan bahwa pejabat IAEA harus diizinkan mengakses situs tersebut dalam beberapa hari, “sebelum penjajah membawa situasi ke titik tidak bisa kembali.”

Negosiasi sedang berlangsung untuk Badan Energi Atom Internasional PBB untuk mengunjungi situs tersebut, dan seorang pejabat senior nuklir Ukraina mengatakan kepada Guardian bahwa inspektur IAEA mungkin tiba pada akhir bulan.

Sampai saat itu, melanjutkan pertarungan akan membuat tanaman itu tumbang, dan mungkin terlalu banyak Eropa, Dalam bahaya. Kecelakaan nuklir dapat menyebarkan radiasi ke seluruh benua.

Perusahaan tenaga nuklir negara Ukraina Energoatum mengatakan kecelakaan Kamis menandai babak pertama pembangkit listrik itu dalam hampir 40 tahun beroperasi. Listrik digunakan untuk sistem pendinginan dan keamanan.

Rusia, yang menginvasi Ukraina pada Februari, merebut pabrik itu pada Maret dan telah mengendalikannya sejak itu, meskipun teknisi Ukraina masih mengoperasikannya.

READ  Kota-kota besar China, dari Dalian hingga Shenzhen, meningkatkan pembatasan virus corona

Rusia dan Ukraina saling menuduh membom situs itu, meningkatkan kekhawatiran akan bencana nuklir. disebut Gedung Putih Rusia dengan menyetujui zona demiliterisasi di sekitar pabrik, setelah Joe Biden berbicara dengan Zelensky pada hari Kamis.

Departemen Luar Negeri AS juga memperingatkan Rusia agar tidak mengalihkan energi dari situs tersebut.

“Listrik yang dihasilkannya adalah milik Ukraina dan segala upaya untuk memutuskan pembangkit listrik dari jaringan listrik Ukraina dan mengalihkannya ke daerah-daerah pendudukan tidak dapat diterima,” kata juru bicara Vidant Patel kepada wartawan. “Tidak ada negara yang boleh mengubah pembangkit listrik tenaga nuklir menjadi zona perang aktif dan kami menentang segala upaya Rusia untuk mempersenjatai atau mengalihkan daya dari pembangkit tersebut.”

IAEA mengatakan telah diberitahu oleh Ukraina bahwa stasiun itu untuk sementara kehilangan kontak, “yang menggarisbawahi kebutuhan mendesak bagi misi ahli IAEA untuk melakukan perjalanan ke fasilitas itu.”

Kita tidak boleh kehilangan waktu lagi. “Saya bertekad untuk secara pribadi memimpin misi IAEA ke stasiun tersebut dalam beberapa hari ke depan,” kata direktur jenderal organisasi itu, Rafael Grossi.

Vladimir Rogov, seorang pejabat yang ditunjuk Rusia di kota pendudukan Innerhodar dekat pabrik, mengatakan di Telegram bahwa gambar satelit menunjukkan hutan setempat terbakar. Dia mengatakan kota-kota di daerah itu telah tanpa listrik selama beberapa jam pada hari Kamis.

“Alasan untuk ini adalah pemutusan saluran listrik dari pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporozhye sebagai akibat dari provokasi para pejuang Zelensky,” klaim Rogov. “Pemutusan itu sendiri disebabkan oleh kebakaran dan korsleting pada saluran listrik.”

Pakar nuklir telah memperingatkan bahaya merusak kolam bahan bakar nuklir bekas stasiun atau reaktornya. Memotong daya yang dibutuhkan untuk mendinginkan kolam dapat menyebabkan kehancuran yang dahsyat.

READ  Klaim Rishi Sunak tentang perahu kecil telah divalidasi

Ada kekhawatiran internasional yang meningkat tentang Keselamatan di pembangkit nuklir terbesar di Eropa. Itu telah diduduki oleh pasukan Rusia sejak awal perang, dan mereka sekarang menggunakannya untuk menampung mesin dan peralatan militer.

Kompleks ini menyediakan lebih dari 20% kebutuhan listrik Ukraina, dan kehilangannya akan meningkatkan tekanan pada pemerintah.

Presiden Energoatom Dia mengatakan kepada surat kabar Guardian Pada hari Rabu, para insinyur Rusia menyusun skema untuk memutuskan secara permanen pembangkit dari jaringan nasional dan menghubungkannya ke jaringan listrik Rusia sebagai gantinya. Petro Kotin mengatakan rencana itu seolah-olah ditujukan untuk melestarikan pasokan listrik untuk stasiun jika semua komunikasi dengan Ukraina terputus karena pertempuran, seperti yang terjadi Kamis. Tetapi Ukraina khawatir bahwa Rusia akan dengan sengaja memotong batas.

Pasukan Rusia dan Ukraina relatif terhenti dalam beberapa bulan terakhir, sebagian setelah Barat memperkenalkan rudal jarak jauh baru yang menghambat jalur pasokan Rusia dan kemampuan mereka untuk melanjutkan serangan. Ukraina juga mengatakan tidak memiliki senjata yang dibutuhkan untuk melancarkan serangan balik yang menentukan.

Dengan Reuters dan Agence France-Presse