Juni 21, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Putin mengatakan Rusia mungkin menargetkan negara-negara yang memasok senjata ke Ukraina

Putin mengatakan Rusia mungkin menargetkan negara-negara yang memasok senjata ke Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Rabu memperingatkan bahwa negara-negara Barat yang memasok rudal jarak jauh ke Ukraina dan mengizinkannya digunakan untuk menyerang di Rusia adalah “langkah berbahaya” yang dapat mendorong Moskow untuk melakukan pembalasan terhadap sasaran-sasaran Barat.

“Jika ada yang berpikir mungkin mengirim senjata semacam itu ke zona perang untuk menyerang wilayah kami dan menimbulkan masalah bagi kami,” kata Putin pada konferensi pers. Konferensi pers“Jadi mengapa kita tidak mempunyai hak untuk mengirim senjata kita dengan kategori yang sama ke wilayah-wilayah di dunia di mana serangan dapat diarahkan pada fasilitas-fasilitas sensitif milik negara-negara yang melakukan hal ini terhadap Rusia?”

Putin menyoroti Jerman, dengan mengatakan bahwa memasok tank tempur ke Ukraina merupakan pukulan awal bagi hubungan Rusia-Jerman, namun membiarkan negara tersebut menggunakan rudal di Rusia adalah hal yang lebih buruk lagi.

Dia menambahkan: “Sekarang, ketika mereka mengatakan bahwa beberapa rudal akan muncul yang akan mencapai sasaran di wilayah Rusia, hal ini tentu saja pada akhirnya menghancurkan hubungan Rusia-Jerman.”

Putin berbicara kepada editor senior setidaknya 15 kantor berita dari seluruh dunia yang diundang untuk bertemu dengannya di sela-sela Forum Ekonomi Internasional di St. Petersburg. Putin telah melewatkan tradisi ini sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022, namun tahun ini undangan tersebut diperluas ke media Barat seperti Associated Press dan Reuters serta beberapa lembaga Eropa termasuk Agence France-Presse, Agensi Pers Jerman dari Jerman, ANSA dari Italia dan kantor berita Jerman AFP Perancis. EFE dari Spanyol.

Juru bicara Tuan Putin, Dmitry S. Peskov mengatakan kepada wartawan bahwa perwakilan dari “negara-negara yang tidak bersahabat” dimasukkan karena “sangat penting bagi mereka untuk mengenal Putin dan memahami Rusia secara langsung,” menurut kantor berita resmi Rusia, TASS.

READ  Pejabat Biden mengatakan kesepakatan itu bisa memulangkan sandera

Sebagian besar eksekutif bisnis negara-negara Barat menghindari forum tersebut, sementara Tiongkok hadir dalam jumlah besar, termasuk memamerkan limusin antipeluru yang dijual seharga lebih dari $560.000 di Tiongkok, TASS melaporkan.

Putin menjawab pertanyaan tentang berbagai topik, namun banyak pertanyaan terfokus pada perang di Ukraina. Meskipun Rusia menginvasi Ukraina setelah mulai mengganggu stabilitas wilayah timur pada tahun 2014 dengan mendukung kelompok separatis, Putin sekali lagi menggambarkan perang tersebut sebagai kesalahan Ukraina dan sekutu Baratnya.

Dia menambahkan bahwa negara-negara yang memasok senjata ke Ukraina berisiko terlibat perang dengan Rusia.

Tidak jelas di mana lagi Putin bermaksud menempatkan senjata Rusia. Pasukan dan senjata, mungkin termasuk rudal nuklir, dikerahkan ke Belarus selama perang. Belarus terletak lebih dekat ke perbatasan Eropa dibandingkan Rusia, begitu pula wilayah kantong Rusia di Kaliningrad di Laut Baltik. Rusia juga memiliki pasukan di Suriah dekat pangkalan tempat Amerika Serikat beroperasi.

Mengenai hubungan dengan Washington, Putin mengatakan bahwa dia tidak percaya bahwa pemilihan presiden yang akan datang akan banyak berubah selama Amerika Serikat terus berjuang untuk mencapai “kehebatan.”

Menanggapi pertanyaan tentang hukuman baru-baru ini terhadap mantan Presiden Donald Trump, Putin mengatakan bahwa Amerika Serikat sedang membakar dirinya sendiri dari dalam. Dia menambahkan: “Jelas di seluruh dunia bahwa mengadili Trump, terutama di pengadilan atas tuduhan yang dibuat berdasarkan peristiwa yang terjadi bertahun-tahun yang lalu, tanpa bukti langsung, hanyalah menggunakan sistem peradilan dalam konflik politik internal.” Dia berkata.

Mengenai isu Ivan Gershkovitch, seorang koresponden Amerika untuk Wall Street Journal yang telah dipenjara di Rusia atas tuduhan spionase selama lebih dari setahun, Putin mengatakan Amerika Serikat mengambil “langkah tegas” menuju pembebasannya. Tuan Gershkovitch, The Journal dan pemerintah AS telah membantah tuduhan tersebut.

READ  Bulgaria dan Rumania bergabung dengan Wilayah Schengen untuk penumpang laut dan udara

Putin menambahkan bahwa masalah-masalah seperti itu “harus diselesaikan hanya berdasarkan prinsip timbal balik.” Dia menambahkan, “Lembaga terkait AS dan Rusia saling berhubungan mengenai masalah ini.”

Milana Mazaeva Berkontribusi pada laporan.