Juni 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Putin mengakui kekhawatiran China tentang Ukraina sehubungan dengan gesekan

Putin mengakui kekhawatiran China tentang Ukraina sehubungan dengan gesekan
  • Putin mengatakan dia akan menjelaskan posisi Moskow ke China
  • Rusia di Timur sedang menggali – pejabat Ukraina
  • Ketua UE di Kyiv mengatakan kemajuan yang baik dalam aksesi

Kyiv (Reuters) – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada hari Kamis bahwa dia memahami Presiden China Xi Jinping memiliki kekhawatiran tentang situasi di Ukraina, dalam pengakuan mengejutkan tentang keretakan dengan Beijing atas perang setelah seminggu kerugian mengejutkan Rusia di lapangan.

Sejak invasi Rusia, China telah mengambil pendekatan hati-hati, mengkritik sanksi Barat terhadap Rusia tetapi tidak mendukung atau membantu dalam kampanye militer.

“Kami sangat menghargai posisi seimbang dari teman-teman China kami dalam hal krisis Ukraina,” kata Putin dalam pertemuan pertama mereka sejak perang dimulai. Baca lebih banyak

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Kami memahami pertanyaan dan kekhawatiran Anda tentang hal ini. Dalam pertemuan hari ini, kami tentu saja akan menjelaskan posisi kami.”

Xi tidak menyebut Ukraina dalam sambutan publiknya, juga tidak disebutkan dalam pembacaan Tiongkok tentang pertemuan mereka, yang diadakan di Uzbekistan di sela-sela KTT regional.

Dukungan Beijing secara luas dipandang penting bagi Moskow, yang membutuhkan pasar untuk ekspor energinya dan sumber untuk mengimpor barang-barang berteknologi tinggi sambil menghadapi sanksi yang dijatuhkan oleh Barat.

Terakhir kali kedua pria itu bertemu, mereka menandatangani perjanjian persahabatan “tanpa batas” antara kedua negara. Tiga minggu kemudian, Rusia menginvasi Ukraina.

Komentar presiden Rusia menunjukkan pergeseran China ke arah sikap yang lebih kritis, setidaknya secara pribadi. Itu adalah “tanda publik pertama dari pengakuan Putin atas tekanan untuk mundur,” kata Ian Bremer, seorang profesor ilmu politik di Universitas Columbia.

READ  Pejabat AS menegaskan bahwa Rusia telah meluncurkan rudal hipersonik yang kuat di Ukraina. Inilah yang kami ketahui

“Rusia telah menjadi paria dari G7 karena invasinya. China tidak menginginkan bagian dari itu,” tulisnya di Twitter, merujuk pada negara-negara industri Kelompok Tujuh.

Juru bicara Gedung Putih John Kirby mengatakan China harus menolak invasi Rusia: “Seluruh dunia harus menentang apa yang dilakukan Putin,” kata Kirby kepada CNN. Ini bukan waktunya untuk urusan apa pun seperti biasa dengan Tuan Putin.”

‘di sisi mu’

Di Kyiv, Ursula von der Leyen, Presiden Komisi Eropa, mengadakan pembicaraan dengan Presiden Volodymyr Zelensky di mana dia mengatakan kepadanya bahwa proses aksesi Ukraina ke Uni Eropa berada di jalur yang benar.

“Sangat mengesankan melihat kecepatan, determinasi, dan akurasi yang Anda gunakan,” katanya.

“Kami tidak akan pernah bisa menandingi pengorbanan yang dilakukan orang Ukraina ketika mereka kehilangan rumah atau menangis untuk orang yang mereka cintai… Kami tidak akan pernah bisa menebus apa yang Anda lakukan dengan memperjuangkan demokrasi, untuk kemanusiaan, untuk menghormati aturan hukum internasional. Tapi… Anda punya teman Eropa. Di sisi Anda selama yang diperlukan.”

Setelah satu minggu mendapatkan keuntungan tercepat Ukraina sejak minggu-minggu awal perang, para pejabat Ukraina mengatakan pasukan Rusia sekarang memperkuat pertahanan mereka dan akan sulit bagi pasukan Kyiv untuk mempertahankan kecepatan kemajuan mereka.

Putin belum secara terbuka mengomentari kemunduran yang diderita pasukannya setelah pasukan Ukraina membuat kemajuan cepat dengan lapis baja melintasi garis depan pekan lalu. Pasukan Rusia buru-buru meninggalkan puluhan tank dan kendaraan lapis baja lainnya.

READ  Muka pengiriman karena gas rumah kaca

Kyiv mengatakan telah memulihkan lebih dari 8.000 kilometer persegi (3.000 mil persegi), kira-kira seukuran pulau Siprus. Kecepatan kemajuan meningkatkan moral Ukraina, memuaskan pendukung Barat yang menyediakan senjata, intelijen, dan pelatihan, dan meningkatkan harapan akan keuntungan signifikan lebih lanjut sebelum musim dingin tiba.

Serhiy Gaidai, gubernur wilayah Luhansk Ukraina timur, mengatakan merebut kendali wilayahnya dari Rusia, yang diakuinya sebagai negara merdeka yang dikendalikan oleh separatis, akan tetap menjadi pertempuran sengit.

Oleksiy Danilov, Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina, mengatakan dalam sebuah posting online: “Kita harus menghindari euforia. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membebaskan wilayah kita, dan Rusia memiliki banyak senjata. “

Tidak ada yang bisa menghentikan serangan rudal harian Rusia di Ukraina, sehari setelah meluncurkan rudal jelajah di bendungan reservoir dekat Kryvyi Ri, kampung halaman Presiden Zelensky.

Pihak berwenang di kota Kharkiv mengatakan bahwa peluru Rusia menghantam pipa gas bertekanan tinggi, sementara operasi penyelamatan sedang berlangsung di kota Bakhmut dengan empat orang yang diduga terperangkap di bawah reruntuhan setelah serangan, kata Pavlo Kirilenko, gubernur wilayah Donetsk, kata.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan pada hari Kamis bahwa pasukan Rusia melancarkan serangan terhadap beberapa pemukiman di garis depan di Kharkiv dalam 24 jam terakhir.

Tetapi Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan dalam sebuah pembaruan bahwa pasukan Ukraina terus mengkonsolidasikan kendali mereka atas wilayah-wilayah yang baru dibebaskan di wilayah tersebut.

Amerika Serikat pada hari Kamis memberlakukan sanksi baru pada 22 individu dan dua entitas yang memfasilitasi perang Rusia di Ukraina, kata Departemen Keuangan AS. Baca lebih banyak

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova memperingatkan Washington untuk bergerak dengan hati-hati, dengan mengatakan bahwa setiap keputusan untuk memasok Kyiv dengan rudal jarak jauh untuk sistem HIMARS buatan AS akan melewati “garis merah” dan membuat Amerika Serikat menjadi “pihak langsung ke konflik.” Baca lebih banyak

READ  Larangan ekspor gandum India: Mengapa saya mundur dari tawaran untuk membantu memperbaiki krisis pangan global
Kemajuan tercepat Ukraina sejak pasukan Rusia diusir dari ibukota pada Maret telah mengubah arah perang enam bulan

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Dilaporkan oleh kantor Reuters. Pelaporan tambahan oleh Anthony Deutsch. Ditulis oleh Andrew Osborne, Alexandra Hudson; Diedit oleh Peter Graf dan Frank Jack Daniel

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.