September 28, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Putin memperingatkan Finlandia bahwa keanggotaan Finlandia di NATO akan merusak hubungan

Putin memperingatkan Finlandia bahwa keanggotaan Finlandia di NATO akan merusak hubungan

Helsinki (AFP) – Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan mitranya dari Finlandia pada Sabtu bahwa hubungan antara kedua tetangga itu bisa “berdampak negatif” jika Finlandia menindaklanjuti rencananya untuk mengajukan keanggotaan NATO.

Layanan pers Kremlin mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Putin mengatakan kepada Sauli Niinisto bahwa pengabaian Finlandia terhadap “kebijakan tradisional netralitas militernya akan menjadi kesalahan karena tidak ada ancaman terhadap keamanan Finlandia.”

“Perubahan dalam kebijakan luar negeri negara tersebut dapat berdampak negatif pada hubungan Rusia-Finlandia, yang telah dibangun dalam semangat bertetangga yang baik dan kemitraan selama bertahun-tahun, dan telah saling menguntungkan,” tambah pernyataan itu.

Tanggapan itu muncul setelah Niinisto mengatakan kepada Putin dalam percakapan telepon bahwa negara Skandinavia yang secara militer tidak berpihak, yang memiliki sejarah kompleks dengan tetangga timurnya yang besar, “akan memutuskan untuk mengajukan keanggotaan NATO dalam beberapa hari mendatang.”

Kantor Niinisto mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kepala negara Finlandia mengatakan kepada Putin bagaimana lingkungan keamanan Finlandia telah berubah secara dramatis setelah invasi Moskow ke Ukraina pada 24 Februari.Dia merujuk pada tuntutan Rusia agar Finlandia menahan diri dari mencari keanggotaan dalam Aliansi Militer Barat yang beranggotakan 30 negara.

Menghindari ketegangan itu penting,” kata Niinistö, yang telah menjadi presiden Finlandia sejak 2012 dan salah satu dari segelintir pemimpin Barat yang telah melakukan dialog reguler dengan Putin selama dekade terakhir.

Niinistö mencatat bahwa dia telah memberi tahu Putin pada pertemuan pertama mereka pada 2012 bahwa “setiap negara merdeka akan memperkuat keamanannya secara maksimal.”

“Ini masih terjadi. Dengan bergabung dengan NATO, Finlandia akan memperkuat keamanannya dan memikul tanggung jawabnya.”

Niinistö menekankan bahwa Finlandia, terlepas dari kemungkinan keanggotaannya di NATO di masa depan, ingin terus berurusan dengan Rusia secara bilateral mengenai “masalah praktis yang timbul dari lingkungan perbatasan” dan berharap untuk berurusan dengan Moskow “secara profesional”.

READ  Perjuangan keluarga Ukraina untuk keselamatan berakhir dengan kematian

Menurut pernyataan Kremlin, kedua pemimpin juga membahas “operasi militer Rusia” di Ukraina, dan kemungkinan mencapai solusi politik. Putin mengatakan negosiasi antara Moskow dan Kiev telah ditangguhkan karena “kurangnya minat Ukraina untuk melakukan dialog yang serius dan konstruktif”.

Kantor Niinisto mengatakan panggilan telepon itu dilakukan atas inisiatif Finlandia.

Finlandia berbagi perbatasan 1.340 kilometer (830 mil) dengan Rusia, perbatasan terpanjang oleh setiap anggota Uni Eropa.

Niinisto dan Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin pada hari Kamis bersama-sama mendukung tawaran negara mereka untuk NATO dan merekomendasikan bahwa “Finlandia harus mengajukan keanggotaan NATO tanpa penundaan” untuk memastikan keamanannya.

Pengumuman resmi dari Niinistö dan Marin tentang niat Finlandia untuk mengajukan keanggotaan NATO diharapkan pada hari Minggu. Sosial Demokrat yang berkuasa di Marin menyetujui aplikasi keanggotaan pada hari Sabtu, membuka jalan bagi pemungutan suara parlemen minggu depan untuk mendukung langkah tersebut. Diharapkan akan melalui dukungan yang luar biasa. Permohonan keanggotaan resmi kemudian diajukan ke markas NATO di Brussel.

Negara tetangga Swedia sedang bersiap untuk membuat keputusan tentang posisinya di NATO pada hari Minggu di pertemuan Partai Sosial Demokrat yang berkuasa yang dipimpin oleh Perdana Menteri Magdalena Andersson.

Salah satu hambatan potensial bagi Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan aliansi itu datang dari anggota NATO Turki, yang ketuanya mengatakan pada hari Jumat Dia “tidak mendukung” gagasan itu.

Recep Tayyip Erdogan mencatat dukungan di Swedia dan negara-negara Skandinavia lainnya untuk militan Kurdi – yang dianggap Turki sebagai teroris.

Menteri Luar Negeri Finlandia, Pekka Haavisto, mengatakan pada hari Sabtu bahwa dia telah memanggil mitranya dari Turki, Mevlut Cavusoglu, untuk “mengurangi ketegangan”.

READ  PM Israel bertemu Putin untuk membahas Ukraina

“Saya yakin kami akan menemukan solusi untuk masalah ini juga,” katanya kepada wartawan pada awal pertemuan informal para menteri luar negeri NATO di Berlin pada Sabtu malam.

Presiden AS Joe Biden melakukan panggilan bersama Jumat dengan Niinisto dan Andersson di mana, menurut pernyataan Gedung Putih, dia “menekankan dukungannya untuk kebijakan pintu terbuka NATO dan hak Finlandia dan Swedia untuk menentukan masa depan mereka sendiri, kebijakan luar negeri, dan pengaturan keamanan.”

___

Frank Jordan di Berlin berkontribusi pada laporan ini.

___

Ikuti liputan Associated Press tentang perang Ukraina di https://apnews.com/hub/russia-ukraine