April 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

‘Pulau termuda di dunia’ terlihat tumbuh dari luar angkasa dalam citra satelit

‘Pulau termuda di dunia’ terlihat tumbuh dari luar angkasa dalam citra satelit
Gambar baru diambil oleh satelit Badan Antariksa Eropa Pulau vulkanik terbaru di bumi, Niijima, muncul pada tanggal 4 Desember karena terus berkembang di lepas pantai Iwo Jima, Jepang.

Pulau terbaru di Bumi ini terlihat tumbuh dari luar angkasa dalam citra satelit yang baru dirilis.

Pada tanggal 21 Oktober, letusan gunung berapi bawah laut terjadi di lepas pantai selatan Pulau Iwo Jima, Jepang. Letusan tersebut menciptakan pulau baru yang disebut “Nijima” yang berarti “pulau baru”.

Sebelum dan sesudah letusan gunung berapi terbaru di pulau itu
Citra satelit (kiri) diambil oleh Badan Antariksa Eropa Iwo Jima muncul di Jepang pada 18 Oktober 2023, sebelum Pulau Niijima. Foto udara (kanan) menunjukkan Negima terbentuk di lepas pantai selatan Pulau Iwo Jima pada tanggal 3 November setelah letusan gunung berapi bawah air.

Pulau baru yang terbentuk akibat letusan gunung berapi ini difoto dari luar angkasa pada 3 November.

Namun, foto udara baru-baru ini mengungkapkan bahwa pulau baru di Jepang ini telah berukuran dua kali lipat dan Negima sekarang terlihat sangat berbeda dibandingkan saat pertama kali muncul dari bawah laut.

Citra satelit yang baru dirilis dari satelit Copernicus Sentinel-2 milik ESA pada tanggal 27 November mengungkapkan bahwa Negima telah berukuran hampir dua kali lipat dan terus berkembang.

Meskipun pulau itu memiliki panjang 754 kaki (230 meter) dan lebar 656 kaki (200 meter) pada awal November, data satelit baru menunjukkan panjang pulau itu kini 1.640 kaki (500 meter).

Pertumbuhan pulau yang terus berlanjut menunjukkan bahwa aktivitas vulkanik yang menggelegak di bawah air yang melahirkan pulau di lepas pantai selatan Iwo Jima terus berlanjut.

Sebuah pulau vulkanik yang sedang naik daun

Pulau Niijima terletak sekitar 1.200 kilometer di selatan Tokyo. Ini adalah pulau besar pertama yang dibuat di Jepang sejak 2013.

Dalam situasi saat ini, Universitas Tokyo mengatakan asal usul Negima dapat ditelusuri kembali ke letusan gunung berapi yang dimulai pada 21 Oktober.

Pada tanggal 30 Oktober, magma panas dari aktivitas gunung berapi ini bertemu dengan lautan dan meletus, menciptakan bongkahan batu sepanjang beberapa kaki dan melontarkannya lebih dari 160 kaki (50 m) ke udara.

READ  Fosil kera purba menunjukkan bahwa nenek moyang kita ada di Eropa sebelum Afrika

Saat gunung berapi bawah laut meletus, magma panas dan bebatuan terciprat ke dasar laut, terakumulasi di pulau baru, yang meletus dari ombak yang dikelilingi oleh batu-batu apung vulkanik berpori yang mengapung.


Kredit gambar: Semua gambar dari Badan Antariksa Eropa.