Mei 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pulau di Indonesia tempat Anda dapat melihat naga asli

Pulau di Indonesia tempat Anda dapat melihat naga asli

Saya‘Saya pernah bertemu dengan beberapa naga di masa saya – khususnya yang terlintas dalam pikiran seorang guru olahraga tak berdarah – tapi berkaki empat? Belum lagi saat ini di Komodo, di mana makhluk mirip kadal raksasa memberi saya gambaran sekilas yang bisa membakar hutan dalam hitungan detik. Pita menetes dari mulutnya yang longgar, lidah bercabang berkibar di antara gigi setajam silet, dan saya merasa rentan seperti makanan kecil yang kesepian.

“Naga” ini hanya dapat dilihat di Komodo, Rinca dan Flores, dan kunjungan fajar dan senja kami ke Komodo dan Rinca yang berdebu menghasilkan delapan penampakan. Untungnya, kami menghindari keramaian di halte ini, dan sebagian besar merupakan satu-satunya wisatawan dalam pelayaran sejauh 480 mil laut mengelilingi pulau-pulau paling terpencil di Indonesia.

Selama pembicaraan di kapal kemarin malam Kayu tradisional Fenisia Di atas Ombak Putih, kami mempelajari atribut-atribut naga yang kurang glamor: kicauan ekor yang dapat menjatuhkan manusia terbang; Dugaan kecenderungan kanibalisme pasca-komunal; Dan, ketika keadaan menjadi sulit, mereka cenderung mengejek anak-anak mereka atau menggali sisa-sisa manusia dari kuburan.

Ya, mereka memenuhi kata-kata mereka. Namun demikian, perjalanan melalui provinsi Nusa Tenggara Timur ini membawa banyak pertemuan pertama – setidaknya bagi saya. Kami sering melihat lumba-lumba pemintal berputar di atas ombak seperti banyak wahana pasar malam; Bahkan ribuan kelelawar buah raksasa berputar-putar di senja berbintang.

Terkadang elang laut melayang-layang di atas terumbu karang yang masih asli dan ikan terbang melintasi ombak yang berbusa—dan dalam kitab Kejadian ini, di mana gejolak alam dan kekhawatiran abad ke-21 direduksi menjadi hal yang tidak relevan, bahkan ada gunung berapi. – Langit biru.

Ada banyak komodo di pulau ini

Ekspedisi “Cincin Api Jarak Jauh – Timur Komodo” ini merupakan tambahan baru pada portofolio SeaTrek di Indonesia. Selain pemandangan spektakuler tersebut, ada pula kunjungan menarik ke pulau-pulau kecil seperti Adonara, Lembata, dan Solor, tempat ritual animisme dan adat hidup berdampingan dengan gereja-gereja Katolik dan masjid-masjid yang rumit.

Butuh waktu lebih dari sepuluh hari untuk menempuh perjalanan panjang, dan untuk sampai ke sini — dengan tiga kali pergantian penerbangan — sangatlah sulit. Namun jika dibandingkan dengan pilihan lain seperti Bali, Lombok atau Kepulauan Gili, letak wilayah yang terpencil ini memiliki daya tarik yang tidak dapat disangkal.

Ya, kadang-kadang kami melihat kapal wisata lain, tetapi jarang dan kami kebanyakan memiliki pantai sendiri. Kita sering kali berlabuh di perairan tenang yang dikelilingi pulau-pulau vulkanik, tempat terbentang dunia bawah laut dengan terumbu karang berwarna-warni yang memesona.

READ  S'pore dan Indonesia bekerja sama untuk menciptakan alat AI seperti ChatGPT Bahasa Indonesia

Sepuluh Kapal Pesiar Kecil Terbaik
10 Pelayaran Mekong Terbaik untuk Petualangan yang Tak Terlupakan
10 Pelayaran Sungai untuk Pelancong Petualangan

Ombak Putih adalah kapal yang tidak biasa. Dimodelkan berdasarkan kapal kargo tradisional Indonesia yang diakui UNESCO, keci dengan penutup penutup sepanjang 42 meter ini seluruhnya dibuat dengan tangan dari kayu ulin dan dilengkapi dengan penunjuk yang berlebihan seperti ikan marlin. Kapal ini memiliki ruang untuk 24 tamu, tetapi kami hanya berjumlah 14 orang – campuran ramah warga Selandia Baru, Jerman, dan saya sendiri. Rentang usianya adalah lima puluh hingga lebih dari delapan puluh tahun dan saya tidak akan pernah lupa melihat seorang berusia delapan puluh tahun yang mencurigakan berenang di sekitar perahu setiap pagi.

Kami dijaga oleh 14 orang Indonesia yang menyenangkan dipimpin oleh pemimpin tur yang luar biasa Ari dan Nita. Dan makanan yang muncul dari dapur kecil sungguh lezat dan menyehatkan: telur dadar sayur untuk sarapan; Prasmanan Indonesia saat makan siang dan makan malam, menyajikan ikan tangkapan, tumisan, salad dan mie imajinatif, diikuti dengan puding dan buah segar.

Kapal melewati Nusa Tenggara Timur

Kapal melewati Nusa Tenggara Timur

Akan membantu jika Anda terbiasa dengan gaya hidup perahu, maksud saya tidur di tempat yang sempit. Meskipun terdapat area terbuka untuk kursi berjemur, jika suasana hati Anda sedang baik, kemungkinan untuk tidur di dek sangat kecil. Milik saya, di bawah alis itu, saya merasa sangat sesak. Jarak antara bunker atas dan bawah sangat sempit sehingga ketika saya membalikkan badan di tempat tidur, kepala saya biasanya membentur kayu yang ada di atasnya. Pada suatu malam yang sulit, ketika angin menderu-deru dan ombak menghantam lambung kapal, saya tiba-tiba duduk dengan mata hitam. Kurang tidur dalam jangka panjang mungkin menimbulkan pertanyaan, tetapi perlu diingat.

Dengan biaya £5.110pp, ini adalah perjalanan yang mahal – bahkan dengan biaya parkir dan biaya docking – dan selain harga awal tersebut, Anda perlu memperhitungkan tiket pesawat dan beberapa tip besar: £24 hingga £40 per hari untuk kru. dan total £80 hingga £120 untuk pemimpin tur. Itu berarti Anda mendapatkan intelijen daftar keinginan setiap hari.

Setelah malam yang berat di laut, kami terbangun di Sika, teluk yang tenang dan lebar di Pulau Alor, perairan dangkal berumput yang jernih berwarna biru kehijauan. Ini adalah habitat alami dugong yang tidak biasa, ekor berbentuk kebetulan mirip cetacea yang menyerupai manatee, panjangnya mencapai tiga meter dan beratnya mencapai 400 kilogram.

READ  Informasi Gempa: Light Mac. 4.6 Gempa

Tulang rusuk kami berhenti. “Kami pikir dia sudah sendirian selama beberapa waktu,” kata Ari, beberapa saat setelah gelombang laut dan sosok berwarna coklat pucat berputar-putar. Dan, oh, dugong ini benar-benar kesepian – siripnya melingkari sisi karet tulang rusuknya saat mencoba menempel pada perahu kita dan akhirnya gagal. “Oh lihat! Dia memeluk kita! seru salah seorang wanita tua. Saya bukan satu-satunya yang bersyukur kami tidak snorkeling.

Hal ini terjadi kemudian, saat kami berlayar ke pulau terpencil Komba, asap mengepul dari puncaknya yang berwarna oker. Terumbu karang di sekitarnya sangat indah; Memang benar bahwa sesi snorkeling kami berjalan dengan sangat baik, memperlihatkan dunia pelangi terumbu karang sehat yang dipenuhi anemon, ikan, dan bintang laut seberat satu ton, kemudian ikan kakatua, fusilier warna-warni, dan kardinal merah suram.

Ompak Puti di Taman Nasional Komodo

Ompak Puti di Taman Nasional Komodo

Tentu saja

Malam itu kami berlabuh di Ile Ape, langit gelap bertabur bintang dan Salib Selatan terlihat jelas. Di bawah kami, air mendidih dengan percikan cahaya dari organisme bercahaya yang tidak terlihat; Di atas, Ile Ape bersinar dengan warna oranye menyala di langit malam – keheningan menyelimuti saat kata-kata tidak diperlukan lagi di hadapan keindahan seperti itu.

Perjalanan desa kami juga tak terlupakan. Penduduk desa di Dagbala di Alor dan Vatuplapi di Flores menyambut kami dengan sarung tenunan tangan dan hiasan kepala dari bulu. Saya mengagumi tarian suku mereka.

Ari memperingatkan bahwa “keramahan” mendahului tarian seremonial apa pun, dan menolaknya adalah tindakan yang tidak sopan. Kami tidak berbicara tentang teh herbal. Yang ada hanyalah rokok lintingan tangan, segelas raki yang sangat kuat, dan pinang. Untungnya, buah pinang itu menjijikkan – Anda dianjurkan untuk sesekali mengunyahnya dengan bubuk jeruk nipis lalu meludahkan air liur jeruk yang dihasilkan ke lantai. Ini juga merupakan halusinasi ringan, saat jantungku berdebar kencang, udara menjadi kabur dan ledakan tawa yang tiba-tiba menguasaiku. Penduduk desa – bahkan anak-anak – secara teratur memberikan buah pinang; Itu membusukkan gigi dan kita menyaksikan noda oranye terang di banyak mulut, tunggul hitam di tempat yang seharusnya putih mutiara.

Seperti desa-desa lain di wilayah ini, Vatuplapi terkenal dengan tekstil ikat halusnya. Mulai dari menanam dan mengumpulkan kapas hingga memintal, menciptakan pewarna alami dan kemudian menganyamnya menjadi linen, ini adalah hasil karya yang sungguh mengagumkan. Bawalah banyak uang – Saya menghargai pelari saya yang ditenun dengan warna biru lembut dan oranye dengan harga sekitar £15, tetapi saya tidak punya cukup uang untuk membeli barang yang lebih besar.

Pariwisata hanya sedikit menyentuh desa-desa ini. Atawadung di Lembata dan Nangamees di Flores memiliki hari kerja yang lebih panjang dibandingkan Vatuplapi.

Di masa lalu, anak-anak sangat ingin diperlihatkan seni cadas dari milenium terakhir, dan tidak ada pameran museum yang mencolok di sini—sebaliknya, pria yang dilukis dengan tangan jazz besar dan alat kelamin berlebihan ini duduk di platform di sebelah gubuk pojok toko. Di tempat lain, seorang wanita yang berjongkok mengambil setumpuk buah asam jawa dan asap hitam yang mengepul dari tempat pembuatan bir di halaman belakang, tempat air api setempat yang diberi nama “sophie” dipompa melalui batang bambu ke dalam botol plastik.

Aku diikuti oleh tiga gadis—Johanna, April, dan Eya—yang senang mengulang namaku lalu mengucapkan selamat tinggal dengan lambaian tangan gembira. Dadih di bawah permukaan air sapi di pelabuhan – sisa-sisa kurban Idul Adha.

Idul Fitri dirayakan di Nangames, di mana anak sapi disembelih dan batang kayu segera didirikan untuk perayaan berikutnya, dan kunjungan kami juga bertepatan dengan upacara khitanan masyarakat.

Sampah menjadi hambatan utama di Nangamys, dan udara panas bergetar dengan kokok ayam jantan yang membuat sesak nafas. Anak laki-laki berkeliling dengan skuter, menelepon teman – ya, ini berbeda dari glamor liburan yang biasa di Indonesia. Namun di situlah letak daya tarik perjalanan ini: wajah pedesaan negara ini adalah sesuatu yang tidak akan pernah saya lupakan.
Louise Roden adalah tamu Kraken Travel, yang menawarkan paket full board sembilan malam dalam perjalanan Ring of Fire – Komodo Timur yang terpencil mulai dari £5,110pp, termasuk satu malam di kapal pesiar pra-hotel yang berangkat 14 Juni (kraken.travel). Terbang ke Alore melalui Bali

Menjadi pelanggan Dan dengan akses digital tanpa batas ke The Times dan The Sunday Times, Anda dapat menikmati koleksi penawaran perjalanan dan kompetisi yang dikurasi oleh mitra perjalanan tepercaya kami, khususnya anggota Times+.

Daftarkan kami Buletin Perjalanan Times Dan ikuti kami Instagram Dan X